Apa yang teman-teman pikirkan kalau dengar nama Chairul Tanjung? Tentu saja, teman-teman ingat Trans Studio Bandung.  Nah, Chairul Tanjung itu pendirinya. Trans Studio Bandung itu tujuan wisata favorit di Bandung, jumlah pengunjungnya selalu meningkat, lho, teman-teman. Jadi, wajar kalau Trans Studio Bandung selalu ramai.

Yamaha Racing Coaster di Trans Studio Bandung

Yamaha Racing Coaster di Trans Studio Bandung | ©wisatawan.id/Cindy Larasati

Lokasi Trans Studio Bandung
Trans Studio Bandung berlokasi di Jl. Gatot Subroto No. 289, Bandung, Jawa Barat. Lokasi Trans Studio Bandung sama dengan Trans Studio Mall.

Untuk perjalanan ke Trans Studio Bandung bisa dijangkau dengan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Ada beberapa alternatif, lho, kalau naik angkutan umum.

  1. Dari Stasiun Besar Bandung, teman-teman naik angkot warna hijau nomor 12 Jurusan Stasiun Hall1-Gede Bage. Terus, turunlah di Jalan Jenderal Gatot Subroto. Naik lagi angkot merah hijau nomor 30 rute Elang Kalapa-Cicadas.
  2. Kalau dari Terminal Leuwi Panjang, teman-teman naik angkot merah nomor 5 rute Cibaduyut-Cicaheum. Nanti, teman-teman turun di Perempatan Binong. Setelah itu, naik angkot hijau kuning Nomor 1 A Jurusan Cicaheum-Abdul Muis.
  3. Untuk yang dari terminal Cicaheum, naik aja angkot hijau kuning Nomor 1 A Jurusan Cicaheum-Abdul Muis. Gampang, kan.
  4. Untuk teman-teman yang mau pergi dari Bandara Husein Sastranegara, teman-teman tinggal naik angkot dua kali. Pertama, naik angkot warna coklat hijau Nomor 31 Jurusan Ciroyom-Antapani, turun di Perempatan Kiaracondong. Kedua, naik angkot hijau kuning Nomor 1 A Jurusan Cicaheum-Abdul Muis.

Wahana Trans Studio Bandung
Trans Studio Bandung menyediakan 20 wahana yang unik. Dua puluh wahana itu tersebar dalam tiga zona:

1.Studio Central
Di zona yang satu ini, teman-teman bisa ketemu sama artis-artis Hollywood, lho, kayak Michael Jackson, Merlyn Monroe, dan lain-lain. Dikemas dengan tampilan Hollywood era 60-an. Nggak kalah deh sama Broadway. di zona ini ada macam-macam wahana:

  • Ocean World Science Center

    Ikan Badut di Ocean World Science Center Trans Studio Bandung

    Ikan Badut di Ocean World Science Center | ©wisatawan.id/Cindy Larasati

Bagi teman-teman yang suka dunia science dan kehidupan bawah laut, lihat ikan-ikan, coba saja masuk ke Ocean World Science Center. Nantinya, teman-teman bisa mengenal keindahan dan keunikan dunia bawah laut. Teman-teman juga bisa membersihkan kulit mati di tangan karena ada Ikan Gara Ruffe. Waktu coba relaksasi ini, tangan saya jadi geli.

Teman-teman juga bisa berfoto bersama beruang kutub, pinguin, dan anjing laut, tapi ini patungnya aja bukan yang beneran. Teman-teman sudah pernah pegang ikan hiu? Pasti kebanyakan belum kan, ya. Kalau belum, di sini juga ada anak ikan hiu yang masih kecil. Teman-teman boleh pegang ekornya dengan hati-hati, jangan pegang kepalanya. Bintang laut juga ada, boleh dipegang juga, tapi harus cuci tangan dulu.

  • Si Bolang – Bocah Petualang

Bersama Si Bolang, teman-teman bisa berpetualang keliling semua provinsi di Indonesia. Dilengkapi dengan special effect yang buat petualangan ini makin seru. Nantinya, teman-teman bakal naik kereta, yang bisa ditumpangi beberapa orang. Bersama keluarga mencoba wahana ini, dijamin seru. Apalagi bermanfaat banget juga buat nambah pengetahuan, teman-teman. Kita jadi bisa tahu lebih banyak tentang provinsi-provinsi yang ada di Indonesia, meskipun kita belum pernah ke sana sebelumnya.

  • Trans Broadcast Museum

Biasanya kalau  teman-teman ke museum, bakal lihat prasasti, patung-patung, dan hal lain yang berhubungan denga sejarah. Tapi, di sini beda, teman. Di museum ini, teman-teman akan belajar bagaimana program televisi dibuat.

  • Marvel Superheroes The Ride 4D

Wahana ini menampilkan aksi para superhero melawan musuh-musuhnya. Yang membuat suasananya lebih hidup, tentu saja multimedia dan special effect-nya.

  • Dunia Anak Kiddy’s Land

Anak-anak juga bisa menikmati wahana seru.

  • Mini Tea Cup
  • Jump Around
  • Mini Train
  • Carrousel
  • Mini Bumper Boats
  • Mini Bumper Cars

Selain itu, ada juga wahana Yamaha Racing Coaster, Giant Swing, Transcar Racing, Indosat Vertigo Galaxy, dan Trans City Theater.

2.Lost City
Bagi sobat yang merasa petualang dan penjelajah sejati, masuk aja ke zona Lost City. Di zona ini ada:

  • Jelajah

Teman-teman akan mengarungi dunia Afrika. Awalnya, teman-teman bakal terjun dari perosotan  yang nggak terlalu tinggi. Tapi, kemudian teman-teman harus siap dag-dig-dug karena teman-teman akan merasakan sensasi jatuh dari air terjun setinggi 13 meter. Siap-siap basah juga karena wahana ini berhubungan dengan air.

