Wisata Pulau Pasumpahan – Sumatera barat menyimpan sisi eksotisme nya yang belum banyak dijamah banyak orang. Beberapa orang mengenal Sumatera Barat terkenal dengan wisata kuliner dan alam pegunungannya. Akhir – akhir ini Sumatera Barat tengah gencar mengeksplor keindahan alamnya, yaitu salah satunya Pulau Pasumpahan yang banyak orang lain belum mengetahui keindahan Pulau Ini.

Wisata Pulau Pasumpahan Sumatera Barat

©wisatawan.id/Citra

Mulai ramai dikunjungi pecinta pantai pada tahun lalu, pulau Pasumpahan memang diakui memiliki keindahan yang tak kalah dengan pulau – pulau indah di Nusantara. Pulau yang tergolong kecil sekitar kurang lebih 5 hektar. Terletak berdekatan dengan pulau Sikuai, tepatnya di perairan Kecamatan Bungus Teluk Kabung Pantai Barat, Kota Padang. Berdasarkan lokasi tersebut sangat mudah untuk sobat sambangi, berikut beberapa akses menuju Pulau Pasumpahan untuk sobat yang ingin berkunjung kesana.

Akses dan Transportasi
Untuk mencapai pulau Pasumpahan tidak lah sulit, transportasi dan akses yang bisa sobat manfaatkan yakni melalui Pelabuhan Teluk Bayur Padang, Sesampai di Teluk Bayur, sobat bisa memilih untuk menggunakan perahu kayu nelayan atau kah dengan speadboat, tentunya harga kedua jenis transportasi ini berbeda.

Jika sobat menggunakan perahu kayu, sobat cukup merogoh kocek Rp 75 ribu per 1 perahu yang dapat memuat penumpang 10 orang, namun jika sobat menginginkan transportasi yang lebih cepat, bisa memilih speedboat yang dikenakan tarif Rp 35 per orang.

Keindahan Alam Pulau Pasumpahan
Berbicara mengenai keindahan alam, wisata pulau Pasumpahan memiliki sisi eksotisme yang luar biasa indah, hamparan pasir putih dengan air laut yang bening, deburan ombak menjadi daya tarik utama pantai ini. Sebuah pulau mungil yang melayang di lepas pantai, menjadi bonus pemandangan yang bernilai. Bentangan pantai landainya yang dialasi miliaran butir pasir putih.

Pulau Pasumpahan pada dasarnya terbagi menjadi 3 gradasi permukaan laut. Di bibir pantai warna perairannya cenderung bening, melewati bagian bibi pantai warna permukaan launya semakin hijau hingga ke bagian tengah dengan warna biru laut.

Wisata Pulau Pasumpahan Sumatera Barat

©wisatawan.id/Citra

Gradasi ini sebenarnya menggambarkan tingkat kedalaman Pulau Pasumpahan, hanya saja bila kita lihat dari puncak nya, kombinasi 3 gradasi ini menjadi daya tarik tersendiri.

Karena pengunjung Pulau Pasumpahan yang belum terlalu banyak, membuat pulau ini belum banyak terkontaminasi oleh tangan – tangan tak bertanggung jawab, sehingga keindahannya masih terjaga sekali. Suasana hening dan jauh dari keriuhan, membuat Pulau Pasumpahan menarik tidak hanya wisatawan domestik tetapi juga terdapat beberapa wisatawan asing

Sangat banyak kegiatan yang bisa sobat lakukan di Pulau Kecil nan cantik ini, selain bisa bersantai sekedar menikmati pemandangan yang ditawarkan. Bagi sobat yang memiliki hobi fotografi, mencari spot – spot dan mengeksplor sisi sisi eksotisme pulau Pasumpahan kemudian mengabadikannya dalam sebuah foto bisa sobat jadikan tujuan destinasi juga.

Tak hanya itu saja, sobat bisa melakukan kegiatan seperti berenang, menyelam, dan snorkling, karena Pulau Pasumpahan menyimpan ekosistem bawah laut yang indah, terdiri dari terumbu karang, ikan karang, ikan kepe – kepe dan jenis ikan kecil lainnya. Tentunya pulau ini akan memberikan sensasi yang berbeda bagi sobat dengan hamparan keindahannya yang sangat mempesona

Fasilitas di Pulau Pasumpahan
Bagi sobat yang ingin berkunjung ke Pulau Pasumpahan, tak perlu khawatir, walaupun tergolong sepi pengujung, wisata pulau pasumpahan memiliki fasilitas yang cukup memadai seperti :

  • Bangku santai
  • Kamar Mandi Bilas dan Toilet
  • Peralatan Water Sport
  • Lapangan Voli Pantai
  • Mushola
  • Camping Ground

Rata – rata pengunjung melakukan perjalanan one day trip atau satu hari, karena jaraknya ke kota Padang tidak terlalu jauh. Namun, jika sobat merasa satu hari tak cukup rasanya menikmati keindahan yang ditawarkan Pulau Pasumpahan, sobat bisa menyewa camping ground.

Wisata menarik lainnya: Pulau Kemaro.

Tips Wisata Pulau Pasumpahan
Setelah uraian – uraian keindahan pulau Pasumpahan diatas, dan sobat ingin berkunjung ke pulau yang indah ini, ada beberapa hal yang harus sobat perhatikan agar liburannya lebih terasa enjoy. Berikut tips yang harus sobat simak:

  1. Bawalah obat – obatan pribadi, karena pulau ini tidak terlalu ramai pengunjung, sobat sebaiknya mempersiapkan diri terhadap penyakit – penyakit yang sobat punyai dengan membawa obat – obatan pribadi dan P3K.
  2. Udara pulau Pasumpahan ini sangat terik, terutama di tengah hari. Sebaiknya sobat membawa sunblock agar melindungi kulit sobat dari sinar ultraviolet berlebih baik saat berkeliling pulau ataupun snorkling jika tak ingin gosong.
  3. Bagi sobat yang ingin mendirikan tenda dimalam hari, bawalah lotion anti nyamuk, karena nyamuk – nyamuk di Pulau ini cukup menganggu.

Demikian ulasan mengenai Wisata Pulau Pasumpahan, sekarang saatnya sobat mengatur jadwal untuk melihat langsung keindahan Pulau Pasumpahan ini, dijamin tidak akan kecewa. Salam wisata..

Create by Citra T Angelia

https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/09/FullSizeRender-3-2.jpg?fit=640%2C456&ssl=1https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/09/FullSizeRender-3-2.jpg?resize=150%2C150&ssl=1CitraKepulauanPadang,Panorama Alam,Sumbar
Wisata Pulau Pasumpahan - Sumatera barat menyimpan sisi eksotisme nya yang belum banyak dijamah banyak orang. Beberapa orang mengenal Sumatera Barat terkenal dengan wisata kuliner dan alam pegunungannya. Akhir – akhir ini Sumatera Barat tengah gencar mengeksplor keindahan alamnya, yaitu salah satunya Pulau Pasumpahan yang banyak orang lain belum...
The following two tabs change content below.

Citra

Engineer at Fedex Indonesia | Kawasaki Motor Indonesia
Industrial Engineer - Creative Writer - High Interest with Music, Design and Travelling.