Tak banyak destinasi di negeri ini yang menyajikan wisata malam hari. Kecuali hanyalah wisata kuliner, wisata alun-alun dan juga wisata rumah tua, seperti yang ada di wisata lawang sewu. Masih juga di semarang, tepatnya di kabupaten semarang, anda dapat menikmati nikmatnya wisata malam di pemandian air panas Diwak.

Pemandian Air Panas diwak pada malam hari

©wisatawan.id/Litalia

Buka selama 24 jam setiap harinya, pemandian air hangat menyajikan kenikmatan berendam di air hangat. Anda bebas menikmatinya dari pagi hari hingga tengah malam, tak ada jam tutup. Bahkan pada malam hari lebih rame ketimbang siangnya, apalagi pada malam-malam tertentu, seperti pada malam jum’at keliwon.

Tempat pemandian air panas ini rame di kunjugi wisatawan. Ada yang bertujuan untuk melepas penat, tetapi ada juga yang ingin memperoleh kesembuhan. Seperti kita ketahui, bahwa air panas yang berasal dari sumber alami mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit, terutama saat kelelahan dan penyakit kulit.

Benar saja, mitos ataupun fakta yang berkembang di pemandian air panas diwak memanglah demikian. Saat anda lelah, maka berendamlah, maka anda akan sehat di pagi harinya. Begitupun ketika anda memiliki penyakit kulit, cukup berendam beberapa jam saja.

Aliran air dari Curug Nangka dekat Pemandian Air panas diwak

©wisatawan.id/Litalia

Lokasi Pemandian
Pemandian air hangat yang terletak di desa diwak, kecamatan bergas kabupaten semarang ini lokasinya sangat mudah untuk di jangkau. Beradi di pertigaan tepat di depat pabrik Teh Botol Sosro, atau berada di belakang PT Sido Muncul Klepu Semarang.

Apa yang Dapat Anda Lakukan di Pemandian Air Panas Diwak?
Nah, selama anda di sana anda dapat melakukan beberapa hal:

  • Berendam selama yang anda mau. Yups, karena buka selama 24 jam, Anda dapat berendam di tempat ini selama yang anda inginkan. Ada 4 kolam yang tersedia di sana Hanya saja yang bisa digunakan untuk berendam cuma 2. Dua yang lainya digunakan untuk menampung air hangat yang keluar dari alam. Tetapi sayangnya yang satu kolam tidak aktif lagi. Dua kolam yang bisa anda gunakan untuk berendam, masing-masing memiliki tingkat kehangatan yang berbeda. Yang dekat dengan kolam penampunganlah yang paling hangat.
  • Jika anda tak ingin berendam, Anda dapat memilih untuk menimba secara langsung di kolam penampungan, airnya lebih hangat di banding dengan yang lain. Hanya saja, anda akan sedikit lebih capet.
  • Menikmati aliran air yang berada di sebelah pemandian. Jika anda tak ingin berendam, anda juga dapat menikmati air terjun yang ada di atas pemandian. Tetapi untuk melihatnya anda butuh jalan ke atas, tepatnya ada di Curug Nangka, atau anda juga dapat menikmati air terjun curug lawe atau Air terjun Klenting kuning yang letaknya juga tak jauh dari situ.
  • Menikmati kopi atau teh di area persawahan. Karena letak pemandian air panas diwak di daerah persawahan, anda juga dapat menikmati kopi atau teh hangat di sekitar sawah. Ada beberapa warung yang menyediakan kopi dan teh hangat. Sesasi minum kopi panas setelah mandi sangatlah nikmat.

Sebaiknya tak anda lakukan
Beberapa hal di atas dapat anda lakukan di sana. Tetapi juga ada beberapa hal yang di sarankan untuk tak anda lakukan.

  • Bertingkah tak sopan. Tempat ini cukup mistis, jadi anda harus menjaga sikap anda terutama bagi yang percaya anda kehidupan lain yang tak terlihat. Kalau kita cermati dari nama desanya saja, sudah cukup mistis, Diwak berarti kendi kawak, dari mana datangnya kendi-kendi tersebut?
  • Berendam terlalu lama bagi yang memiliki masalah darah tinggi. Bagi anda yang memiliki masalah darah tinggi (hipertensi) ada baiknya tak terlalu lama berendam, cukup 15 hingga 20 menit saja itu sudah pasti akan meningkatkan detak jantung anda. Bagi yang tidak memiliki masalah tensi darah saja, umumnya akan merasa lelah dan sedikit pusing setelah berendam.
  • Membawa sampo atau sabun. Ingat, pemandian air panas diwak bukanlah tempat pribadi anda melainkan tempat umum. Jika anda memaksa menggunakan sampo atau sabun, anda akan mengotori pemandian tersebut. Lagipula, keramas di pemandian air panas juga tak baik untuk rambut anda. Jika anda tetap ingin mandi, silakan keramas saja di tempat yang disediakan.

Info Penting Pemandian Air Panas Diwak
Beberapa info penting yang bisa anda dapatkan mengenai pemandian air panas diwak, berkaitan dengan:

  • Harga tiket dan parkir. Untuk harga tiket, anda di kenai biaya masuk sebesar 2000 rupiah dan biaya parkir juga sama untuk tiap kendaraan, 2000 rupiah.
  • Pada hari-hari tertentu, terutama pada malam hari di jumat kliwon, pengunjungnya rame jadi kalau anda ingin lebih santai, berkunjunglah selain pada hari itu.

So, mengapa tak coba berkunjung ke sana dan menikmati malam hari dengan berendam. Sudah bosan bukan, wisata siang hari saja, cobalah menikmati sensasi yang berbeda.

https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/09/Aliran-air-dari-Curug-Nangka-dekat-Pemandian-Air-panas-diwak.jpg?fit=1024%2C577&ssl=1https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/09/Aliran-air-dari-Curug-Nangka-dekat-Pemandian-Air-panas-diwak.jpg?resize=150%2C150&ssl=1litaliaWisata BuatanPemandian,Semarang
Tak banyak destinasi di negeri ini yang menyajikan wisata malam hari. Kecuali hanyalah wisata kuliner, wisata alun-alun dan juga wisata rumah tua, seperti yang ada di wisata lawang sewu. Masih juga di semarang, tepatnya di kabupaten semarang, anda dapat menikmati nikmatnya wisata malam di pemandian air panas Diwak. ©wisatawan.id/Litalia Buka selama...
The following two tabs change content below.

litalia

Writer at Wisatawan.id
Sebagai anak jurusan pendidikan sejarah, tentu saya menyukai perjalanan. dalam setiap perjananan pula, akan saya abadikan dalam memori dan jepretan kamera.