Wisata ke Asap Indah Sentral Pengasapan Ikan di Wonosari Demak, WISATAWAN.ID – Anda terbiasa datang ke pemancingan? Lalu menikmati ikan segar hasil pancingan anda sendiri untuk dibakar atau di goreng. Saya pikir itu memang menarik, tetapi bagi kalian yang kebetulan di Semarang, Demak, Kudus atau Purwodadi, saya tawarkan satu wisata kuliner yang lebih menarik ketimbang ke pemancingan atau kuliner lain.
[image-caption-hover id=”18″] Yups, cental pengasapan ikan di Desa Wonosari Kecamatan Bonang Kabupaten Demak tepatnya. Tempat ini bernama Asap Indah, disana anda bisa menikmati berbagai jenis ikan laut dan air tawar, yang baru saja selesai diasap. Anda juga bisa membawa pulang dengan harga terjangkau sebagai oleh-oleh atau dimasak kembali di rumah. Bagi saya, ikan laut yang ditawarkan sangat menarik. Saya bisa langsung menyantap ikan laut seperti ikan manyung, pari, marlin, cucut dan jenis lainnya.

Desa wonosari selain dikenal sebagai desa sentral pengasapan ikan, selain juga desa pembudidaya jambu demak. Di sentral pengasapan ini saya tidak perlu takut kehilangan kandungan ikan segar yang baik untuk tubuh saya. Ada 18 persen protein ikan yang terdiri dari asam amino esensial serta 1 – 20 % lemak yang terkandung dalam ikan asap yang gampang dicerna dan langsung bisa digunakan oleh jaringan tubuh. Kandungan tidak hilang didukung juga dengan kondisi ikan yang masih segar. Sebab ikan langsung diolah setelah didapat dari hasil nelayan hari itu juga. Biasanya para pengasap langsung mengambil ikan dari laut di daerah sekitar, seperti pantai di wonosari, pantai di juana dan tempat-tempat lain.
[image-caption-hover id=”19″] Yang paling menarik bagi saya adalah sensasi menikmati ikan asap di area persawahan dengan semilir udara yang sejuk. Apalagi di sore hari menjelang matahari terbenam. Anda bisa duduk di sepanjang area sungai yang terletak di depan sentral pengasapan dengan kondisi air yang jernih ditemani bunga enceng gondok, begitu indah. Sama dengan nama tempat ini Asap Indah.
[image-caption-hover id=”20″] Selain ikan laut, di sini juga diasap beberapa jenis ikan air tawar. Seperti lele dan patin. Kedua jenis ikan ini ketika diasap juga tidak di asap secara bersamaan dengan ikan laut. Ini tentu bertujuan untuk menjaga aroma dan rasa, baik ikan dari laut dan dari air tawar. Ada sekitar 6 ton ikan di asap setiap harinya. Yang akan didistribusikan ke seluruh pasar-pasar di Jawa Tengah.

Akses menuju Lokasi
Lokasi cental pengasapan Asap Indah berada di desa wonosari kecamatan bonang kabupaten demak tepatnya di tengah persawahan tetapi memiliki akses jalan yang sangat bagus. Ini bukti pernyataan pemerintah kabupaten demak beberapa tahun yang lalu, jika kalian masih menemukan jalanan di demak tidak layak, silakan hubungi pemerintah terdekat. Pasti akan langsung diperbaiki, dan hasilnya memang luar biasa. Pemerintah kabupaten demak benar-benar serius soal hal ini.

