Wisata Lawang Sewu, Keindahan Berbalut Misteri, WISATAWAN.ID – Meski dikenal dengan kisah mistisnya tidak lantas membuat Lawang Sewu sepi dari pengunjung. Bangunan bersejarah sekaligus obyek wisata peninggalan Jepang di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah ini merupakan bangunan berpintu seribu (Lawang sewu). Tempat ini bekas penjara sekaligus pembantaian para tahanan Jepang.

Wisata Lawang Sewu Semarang

©wisatawan.id/Litalia

Terlepas dari rumor mistis yang beredar sebagai bangunan penuh mistis, Lawang sewu juga dikenal sebagai bangunan yang berarsitektur unik dan terkesan vintage, sehingga banyak dijadikan tempat hunting foto terutama oleh para fotografer handal. Pengunjung yang bukan merupakan fotografer juga tidak mau ketinggalan mengabadikan tempat ini untuk berfoto dengan keluarga, teman, atau bahkan dengan pasangan mereka.

Obyek Wisata Yang Sarat Akan Sejarah

Lawang Sewu dibangun pada 27 Febuari 1904. Awalnya, Lawang sewu digunakan untuk kantor Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS, sebuah kantor kereta api milik belanda pada masa itu. Maka tidak heran, jika saat ini di dalam lawang sewu ada bagian bangunan yang dipergunakan sebagai museum tentang perkereta-apian pada jaman belanda.

Selain museum tentang perkereta-apian, Lawang Sewu juga memiliki bagian bangunan yang dijadikan museum untuk mengenang pertempuran lima hari di Semarang, dalam rangka merebut kemerdekaan Negara Indonesia. Hal ini membuat Lawang Sewu sarat dengan nilai sejarah yang berharga.

Arsitektur Bangunan Lawang Sewu Semarang

Satu hal yang unik tentang Lawang Sewu adalah bentuk bangunannya yang terdiri dari banyak pintu dan jendela besar yang tersebar diseluruh bagian bangunan. Jendela-jendela inilah yang kemudian membuat bangunan ini tampak seperti mempunyai seribu pintu, sehingga dinamakan Lawang Sewu. Arsitektur Lawang Sewu yang mengadopsi gaya arsitektur belanda juga menawarkan suasana yang khas. Bangunan Lawang Sewu terdiri dari dua lantai, dan dua sayap bangunan yang membentang.

Setelah melewati beberapa tahap pemugaran. Lawang Sewu hadir dengan kondisi yang lebih terawat dan terasa bersahabat. Desain bangunan yang menarik terus mengundang wisatawan untuk datang berkunjung. Pada siang hari, wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan sinar matahari yang menerobos jendela-jendela besar Lawang Sewu.

Sedangkan jika datang pada malam hari, wisatawan bisa semakin merasakan nuansa mistis yang ditawarkan oleh Lawang Sewu, terutama saat tour berkeliling Lawang Sewu sudah memasuki bagian ruangan bawah tanah. Suasananya yang gelap, lembab dan dingin membuat sisa-sisa kekejaman tentara jepang pada jaman dahulu masih sangat kental terasa, sehingga bisa membuat anda merinding.

Wisata Lawang Sewu Semarang

©wisatawan.id/Litalia

Fasilitas Wisata Lawang Sewu

Bangunan Lawang Sewu Semarang ini dilengkapi dengan museum dan Ballroom, serta ada juga gedung serba guna yang sering digunakan untuk acara-acara komunitas. Selain itu, di Lawang Sewu juga memiliki ruang makan hingga gedung pertunjukan. Lawang Sewu juga bisa digunakan sebagai tempat Pre-Wedding atau sesi pemotretan oleh fotografer profesional.

Jam buka Lawang Sewu dimulai dari pukul 06.00-18.00 WIB selama seminggu penuh. Sedangkan harga tiketnya relatif murah, yaitu Rp 10.000,- untuk masuk dan menikmati bagian lawang sewu yang berada di permukaan tanah. Sedangkan untuk masuk ke ruang bawah tanah anda dikenai biaya tambahan sebesar Rp 30.000,-.

Akses ke Wisata Lawang Sewu

Wisata Lawang Sewu berada di pusat perkotaan, tepatnya di depan Tugu Muda Semarang yang tidak jauh dari Simpang Lima Semarang. Lokasinya yang strategis ini membuat Lawang Sewu mudah untuk dikunjungi. Anda bisa mengendarai kendaraan pribadi menuju Simpang Lima Semarang.

Sedangkan jika anda naik kendaraan umum dan berhenti di stasiun, anda bisa naik angkutan umum mengambil rute ke arah Tugu Muda. Biayanya sekitar Rp 4.000,-. Jika anda menggunakan jasa Bus umum, anda bisa memanfaatkan Bus Transsemarang mengambil arah Tugu Muda Semarang, dengan biaya Rp 3.500,-.

Wisata menarik lainnya: Eksotisme Candi Gedong Songo.

Obyek Wisata Terdekat dengan Lawang Sewu

Ada banyak Obyek wisata yang dekat dengan wisata Lawang Sewu. Antara Lain:

  1. Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng ini merupakan salah satu dari daftar wajib obyek Wisata di Semarang yang harus anda kunjungi. Termasyur dengan patung Laksamana Ceng Ho setinggi 10 m dan merupakan patung tertinggi di Asia Tenggara menambah keindahan klenteng yang memiliki arsitektur Tiong Hoa. Tiketnya pun murah, hanya Rp 3.000 untuk pelajar dan Rp 5.000,_ untuk umum.

  1. Pantai Maron

Pantai ini terletak di sebelah barat semarang, kira-kira 10 menit dari jalan raya melalui Bandara Ahmad Yani atau Perumahan Graha Padma. Konon nama Maron diambil dari singkatan Pantai Marina Kulon.

  1. Pantai Marina

Pantai yang satu ini memang agak jauh dari wisata Lawang Sewu Semarang, sekitar 15-30 menit dari pusat kota Semarang. Harga tiketnya masih murah, yaitu Rp 3.000,- saja. Di sisi timur pantai ini merupakan wilayah muara sungai banjir kanal barat. Pantai ini dibuka 24 jam untuk umum, sehingga anda bebas datang kapan saja.

Rekomendasi Untuk?

Bagaimana? Tertarik untuk segera mengunjungi Lawang Sewu dan membuktikan sendiri sensasinya? Silakan! Karena bagi anda yang merasa memiliki nyali besar, anda dapat mengelilingi bangunan ini di malam hari. Dan buktikan seberapa bernyali anda sebenarnya.

https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/05/P_20150409_193937-e1462264143526.jpg?fit=1024%2C849&ssl=1https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/05/P_20150409_193937-e1462264143526.jpg?resize=150%2C150&ssl=1litaliaBerbudayaJatengSemarang,Wisata Bangunan Tua,Wisata Mistis,Wisata Sejarah
Wisata Lawang Sewu, Keindahan Berbalut Misteri, WISATAWAN.ID - Meski dikenal dengan kisah mistisnya tidak lantas membuat Lawang Sewu sepi dari pengunjung. Bangunan bersejarah sekaligus obyek wisata peninggalan Jepang di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah ini merupakan bangunan berpintu seribu (Lawang sewu). Tempat ini bekas penjara sekaligus pembantaian para tahanan...
The following two tabs change content below.

litalia

Writer at Wisatawan.id
Sebagai anak jurusan pendidikan sejarah, tentu saya menyukai perjalanan. dalam setiap perjananan pula, akan saya abadikan dalam memori dan jepretan kamera.