Dibangun sebagai hasil karya dan kerja sama bersama, Kampoeng Rawa Ambarawa menjadi salah satu top destinasi di Ambarawa. Bahkan di Jawa Tengah. Konsep ekowisata yang memadukan antara wisata buatan dengan karya tuhan berupa rawa pening. Kelompok nelayan dan petani Rawa Pening bersatu, membentuk wisata kampoeng rawa demi memaksimalkan potensi alam.

kampoeng rawa ambarawa

©wisatawan.id/Litalia

Hasilnya sebuah kampoeng terapung di atas rawa pening kini bisa kita nikmati. Di mana dalam satu kawasan tersebut, kita bisa menikmati hamparan luasnya rawa pening. Untuk menuju ke kampoeng rawa pun, sejak pintu masuk, kita akan langsung membelah persawahan. Sawah-sawah hijau yang selama ini memanfaatkan berkah dari melimpahnya air rawa pening selalu di tanami padi setiap tahun. Kaki-kaki gunung seolah mengapit kita.

Keindahan dan Pesona Kampoeng Rawa
Setidaknya ada 5 gunung yang mengapit kita. Ada Gunung Merbabu, Merapi, Gajah Mungkur, Telomoyo, dan dataran tinggi Ungaran. Terutama pada saat cuaca cerah, kau akan melihat bagaimana kau akan melihat. Bagaimana indahnya perpaduan persawahan, lalu di sambung air bagaikan lautan rawa pening, dan di akhiri dengan gunung yang menjulang tinggi. Semilir angin yang selalu sejuk khas persawahan akan jadi pelengkap pesona kampoeng rawa.

kampoeng rawa ambarawa

©wisatawan.id/Litalia

Jangan kau bayangkan bahwa kampoeng rawa ambarawa adalah sebuah kampoeng yang terdapat administrasi kependudukanya. Kampoeng rawa hanyalah kampoeng buatan yang di dalamnya berisi sejumlah wahana wisata. rata-rata konsep wahana wisata yang di tampilkan berpadu dengan rawa pening. Alias wisata air. Meski tak semuanya wisata air. Di sana kau dapat menemukan:

  1. Rumah Makan Terapung

Jika banyak yang mengenal pasar terapung, kampoeng rawa punya rumah makan terapung. Tepatnya terapung di atas rawa pening. Istimewanya, selain berada di atas rawa pening, rumah terapung ini juga di kelilingi pemandangan sawah da pegunungan. Bahkan untuk mencapai lokasi saja, para pengunjung rumah makan terapung harus menyebrang terlebih dahulu menggunakan perahu yang sudah di sediakan. Menu yang tersedia di rumah makan ini ada beragam, terutama hasil olahan ikan tawar.

  1. Tempat Wisata Keluarga dan Anak-anak

Anda bisa memanfaatkan fasilitas permainan seperti becak air, bebek air, becak mini, jetsky, bendi, ATV, perahu kayu, perahu karet, dan pemancingan. Sehingga tempat ini tak salah jika disebut sebagai wisata anak-anak dan keluarga.

  1. Ruang Pertemuan

Bagi anda yang ingin mengadakan pertemuan dengan rekan bisnis atau reonian, anda bisa memanfaatkan ruang pertemuan yang ada di kampoeng rawa ambarawa. Konsep ruang pertemuanya berupa joglo terbuka.

Lokasi dan Wisata Terdekat
Kampoeng rawa ambarawa terletak di Jl. Lingkar Selatan Km.03 Ambarawa, Kab. Semarang. Lokasinya sangat mudah di cari karena tepat berada di sebelah jalan. Sebelah kiri jika anda dari semarang, dan kanan jika anda dari jogja.

kampoeng rawa ambarawa

©wisatawan.id/Litalia

Untuk harga masuk ke wisata kampoeng rawa ambarawa, anda akan di kenai tiket masuk 2000 permotor dan 4000 untuk mobil. Yang mempesona, kampoeng rawa ambarawa dekat dengan beberapa lokasi wisata yang jadi unggulan pemerintah ambarawa, diantaranya:

  1. Benteng willem

Sebuah benteng yang erat kaitanya dengan keberadaan bangsa Belanda dan Jepang semasa menjajah Negeri ini. Dibangun sebagai penghormatan untuk raja belanda, benteng willem merupakan barak penyimpan makanan semasa menjajah. Hal ini memang terlihat dari bentuk benteng yang berbeda dengan benteng-benteng untuk pertempuran.

Kondisi benteng ini memang tak terawat dan tercatat sebagai aset wisata jawa tengah. Melainkan masih tercatat sebagai tempat penjara militer. Maka tak salah jika ingin berkunjung ke tempat ini, bukan tiket masuk yang anda butuhkan. Melainkan ijin dari penjaga yang berseragam TNI. Selanjutnya liat wisata benteng willem untuk tahu lebih banyak.

  1. Eling bening

Memiliki konsep wisata yang berkebalikan dari kampoeng rawa ambarawa, eling bening yang baru di buka beberapa bulan yang lalu menyedot banyak perhatian wisatawan. Resort di atas bukit itu berbeda dengan rawa pening yang berada di bawah bukit dekat dengan air. Bagai bumi dan langit. Dari sini, kau dapat menikmati keindahan ambarawa dari atas ketinggian. Selanjutnya, baca di wisata eling bening.

  1. Bukit Cinta

Hampir mirip dengan kampoeng rawa. Lokasi wisata ini juga memanfaatkan keindahan rawa pening. Bedanya, di bukit cinta kau akan menemukan sebuah bukit yang menyatu dengan rawa pening. Dari bukit itulah, kau akan menikmati rawa pening. Bagai lautan yang menyatu dengan perbukitan.

Jadi, destinasi apa lagi yang kau cari? Dari kampoeng rawa ambarawa kau sudah dapat menikmati semua. Bahkan lokasi wisata sekitarnya hanya berjarak tak lebih dari 3 kilo meter saja. sudah dapat kau lihat dari kampoeng rawa ambarawa.

https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/09/Gerbang-masuk-kampoeng-rawa-ambarawa-joss.jpg?fit=800%2C425&ssl=1https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/09/Gerbang-masuk-kampoeng-rawa-ambarawa-joss.jpg?resize=150%2C150&ssl=1litaliaBerbudayaJatengAmbarawa,Desa Wisata,Kampung Wisata
Dibangun sebagai hasil karya dan kerja sama bersama, Kampoeng Rawa Ambarawa menjadi salah satu top destinasi di Ambarawa. Bahkan di Jawa Tengah. Konsep ekowisata yang memadukan antara wisata buatan dengan karya tuhan berupa rawa pening. Kelompok nelayan dan petani Rawa Pening bersatu, membentuk wisata kampoeng rawa demi memaksimalkan potensi...
The following two tabs change content below.

litalia

Writer at Wisatawan.id
Sebagai anak jurusan pendidikan sejarah, tentu saya menyukai perjalanan. dalam setiap perjananan pula, akan saya abadikan dalam memori dan jepretan kamera.