Siapa yang tidak mengenal keindahan wisata alam yang satu ini? wisata Gunung Bromo merupakan salah satu wisata terbaik jika kalian berlibur di Jawa Timur. Gunung ini merupakan gunung berapi yang masih aktif dan berada di 4 perbatasan kabupaten Lumajang, Malang, Pasuruan, dan Probolinggo.

Wisata Gunung Bromo

Pemandangan sunrise dari View Point | Foto: Putri Budi
©wisatawan.id

Cara untuk dapat sampai ke destinasi wisata Gunung Bromo ini kalau dari kota Malang bisa menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Agar petualangan kalian semakin seru, saya menyarankan kalian untuk memilih kendaraan Jeep yang disediakan oleh Tour and Travel setempat. Biaya paket perjalanan ke wisata Gunung Bromo dengan menggunakan Jeep sekitar Rp 150.000 – Rp 400.000 tergantung dengan fasilitas yang akan kalian dapat. Perjalanan dengan Jeep dapat kalian tempuh sekitar 2-3 jam dari kota Malang. Lokasi penjemputan bisa disesuaikan dengan tempat kalian menginap.

Wisata Gunung Bromo termasuk salah satu Taman Nasional di Indonesia. Gunung ini berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Kalian sudah tahu belum apa sih yang dimaksud dengan Taman Nasional? Kalau belum tahu, menurut pasal 1 butir 14 UU No. 5 Tahun 1990, Taman Nasional adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budaya, pariwisata, dan rekreasi.

Wisata Gunung Bromo

Pemandangan Gunung Bromo dan Gunung Semeru dari View Point | Foto: Putri Budi
©wisatawan.id

Biasanya tempat pertama kali yang akan kalian kunjungi adalah Point of View. Di tempat ini kalian akan melihat keindahan matahari terbit. Udara di sini dingin sekali. Kalian jangan lupa untuk memakai perlengkapan dingin seperti jaket, syal, sarung tangan, kaos kaki, dan kupluk. Di tempat ini kalian akan melihat pemandangan Gunung Bromo dan Semeru sekaligus.

Wisata Gunung Bromo

Perjalanan melalui padang pasir ke Gunung Bromo | Foto: Putri Budi
©wisatawan.id

Setelah dari Point of View, kalian biasanya akan dibawa langsung ke destinasi wisata utama yaitu Gunung Bromo. Setelah sampai, Jeep hanya dapat mengantar sampai tempat parkir. Untuk sampai ke gunungnya, kalian bisa jalan kaki atau menyewa kuda yang telah disediakan dengan membayar sewa. Harga yang ditawarkan oleh para penyewa kuda bervariasi sekitar Rp 25.000 – Rp 100.000. Biasanya semakin siang, harga sewa kuda semakin murah. Saya dan teman-teman lebih memilih jalan kaki.

Dengan medan pasir, banyak sekali debu pasir yang tertiup angin. Kalian jangan lupa untuk memakai masker. Ketinggian gunung ini mencapai 2392 m. Untuk dapat menaikinya, pihak pengelola sudah membuat anak-anak tangga. Katanya ada yang bilang kalau kalian naik Gunung Bromo bersama pasangan dan menghitung anak tangga dengan jumlah yang sama, berarti kalian jodoh.

Wisata Gunung Bromo

Anak tangga Gunung Bromo | Foto: Putri Budi
©wisatawan.id

Selain menikmati keindahan pesona kawah Gunung Bromo, kalian juga masih bisa melihat keindangan destinasi wisata di sekitar gunung tersebut seperti Lautan Pasir (Pasir Berbisik), Padang Savana (Bukit Teletubbies), Gunung Batok, dan Pura Luhur Poten. Selain menikmati wisata alam, kalian juga akan berwisata sejarah dan mengenang masa kejayaan Kerajaan Majapahit pada jaman dahulu.

Wisata Gunung Bromo

Pura Luhur Poten (kiri) dan Gunung Batok (kanan) | Foto: Putri Budi
©wisatawan.id

Lautan Pasir (Pasir Berbisik) sekarang sudah tidak berbisik lagi. Kenapa dinamakan Pasir Berbisik? Mungkin kalian memang dapat mendengar suara desiran angin yang tertiup angin di sini. Karena semakin banyaknya wisatawan yang datang, maka banyak juga kendaraan yang berlalu-lalang di kawasan ini. Sehingga yang kalian dengar bukan suara desir pasir yang tertiup angin, melainkan suara knalpot kendaraan bermotor.

Padang Savana (Bukit Telettubies) waktu yang tepat untuk pergi ke Gunung Bromo sekitar bulan April-Oktober. Sayangnya saya ke sana di akhir Oktober dan melihat Bukit Telettubies yang tidak terlalu hijau seperti gambar di cerita blogger lainnya. Seharusnya warna bukit tersebut memang hijau sekali seperti pada film anak-anak, Telettubies. Mungkin dari situ kenapa dinamakan Bukit Telettubies.

Gunung Batok memiliki cerita pada masa Kerajaan Majapahit. Dulu katanya ada seorang Raksasa mengamuk dan melemparkan batok kelapa dan konon batok kelapa tadi membesar sehingga membentuk Gunung Batok. Itulah legenda singkat mengenai asal muasalnya Gunung Batok.

Pura Luhur Poten merupakan pura peninggalan Kerajaan Majapahit. Pura tersebut masih aktif dan masih digunakan Umat Hindu bersembahyang. Istana Dewa Ida Sang Hyang Widhi Wasa berdiri di tengah lautan pasir. Letaknya bersebelahan dengan Gunung Bongkok. Cukup menarik memang ditengah hamparan padang pasir yang panas dan berdebu, kalian dapat menemukan sebuah pura.

Kalau bicara soal wisata Malang, terutama wisata Gunung Bromo memang tidak pernah ada habisnya. Biaya penginapan di Malang tidak terlalu malah. Tergantung dari wisata seperti apa yang kalian rasakan. Berbagai jenis penginapan dari mulai low cost budget atau budget ala backpacker sampai hotel berbintang dapat kalian temui di Malang. Seperti penginapan ala backpacker yang saya dapat waktu itu dengan harga Rp 300.000/hari untuk 4 orang. Fasilitas yang saya dapat sudah cukup enak dengan suasana penginapan yang bersih.

Wisata menarik lainnya: Pantai Tiga Warna.

Malang dan Gunung Bromo seakan memiliki alasan kuat bagi para wisatawan untuk datang lagi. Kalian harus datang dan coba sendiri petualangan kalian untuk melihat pesona keindahan destinasi wisata Gunung Bromo dan destinasi penunjang wisata lainnya di sekitar Gunung Bromo.

https://i1.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/05/bromo-2.jpg?fit=776%2C469&ssl=1https://i1.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/05/bromo-2.jpg?resize=150%2C150&ssl=1Putri BudiHikingGunung,Panorama Alam,Sunrise,Taman Nasional
Siapa yang tidak mengenal keindahan wisata alam yang satu ini? wisata Gunung Bromo merupakan salah satu wisata terbaik jika kalian berlibur di Jawa Timur. Gunung ini merupakan gunung berapi yang masih aktif dan berada di 4 perbatasan kabupaten Lumajang, Malang, Pasuruan, dan Probolinggo. Pemandangan sunrise dari View Point | Foto:...
The following two tabs change content below.

Putri Budi

Explorer
A master student of tourism who likes to travel alot