Eling Bening disebut-sebut bagaikan surga terbaru menikmati keindahan tanah Jawa di Ambarawa. Resmi dibuka pada akhir tahun 2015, nama tempat wisata Eling Bening akhir-akhir ini banyak menghiasi hastag di media sosial Instagram. Hal ini membuktikan bahwa sebagai salah satu tujuan wisata terbaru di Semarang, Eling Bening telah sukses menarik perhatian banyak wisatawan.

Wisata Eling Bening

Keindahan rawa pening dari eling bening | Litalia
©wisatawan.id

Dampaknya, selama tiga bulan terahhir, Eling Bening sangat ramai dengan pengunjung dan membuat saya ikut penasaran untuk mencoba melihat pemandangan alam yang dibanggakan netizen di sana. Ya, daya tarik dari tempat ini memang berada pada panorama alamnya yang sangat indah. Maka pada siang itu, saya putuskan untuk melihat langsung surga di atas bukit Ambarawa itu.

Hanya berjarak sekitar 15 kilometer dari kota Salatiga, Eling Bening terletak di Jl. Sarjono, Bawen, Semarang, Jawa Tengah. Karena terletak di daerah Ambarawa Kabupaten Semarang, tidak mengherankan jika Eling Bening menawarkan pemandangan danau Rawa Pening yang luas dipadu dengan deretan pegunungan yang benar-benar memanjakan mata. Meski belum sepenuhnya sempurna, dari sini terlihat pemandangan yang sangat indah. Birunya danau Rawa Pening dan lalu lalang kendaraan di jalan raya yang padat menjadi pemandangan tersendiri yang yang cukup menghibur.

Wisata Eling Bening

Welcoming Sign eling bening | Litalia
©wisatawan.id

Kawasan wisata yang berdiri di atas lahan seluas 3 ha dari total luas tanah 10 ha ini mempunyai konsep obyek wisata alam untuk keluarga yang didukung dengan udara sejuk dan minim polusi. Wajar saja, sebab Kawasan Eling Bening terletak di sebuah bukit yang puncaknya diratakan dengan ketinggian kurang lebih 800 meter di atas permukaan laut.

Eling Bening adalah tempat yang paling pas untuk melewatkan sore dengan santai bersama keluarga, teman-teman, maupun pasangan. Siang itu pun, saya bersama ratusan orang menikmati rawa pening dari eling bening. Dari sini, saya seakan disuguhi dengan paket komplit alam ciptaan Tuhan:  keindahan rawa pening, deretan pegunungan, hamparan sawah yang hijau dan asri, perkebunan kopi, jalur kereta uap, serta sunrise maupundi sore hari.

Bagi para penikmat ketinggian, ini bisa jadi alternatif menikmati panorama alam tanpa perlu mendaki gunung. Saya diberitahu oleh pihak pengelola bahwa sedikitnya ada 8 buah gunung yang mengelilingi Rawa Pening dan Eling Bening ini. Gunung-gunung tersebut adalah Gunung Merbabu, Merapi, Telomoyo, Gajah Mungkur, hingga dataran tinggi Ungaran. Untuk mendapatkan pemandangan yang paling mempesona, spot terbaik yang bisa Anda datangi adalah di Pelataran Eling Bening, terutama di dekat kolam renang outdoornya. Saya sendiri akan menyebut bahwa Eling Bening adalah cara lain untuk menikmati keindahan Rawa Pening tanpa harus datang langsung ke Rawa Pening.

Wisata Eling Bening

Pemandangan rawa pening dari eling bening | Litalia
©wisatawan.id

Hal lain yang tak kalah menarik untuk dinikmati di Eling Bening adalah pemandangan alam saat sunsetnya. Dengan sepoi angin sore dan sinar matahari yang redup perlahan-lahan, senja di Eling Bening terasa sangat romantis dan eksotis. Panorama ini didukung dengan semburat warna jingga kehitaman yang menambah syahdu suasana sore hari. Ketika langit telah berganti gelap, pemandangan di Eling Bening berganti pula dengan kerlap-kerlip lampu-lampu yang melintasi jalan raya di kejauhan bagai kunang-kunang yang beterbangan. Pemandangan semacam ini jelas bukan suatu pemandangan yang layak untuk dilewatkan begitu saja.

Fasilitas Di Eling Bening

Wisata Eling Bening

Keramaian eling bening sore itu | Litalia
©wisatawan.id

Selain panorama alam yang luar biasa, wisata Eling Bening juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kolam renang, restoran, kafe, permainan outbond, meeting room, camping ground, hill tracking area, archery area, children play ground,  stage untuk upacara maupun pertunjukan, dan area parkir yang cukup luas. Bahkan tidak sedikit pasangan pengantin yang melakukan sesi foto Pre-Wedding mereka di sini, dengan latar belakang yang menambah kecantikan foto.

Akses menuju lokasi

Akses jalan untuk bisa sampai ke Eling Bening terbilang sangat mudah. Jika Anda datang dari arah terminal Bawen, Anda cukup lurus ke arah Ambarawa. Setelah Traffic Light Arteri, masuk ke jalan Kartini di sebelah kiri jalan. Setelah masuk ke Jalan Kartini, perhatikan sebelah kiri jalan karena obyek wisata Eling Bening berada di kiri jalan, tidak jauh dari belokan masuk jalan Kartini.

Eling Bening sendiri dibuka mulai dari pukul 09.00 WIB hingga 22.00 WIB. Untuk masuk ke Eling Bening, saya hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 15.000,- perorang, dan tiket tersebut ternyata bisa ditukarkan dengan potongan harga untuk makanan maupun minuman. Meskipun sekilas penampilan Kawasan wisata Eling bening tampak seperti tempat wisata bergaya modern dan elegan seperti tempat wisata di luar negeri, namun di sini Anda bisa menemukan banyak menu makanan dan minuman lokal khas Indonesia.

Menurut pengalaman saya, jika Anda ingin mengunjungi Eling Bening sebaiknya Anda menghindari datang di hari libur ataupun weekend, sebab pengunjung yang membludak akan mengurangi kenyamanan kita dalam menikmati panorama Eling Bening.

Wisata menarik lainnya: Sunrise di bukit Sikunir, Dieng.

Meski belum maksimal karena belum sempurna pembangunannya, tetapi tempat wisata Eling Bening sudah diprediksi akan kebanjiran pengunjung menjelang libur panjang hari Raya Idul Fitri mendatang. Nah, apakah anda penasaran untuk datang ke sini dan membuktikan sendiri keindahannya? Cobalah sendiri.

https://i2.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/05/Keindahan-rawa-pening-dari-eling-bening.jpg?fit=1024%2C457&ssl=1https://i2.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/05/Keindahan-rawa-pening-dari-eling-bening.jpg?resize=150%2C150&ssl=1litaliaJatengWisata AlamBukit,Panorama Alam,Semarang,Sunrise
Eling Bening disebut-sebut bagaikan surga terbaru menikmati keindahan tanah Jawa di Ambarawa. Resmi dibuka pada akhir tahun 2015, nama tempat wisata Eling Bening akhir-akhir ini banyak menghiasi hastag di media sosial Instagram. Hal ini membuktikan bahwa sebagai salah satu tujuan wisata terbaru di Semarang, Eling Bening telah sukses menarik...
The following two tabs change content below.

litalia

Writer at Wisatawan.id
Sebagai anak jurusan pendidikan sejarah, tentu saya menyukai perjalanan. dalam setiap perjananan pula, akan saya abadikan dalam memori dan jepretan kamera.