  • Skypirates Zeppelin’

Teman-teman bakal naik kapal perompak yang terbang.  Dari kapal perompak ini, teman-teman bisa lihat keadaan seluruh zona. Lajunya juga pelan, jadi nggak perlu takut naik wahana ini.

  • Amphitheater

Menampilkan teater dengan artis internasional dan lokal, disertasi special effect yang menakjubkan.

Selain ketiga wahana tersebut, masih ada Kong Climb.

3.Magic
Sesuai namanya, zona ini mengandung unsur sihir. Di sini ada Negeri Raksasa, Dragon Riders, Pulau Liliput, Dunia Lain, Special Effects Action, dan Captain Black Heart’s Pirate Ship.

Fasilitas Lain di Trans Studio Bandung
Selain itu, ada maskot-maskot lucu yang bisa teman-teman ajak berfoto. Ada maskot kucing, kura-kura, kuda nil, dan harimau. Namanya Maung, Monty, Kenny, dan Monika. Selain maskot lucu, di Trans Studio Bandung ini, teman-teman nggak perlu takut kehausan atau kelaparan, karena di sini banyak yang jual makanan dan minuman.

  1. Coffee Bean And Tea Leaf yang sudah punya pengalaman 45 tahun menyediakan kopi dan teh berkualitas
  2. Baskin Robbins yang menjual berbagai rasa es krim yang super enak
  3. Corvette Dinner menyajikan menu makanan ala Amerika
  4. Studio Kuring sebagai spot untuk makan gurame goreng dan ayam bakar
  5. Studio Mie menghidangkan mie, bakso, dan es teller yang segar
  6. Studio Bento menyediakan makanan box bernuansa Jepang
  7. Studio Chicks menjual ayam goreng crispy yang enak

Di setiap sudut, teman-teman bisa menjumpai  Trans Studio Store. Di sini, teman-teman bisa beli oleh-oleh untuk orang terdekat. Teman-teman  bisa beli barang dan souvenir khas Trans Studio Bandung. Ada juga kios-kios permen dan coklat.

Harga Tiket Masuk Trans Studio Bandung
Kalau hari biasa, Senin sampai Jumat, teman-teman harus merogoh kocek sebesar Rp. 170.000 untuk masuk ke Trans Studio Bandung. Kalau Sabtu, Minggu, dan hari libur lebih mahal, teman-teman harus bayar Rp. 270.000. Kalau hari biasa, Trans Studio Bandung beroperasi dari jam 10 pagi sampai jam 9 malam. Kalau weekend atau Sabtu Minggu, dari jam 9 pagi sampai 10 malam.

Untuk yang VIP, ada biaya tambahan sebesar Rp. 250.000. Keuntungannya, antrian bakal lebih cepat, karena dipisah sama antrian reguler. Selain itu, berlaku untuk semua wahana dan atraksi, bisa juga berkali-kali. Supaya lebih mudah, bisa beli online juga tiketnya. Untuk mencoba wahana-wahananya, tidak perlu bayar lagi, karena sudah tercakup dalam harga tiket.

Tips-Tips Berkunjung ke Trans Studio Bandung

  1. Kalau nggak mau antri lama, lebih baik beli tiket secara  online tinggal di tukar saja dengan tiket masuk di pintu masuk Trans Studio Bandung. Antrian masuk tiket online beda dengan antrian tiket biasa, biasanya lebih sepi.
  2. Teman-teman sebaiknya punya peta Trans Studio Bandung, biar tahu lokasi wahana, toilet, dan lain-lain. Peta bisa diminta di pintu masuk.
  3. Tidak usah bawa makanan dan minuman, karena tidak diperbolehkan untuk membawa makanan dan minuman. Yang diperbolehkan hanya makanan bayi.
  4. Kalau tidak mau antri lama untuk mencoba wahana-wahana, beli saja gelang VIP. Harganya Rp. 250.000. Sebaiknya gelang VIP ini dibeli kalau teman-teman memang benar-benar ingin mencoba banyak wahana. Soalnya, sayang banget kalau beli gelang VIP, cuma naik satu atau dua wahana saja.
  5. Habis makan berat, jangan naik wahana yang ekstrim, karena bisa bikin mual.
  6. Disarankan untuk naik wahana Jelajah terakhir kali saja, karena Jelajah itu wahana air, baju akan basah. Usahakan bawa baju ganti.
  7. Usahakan selalu cek jadwal, karena ada beberapa pertunjukkan yang punya jadwal khusus dan tidak diputar ulang.

Coba ini pula: Floating Market di Lembang, Bandung.

Itulah sedikit pengalaman saya berwisata di Trans Studio Bandung, tempat yang asyik dan menyenangkan, sayang sekali jika di lewatkan lho kawan..

https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/09/trans-studio-bandung-2.jpg?fit=1024%2C739&ssl=1https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/09/trans-studio-bandung-2.jpg?resize=150%2C150&ssl=1cindylarasatiBerbudayaJabarBandung,Taman Bermain,Taman Hiburan
Apa yang teman-teman pikirkan kalau dengar nama Chairul Tanjung? Tentu saja, teman-teman ingat Trans Studio Bandung.  Nah, Chairul Tanjung itu pendirinya. Trans Studio Bandung itu tujuan wisata favorit di Bandung, jumlah pengunjungnya selalu meningkat, lho, teman-teman. Jadi, wajar kalau Trans Studio Bandung selalu ramai. Yamaha Racing Coaster di Trans Studio...
The following two tabs change content below.

cindylarasati

Mahasiswa jurusan Akuntansi di Politeknik Negeri Sriwijaya yang senang menulis.