Pada akhirnya, setelah memaksimalkan wisata alam dan wisata buatan, Kota magelang kini beralih menggarap wisata kuliner, yaitu kuliner kartika sari magelang. Apalagi idenya memang berasal dari memaksimal dua potensi sekaligus, potensi wisata kuliner yang ada di magelang yang amat beragam dan menggoda, serta potensi pedagang kaki lima yang menjual makanan pun cukup banyak.

parkiran pengunjung di kartika sari magelang

Parkiran pengunjung di kartika sari | ©wisatawan.id/Litalia

Akhirnya demi menata kawasan perkotaan yang lebih rapi, pemerintah merelokasi para pedagang kaki lima ke tempat-tempat tertentu. Khusus untuk kuliner salah satunya direlokasi ke kartika sari. Maka tak salah jika di kartika sari magelang, banyak PKL yang disulap menjadi kawasan kuliner. Kesannya pun tidak seperti PKL yang menawarkan barang, namun semuanya sudah terliha professional, mulai dari tempat parkir, kebersihan, tempat duduk, menu, hingga terkadang ada live music.

Fasilitas Wisata Kuliner Kartika sari magelang
Yang membedakan PKL yang telah bergabung di kartika sari dengan yang lain, jelas terletak pada sistem pengelolaanya. Sistem pengelolaanya ini pada akhirnya menjadi fasilitas dan menunjang kenyamanan bagi pelanggan:

  1. Sistem pengelolaan parkir rapi dan lahan luas. Jangan bayangkan parkir di kartika sari seperti tempat parkir saat kita makan di tempat PKL tepi jalan pada umumnya. Lahan parkir di kartika sari magelang sudah tersedia dengan sangat luas dan pengelolaan yang lumayan teratur serta dapat menampung puluhan mobil dan ratusan sepeda motor. Untuk mobil dan motor, area parkirnya juga dibedakan. Meski demikian, pada malam-malam tertentu, seperti pada malam minggu, tempat parkinya bisa saja penuh. Pengelolaan parkir ini dilakukan oleh petugas khusus.
  2. Kebersihan ada petugas khususnya. Anda tak akan menemukan satu sampah pun di kartika sari magelang. Sebab petugas khusus yang membersihkan seluruh area tempat makan telah tersedia. Pada jam-jam tertentu, petugas akan membersihkan area. Penggelolaan kebersihan ini dilakukan oleh semua pihak yang terlibat di sana, termasuk juga PKL.

    kuliner kartika sari magelang

    Suasana pengunjung di kartika sari | ©wisatawan.id/Litalia

  3. Bebas memilih tempat duduk yang kamu suka. Bedanya, jika makan di tempat makan PKL, area tempat duduk yang tersedia hanyalah yang disediakan oleh PKL alias ada dalam warungnya. Di kartika sari, anda bebas duduk di depan pedagang manapun, dan bebas memesan makanan dari penjual manapun. Di manapun anda duduk selama masih dalam area kartika sari magelang, pedagang akan mengantarkan pesanan anda. Tempat duduknya di set mengikuti ruko-ruko penjual lengkap dengan kursi dan meja persegi panjang. Sementara di bagian tengan di isi dengan meja bundar dengan kursi yang mengelilingi.
  4. Menu nusantara, banyak pilihan. Setidaknya ada puluhan PKL yang menawarkan kuliner di sana dan hampir semuanya berbeda menu, ini mungkin untuk menghindari persaingan secara langsung. Anda bisa memesan berbagai masakan dari ayam, bebek, tahu, tempe, bakso, mie ayam, nasi goreng, martabak, gorengan, sate dan lain sebagainya, termasuk juga bubur kacang hijau. Semua daftar menu telah tersedia lengkap dengan harganya, namun sayang menu khas magelang justru tidak banyak tersedia.
  5. Menikmati makan malam lengkap dengan live music. Meski tidak selalu ada, acap kali pertunjukan musik di gelar di kartika sari magelang. Biasanya di lakukan oleh orang-orang tertentu yang sedang melakukan kegiatan amal, misalnya saja untuk anak yatim. Untuk melakukan pertunjukkan music di sana butuh ijin khusus dari pengelola, sebab nanti pengelola akan menyediakan tempat, jadi tak bisa sembarangan. Nah, kapan lagi bisa makan malam di PKL tapi ada live musicnya kalau bukan di kartika sari, serasa di kafe saja kan.
  6. Pengamen? Tak akan pernah kamu temui di kartika sari. Kota Magelang boleh dibilang surganya pengamen. Kalau anda tak percaya, datang saja ke alun-alun malam hari, Anda akan menemukan banyak pengamen, bahkan setiap kali saya nongkrong di alun-alun sambil ngopi, tiap 10 menit pasti ada pengamen. Benar-benar tak nyaman, gangguan semacan ini tak akan anda temui di kartika sari magelang.

Sayangnya memang, di kartika sari sebagai iconya pusat kuliner magelang tak menyediakan kuliner khas magelang secara lengkap. Tahu kupat, wedang kacang dan lainya tak tersedia. Di sana hanya ada makanan khas magelang berupa nasi goreng magelang (yang bisa saya lihat dari daftar menu).

Lokasi Wisata Kuliner Kartika Sari Magelang

kuliner kartika sari magelang

©wisatawan.id/Litalia

Berencana untuk mampir di kartika sari magelang? Ini lokasinya. Kartika sari magelang terletak sebelum lapangan Abu Bakrin (Jalan tidar) Magelang. Berada di tepi kiri sebelah Giant dan depanya RSUD tidar Magelang. Lokasi yang sangat strategis bila anda melakukan perjalanan dari arah jogja ke semarang, sebab jalanya hanya searah. Jadi pasti anda akan melewatinya bila anda melakukan perjalanan ke semarang lewat kota.

Atau bagi anda yang melakukan perjalanan dari semarang, setelah memasuki kawasan pecinan magelang dan bertemu dengan lampu merah pertama, silakan belok kanan dan lurus saja, nanti akan ketemu kartikasari di tepi kiri trotoar.

Coba juga kuliner ini: Belalang goreng khas Gunungkidul.


Terakhir, jangan lupa berpakaian santai saja ya kalau mau mencicip kuliner kartika sari magelang. Toh kartika sari magelang buka pada malam hari mulai jam 5 sore. Jadi, mari menikmati semangkuk es kacang hijau lengkap dengan sate kelinci atau lainya di kartika sari magelang. Mengenal kota magelang melalui rasa: asam, manis dan pedas.

https://i2.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/09/Suasana-pengunjung-kartika-sari-magelang.jpg?fit=1024%2C615&ssl=1https://i2.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/09/Suasana-pengunjung-kartika-sari-magelang.jpg?resize=150%2C150&ssl=1litaliaJatengKulinerKuliner Unik,Magelang
Pada akhirnya, setelah memaksimalkan wisata alam dan wisata buatan, Kota magelang kini beralih menggarap wisata kuliner, yaitu kuliner kartika sari magelang. Apalagi idenya memang berasal dari memaksimal dua potensi sekaligus, potensi wisata kuliner yang ada di magelang yang amat beragam dan menggoda, serta potensi pedagang kaki lima yang menjual...
The following two tabs change content below.

litalia

Writer at Wisatawan.id
Sebagai anak jurusan pendidikan sejarah, tentu saya menyukai perjalanan. dalam setiap perjananan pula, akan saya abadikan dalam memori dan jepretan kamera.