Jangan lupa, masukkan objek wisata gunung kelud ke dalam agenda wisata para traveller, ini dikarenakan gunung tersebut merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia. Gunung tersebut sudah mengalami letusan sebanyak 30 kali mulai tahun 1000 masehi.

Selain itu, gunung kelud juga sudah pernah meletus dua tahun lalu tepatnya pada tahun 2014. Jadi dapat dikatakan sebagai salah satu wisata alam yang cukup memacu adrenalin khususnya dengan riwayat gunung berapi tersebut.

Dampak dari letusan setiap gunung berapi memang berpengaruh positif terhadap tanahnya sehingga memiliki tingkat kesuburan yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, alasan lain mengapa gunung tersebut menjadi salah satu tempat yang direkomendasikan adalah karena keindahan alamnya yang mempesona.

Wisata Gunung Kelud

Wisata Gunung Kelud | Nofalia
©wisatawan.id

Lokasi dan Akses Gunung Kelud
Bagi para traveller yang belum pernah sama sekali bepergian ke tempat wisata gunung kelud, caranya mudah, karena lokasinya yang mudah sekali ditemukan, tepatnya diperbatasan antara tiga kabupaten yakni Kediri, malang dan blitar, Jaraknya pun cukup terjangkau sekitar 27 kilometer dari pusat kota Kediri.

Jika di urut langkah perjalanan menuju ke arah wisata gunung kelud, mulai dari pusat kota Kediri tersebut kearah pesantren terlebih dulu kemudian menuju Wates dan dilanjutkan ke Ngancar, setelah itu perjalanan kembali lagi dilanjutkan menuju Desa Suguhwaras, kemudian sampailah ke gunung Kelud. Objek wisata apa sajakah yang tersedia di sana, berikut diantaranya yang perlu kamu ketahui:

Objek Wisata di Gunung Kelud

  • Jalan unik dan misterius atau dikenal dengan MYSTERIUS ROAD

Sebelum mencapai gunung kelud yang menjadi destinasi wisata, pengunjung akan melewati terlebih dulu jalan yang unik. Keunikannya sendiri merupakan sebuah fenomena alam yang sulit dijelaskan karena bila kendaraan di posisikan pada jalan tersebut dengan kondisi mesin yang mati, maka kendaraan akan tetap bergerak mendaki.

Begitu pula dengan Alat yang lebih sederhana seperti botol air mineral yang diletakkan dengan posisi tertidur di daerah jalan yang landai, maka akan tetap bergerak naik mendaki menyusuri jalan tersebut dengan menggelinding. Misterius’kan?

  • Kubah Lava

Kelebihan lainnya dari wisata gunung kelud ini adalah adanya kubah lava yang dapat dilihat dari puncak gajah mungkur. Di lokasi tersebut telah dibuatkan gardu pandang yang dilengkapi dengan anak tangga yang telah diberikan adukan semen. Keindahannya akan semakin terlihat pada malam hari khususnya akhir pekan dimana penerangan lampu warna warni akan terlihat menyinari kubah lava tersebut.

Wisata Gunung Kelud

Gardu Pandang | Nofalia
©wisatawan.id

  • Puncak Sumbing

Di lokasi ini para pengunjung dapat menyusuri jalur panjat tebing sehingga dapat menyalurkan hobi memanjatnya di arena tersebut. Tersedia juga arena permainan Flying Fox.

  • Sumber Air panas

Tempat ini dipercaya dapat membawa dampak yang baik bagi kesehatan. Lokasi sumber air panas yang dimaksud memang harus ditelusuri dengan perjuangan, karena berada di bawah gunung kelud tepatnya sebelah kanan sebelum menyusuri arah terowongan menuju gunung.

Hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah fisik yang kuat dan tenaga yang prima. Perlahan dan berhati-hati menyusuri anak tangga menurun, namun sesampainya di tempat yang dimaksud, di sumber air panas, maka lelahnya pun akan terbayarkan khususnya bila sudah merasakan kehangatan dari sumber air panas yang berasal dari gunung kelud itu sendiri.

Wisata Gunung Kelud

Nofalia ©wisatawan.id

Dengan mengetahui beberapa lokasi dan objek wisata yang menjadi daya tarik para pengunjung tersebut, maka keputusan yang tepat menjadikan lokasi wisata gunung kelud sebagai destinasi wisata pribadi maupun keluarga.

Wisata menarik lainnya: Air Terjun Dolo, Kediri.

Tips Berwisata Ke Gunung Kelud

Beberapa persiapan yang perlu diperhatikan untuk bepergian ke tempat wisata tersebut antara lain:

  • Persiapkan dana yang mencukupi, Artinya tidak harus selalu membawa uang tunai dalam jumlah besar yang justru akan tidak aman. Perhitungkan segala biaya yang dibutuhkan, misalnya mulai dari tiket masuk yang hanya Rp 5,000 di hari senin hingga jumat, dan Rp 10,000 untuk akhir pekan seperti sabtu dan minggu.
  • Untuk menuju ke wisata Gunung kelud dengan menaiki kendaraan, maka akan dikenakan biaya Rp 15,000 untuk pulang pergi, namun jika ingin berhemat dapat ditempuh perjalanannya dengan berjalan kaki. Namun berjalan kaki sebaiknya di pagi hari sambil menikmati udara pagi dan keindahan Alam selama perjalanan ke arah gunung kelud.
  • Persiapkan pakaian yang tebal dan menghangatkan, karena di sana dingin khususnya di malam hari.
  • Jika diperlukan bawalah payung untuk membantu mengatasi perubahan cuaca ekstrim yang sewaktu-waktu dapat berubah menjadi hujan.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman digunakan serta aman, seperti sandal gunung atau sepatu yang alas kakinya bergerigi. Ini dikarenakan jalur yang terjal dan licin, sehingga perlu diantisipasi.
  • Terakhir, bawalah kamera atau smartphone untuk mengabadikan berbagai momen selama perjalanan ke gunung kelud.

Dengan memahami persiapan dan keindahan objek wisata tersebut, diharapkan para traveller yang belum pernah bepergian ke tempat tersebut dapat menelusurinya.

https://i1.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/06/Photo-0054.jpg?fit=1024%2C768&ssl=1https://i1.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/06/Photo-0054.jpg?resize=150%2C150&ssl=1ikenofaliaHikingBukit,Gunung,Kediri
Jangan lupa, masukkan objek wisata gunung kelud ke dalam agenda wisata para traveller, ini dikarenakan gunung tersebut merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia. Gunung tersebut sudah mengalami letusan sebanyak 30 kali mulai tahun 1000 masehi. Selain itu, gunung kelud juga sudah pernah meletus dua tahun lalu tepatnya...
The following two tabs change content below.

ikenofalia

Explorer
Saya merupakan mahasiswi S1 teknik Informatika. Saya sudah 3 tahun menjadi penulis Artikel dan menjadi admin di beberapa Web Content