Ada beberapa petunjuk akses jalan yang akan saya berikan kepada anda, dan ini sangat mudah:

  1. Pertama; Jika anda berasal dari Kabupaten Pati maka anda jalanlah ke kabupaten demak tanpa melewati kota dan ambil jalur pantura menuju semarang. Di lampu merah ke dua selama anda memasuki jalur pantura di Kecamatan Demak, lihatlah papan nama Desa Wonosari, silakan ambil kiri dan tanyalah kepada warga sekitar.
  2. Jika anda berasal dari Purwodadi, jalanlah menuju Kabupaten Demak lewat pantura, ketika anda menemukan lampu merah pertama di jalan raya pantura, silakan ambil kanan. Lanjutkan dengan tanya kepada warga, lokasinya sudah tidak jauh dari situ
  3. Jika anda berasal dari Semarang, jalanlah ke kabupaten demak melewati jalur pantura. Hitung sampai anda menemukan dua lampu merah ke dua, ambil kanan. Silakan tanya ke warga lokasi tepatnya, sudah tidak jauh.

Sepanjang perjalanan anda akan menikmati area persawahan di tambah dengan hijaunya padi setinggi 30 an centimeter (waktu itu perjalanan saya padi memang baru tumbuh segitu). Yang tidak kalah menarik adalah enceng gondok yang berbunga, lalu beberapa sungai yang tidak ditumbuhi enceng gondok airnya sangat jernih.

Perbandingan dengan lokasi wisata lain yang sejenis
Jika coba saya bandingkan dengan beberapa lokasi wisata di daerah sekitar, mulai dari Kudus, Semarang, Kendal dan Pati. Bagi saya ini satu-satunya lokasi wisata pengasapan ikan. Pembanding yang bisa digunakan ada beberapa, minimal ada dua jenis tempat. Pertama adalah pantai yang menyediakan tempat untuk bakar-bakaran ikan disana dan lokasi pemancingan yang juga menyediakan tempat untuk membakar ikan secara langsung.

  1. Pantai Wonosari
    Disini anda bisa menikmati kuliner dari beberapa warung makan yang menyediakan makanan hasil laut. Tetapi saya belum melihat ada yang menyediakan jasa membakar secara langsung. Terlebih harga ikan di warung makan jelas lebih mahal dibanding dengan ditempat pengasapan ikan. Tetapi memang menunya jauh lebih menarik, namun ini tidak menjamin kesegaran ikan.
  2. Pemancingan ikan di daerah sekitar
    Pada dasarnya semua lokasi pemancingan sama, hanya menyediakan jasa kita bisa mancing lalu hasil pancingan kita bisa dibakar atau digoreng. Atau kita juga bisa memesan ikan yang disediakan oleh pihak pengelola tanpa melalui proses mancing terlebih dahulu. Jika dibanding dengan Asap Indah kelemahan pemancingan ada pada jenis-jenis ikan segar yang disediakan terbatas pada ikan air tawar, meski ada beberapa yang menyediakan ikan air laut juga.

Wisata menarik lainnya: Wisata Lawang Sewu.

Harga dan jenis ikan
Jika anda tanya berapa harga yang harus anda keluarkan untuk menikmati kenikmatan kuliner Asap Indah. Jawabanya anda cukup membayar ikanya saja. Tidak ada tiket masuk atau biaya parkir. Lalu bagaimana dengan harga ikan? Saya orang yang puluhan tahun hidup di daerah pesisir dan saya tahu ini harga yang murah dengan kualitas luar biasa. Kira-kira anda mendapatkan pengurangan sekitar 30 persen dari harga untuk ikan asap yang biasanya anda beli di pasaran.

https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/05/jkj.jpg?fit=1024%2C681&ssl=1https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/05/jkj.jpg?resize=150%2C150&ssl=1Agung MujtabaJatengKulinerDemak,Wisata Kuliner
Wisata ke Asap Indah Sentral Pengasapan Ikan di Wonosari Demak, WISATAWAN.ID - Anda terbiasa datang ke pemancingan? Lalu menikmati ikan segar hasil pancingan anda sendiri untuk dibakar atau di goreng. Saya pikir itu memang menarik, tetapi bagi kalian yang kebetulan di Semarang, Demak, Kudus atau Purwodadi, saya tawarkan satu wisata...
The following two tabs change content below.

Agung Mujtaba

Administrator at Wisatawan.id
Saya berpikir, sesuatu hal pantas dikatakan indah jika terlihat sama dengan fotonya.