Kau tahu, Gua Maria Ambarawa atau Gua Maria Kerep Ambarawa adalah Gua Maria pertama yang melatar belakangi munculnya gua-gua Maria di negeri ini. Gua Maria sendiri adalah tampat ibadah atau spiritual umat Kristiani sekaligus juga tempat wisata religi. Hal ini tak lain karena patung Yesus yang berdiri tegap tinggi.

Patung Bunda Maria di Gua Maria Kerep Ambarawa

Patung Bunda Maria di Gua Maria Kerep Ambarawa | ©Litalia/wisatawan.iD

Itu juga yang menjadi latar belakang perjalanan saya berkunjung ke sana. Letaknya ada di Kabupaten Semarang. Tepatnya ada di Ambarawa. Di Gua Maria Kerep Ambarawa anda dapat menikmati keindahan tempat ibadah umat Kristiani lengkap dengan patung Yesus yang sangat besar. Patung inilah yang selalu menjadi obyek foto-foto para pengunjung. Lokasi wisatanya sangat sejuk dan asri. Banyak pepohonan hijau tumbuh subur dan terawat.

Pengunjung Gua Maria Kerep Ambarawa

Pada hari-hari besar keagamaan, Gua Maria Kerep Ambarawa selalu penuh sesak dipenuhi oleh orang-orang yang ingin menyepi dan beribadah. Meskipun begitu, namun bukan berarti kita yang non-muslim tidak boleh mampir untuk berkunjung. Suasana gua maria ini sangat asri dan sejuk, sehingga cocok untuk dijadikan tempat menyegarkan pikiran dan penat setelah bekerja.

Untuk Anda yang datang dengan tujuan ingin beribadah. Pengurus Gua Maria Kerep Ambarawa selalu siap untuk memberikan panduan tentang seluk beluk ruangan di dalam gua. Ada dua ruangan dalam gua yang bisa Anda datangi jika ingin beribadah di sini, yaitu taman doa dan stasi jalan salib. Di taman doa, Anda akan mendapatkan penjelasan tentang perjuangan-perjuangan umat katolik. Sedangkan di stasi jalan salib, Anda bisa bermeditasi.

Di luar kedua ruangan ini, Gua Maria Kerep Ambarawa memiliki camping ground area yang bisa Anda manfaatkan untuk bermalam dan membangun tenda. Jika tidak ingin tidur di tenda, Anda juga bisa menginap di kamar yang telah disediakan oleh pengelola gua Maria Ambarawa. Di sini juga ada kapel dan gedung pertemuan yang seringkali digunakan dalam acara keagamaan tertentu. keberadaan Gua Maria Kerep Ambarawa yang sudah lebih dari setengah abad juga menjadi berkah tersendiri untuk penduduk sekitar gua maria.

Welcoming Sign di Gua Maria Kerep Ambarawa

Welcoming Sign di Gua Maria Kerep Ambarawa | ©Litalia/wisatawan.iD

Pusat wisata spiritual seperti Gua Maria Ambarawa yang tidak pernah sepi dari peziarah membuka lapangan pekerjaan dan mata pencaharian untuk mereka. Pengelola gua maria ambarawa bahkan menyediakan fasilitas pusat jajanan selera rakyat atau pujasera yang bebas biaya sewa. Sehingga sangat membantu usaha kecil berkembang yang ada di sekitar gua maria. Hal ini membuat saya belajar bahwa pemberdayaan masyarakat desa. Bahkan bisa berjalan jauh dari hiruk pikuk pemberitaan dan kisruh dana desa yang kerap terjadi.

Rute Gua Maria Kerep Ambarawa

Jika Anda ingin datang berkunjung ke gua maria kerep ambarawa dan berasal dari luar kabupaten Semarang. Anda bisa mengikuti jalan utama menuju kota Solo untuk bisa sampai di Gua Maria Ambarawa. Setelah masuk kota Ambarawa, Anda bisa langsung berkendara menuju ketep, tempat gua maria dibangun. Anda juga bisa menggunakan tugu Ambarawa sebagai patokan perjalanan Anda.

Sekitar 1 km dari tugu Ambarawa, Anda akan menemukan papan informasi yang bertuliskan “Gua Maria Kerep”. Ikuti saja papan informasi tersebut dan Anda akan sampai di gua maria kerep ambarawa. Akses jalan menuju gua maria ambawara memang sedikit sempit, sehingga jika Anda menggunakan kendaraan pribadi. Anda harus sedikit bersabar untuk melewatinya. Namun jangan khawatir, akses jalan yang sempit ini hanya berjalan sejauh 1 km saja.

Obyek Wisata Lain

Puas berkeliling di area Gua Maria, saya melangkahkan kaki keluar untuk mencari makanan dan minuman sebagai bagian dari wisata kuliner. Setelah sedikit mencari tahu, ternyata Gua Maria Kerep Ambarawa juga memiliki serba-serbi kuliner yang kerap diserbu oleh peziarah. Baik yang sudah atau belum berdoa.

Hal ini dikarenakan harga kuliner di sini yang terbilang cukup murah untuk ukuran jajanan dan kuliner di sebuah obyek wisata. Ternyata, di sekitar Gua Maria Ambarawa ini ada banyak sekali warung kecil yang menjual aneka macam makanan dan minuman.

Tersedia produk-produk sirup, selai, dan juga kue kering yang bisa Anda jadikan buah tangan untuk keluarga ataupun teman Anda. Saya sendiri memilih untuk mencicipi Lekker Jumbo yang dijual dekat pintu gerbang gua maria ambarawa. Tepatnya di sebelah kanan jalan yang merupakan deretan penjual kuliner.

Harga lekker ini Rp 7.500,- untuk ukuran satu loyang, dan Rp 3.500,- untuk lekker yang berukuran setengah loyang. Meskipun lekker jumbo ini lebih mahal dari lekker biasa, namun harganya sebanding dengan ukurannya yang jauh lebih besar dari lekker biasa.

Selain lekker, Anda juga bisa mencicipi lumpia, sate kelinci, dan masih banyak lagi. Jadi, kapan Anda berkunjung ke gua maria kerep ambawara? Dari sini anda juga dapat ke benteng willem I Ambarawa. Atau anda juga dapat berkunjung ke Eleng Bening untuk menikmati pesona Rawa pening dari Atas Bukit

https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/08/Screenshot_2016-08-18-22-28-45.jpg?fit=854%2C480&ssl=1https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/08/Screenshot_2016-08-18-22-28-45.jpg?resize=150%2C150&ssl=1litaliaBerbudayaJatengAmbarawa,Goa,Semarang,Wisata Religi,Wisata Rohani
Kau tahu, Gua Maria Ambarawa atau Gua Maria Kerep Ambarawa adalah Gua Maria pertama yang melatar belakangi munculnya gua-gua Maria di negeri ini. Gua Maria sendiri adalah tampat ibadah atau spiritual umat Kristiani sekaligus juga tempat wisata religi. Hal ini tak lain karena patung Yesus yang berdiri tegap tinggi. Itu...
The following two tabs change content below.

litalia

Writer at Wisatawan.id
Sebagai anak jurusan pendidikan sejarah, tentu saya menyukai perjalanan. dalam setiap perjananan pula, akan saya abadikan dalam memori dan jepretan kamera.