Salah satu wisata alam terbaik di Semarang yang patut menjadi tempat menghabiskan waktu liburan sobat adalah Waduk Jatibarang. Waduk ini menggambarkan sisi keasrian Semarang di balik kotanya yang cukup panas. Ada beragam wahana permainan air buatan yang bisa sobat manfaatkan. Termasuk naik boat. Atau jika ingin gratis, sobat bisa memancing saja.

waduk jatibarang semarang

©wisatawan.id/Litalia

Lokasinya satu kawasan dengan Goa Kreo, tetapi pihak pengelolanya yang berbeda. Dari waduk jatibarang Semarang ini sobat bisa menikmati Gua Kreo, dan sebaliknya dari Goa Kreo juga bisa menikmati Waduk Jatibarang. Hanya saja, dari Gua Kreo sobat tak akan bisa menyentuh dinginya air di Waduk Jatibarang.

Keindahan Waduk Jatibarang

Waduk Jatibarang menjadi salah satu tempat wisata yang sedang menjadi primadona di Semarang. Perpaduan pesona alam yang menyejukkan, pepohonan yang mengelilingi waduk, suara gemicik air, gua di tengah waduk juga perbukitan yang tersaji dalam satu bingkai panorama.

Awalnya waduk ini dibangun untuk mengatasi masalah banjir yang sering terjadi di Semarang. Sebelum dikenal sebagai Waduk Jatibarang mungkin kamu pernah mendengar Goa Kreo? Nah, maka dari itu tak salah jika Waduk Jatibarang dijadikan tempat wisata dengan pemandangan alam yang komplit. Goa Kreo ini terletak di sebuah pulau di tengah-tengah waduk yang dihubungkan dengan sebuah jembatan. Selain itu, kini di Waduk Jatibarang juga banyak wahana permainan air yang bisa sobat nikmati.

Akses Menuju Lokasi, Harga Tiket dan Lainya

Perjalanan ke Waduk Jatibarang terbilang mudah. Hanya membutuhkan waktu 30 menit dengan mengendarai motor dari Unnes Sekaran, Gunungpati, Semarang. Meski jalanan berkelok tapi tak sulit untuk ditempuh. Apalagi di sepanjang jalan berjajar pepohonan rindang, pedesaan yang masih asri juga udara segar yang bisa membuat pikiran fresh.

Harga tiket untuk masuk ke Waduk Jatibarang terbilang murah, Rp4.000,00 untuk tiket masuk, parkir motor Rp.2.000,00 dan Rp.3.500,00 untuk parkir mobil. Sangat cocok bagi pemilik dompet tipis seperti saya, hehe.

Setelah membayar tiket masuk berjalanlah saya melewati jembatan cinta. Konon siapapun yang melewati jembatan ini akan mudah dapat jodoh. Dalam hati, hanya berujar aamiin dengan khidmad sambil tersenyum. Mungkin bagi kamu yang sudah lama menyandang status jomblo, bisa bertandang ke Waduk Jatibarang Semarang dan membuktikan apakah hanya mitos atau fakta, hehe.

salah-satu-boat-yang-sedang-bersandarTak hanya melewati jembatan cinta, saya juga harus menuruni seribu anak tangga untuk sampai di tepi waduk buatan ini. Masyarakat sekitar meyakini kalau kita bisa melewati seribu anak tangga ini bisa memperpanjang umur. Lagi-lagi saya hanya bisa mengamini. Toh, berjalan membuat saya bergerak dan tidak hanya berdiam diri menatap smartphone. Pun, angin sepoi-sepoi membuat suasana hati kian cerah.

Apa Yang Bisa Dinikmati?

Pengunjung dimanjakan dengan wisata air, yakni dengan menaiki speedboat, perahu kayu dan jetski. Di sini ditawarkan dua paket yaitu paket A untuk berkeliling ke seluruh pelosok waduk yang luas genangannya 189 Ha dengan tarif Rp 100.000,00. Atau bisa juga mencoba paket B seharga Rp 60.000,00 untuk separuh perjalanan dari paket A. Bisa dibayangkan betapa jernihnya air, segarnya cipratan air juga mata yang dimanjakan dengan dua tebing yang membentang di sisi selatan waduk.

Selain wisata air pengunjung juga bisa mencoba untuk memancing di tengah waduk dengan menggunakan perahu kayu. Tenang, tak perlu khawatir dengan keamanan karena para tenaga operasional sudah memiliki sertifikat pelatihan dari SAR, BPBD Jawa Tengah dan ijin operasi dari Dishub. Pun, penumpang dilengkapi dengan pelampung demi menjaga keamanan.

Ada pula hutan jati yang konon tempat Sunan Kalijaga mencari kayu untuk pembangunan Masjid Agung Demak. Di dalamnya ada kera ekor panjang, di sini saya diperingatkan untuk tidak membawa makanan atau minuman yang mencolok agar tidak dirampok hewan ini. Meski pengunjung diperbolehkan memberi makanan seperti kacang atau pisang.

Lokasi Wisata Terdekat

Ada beberapa lokasi yang sangat dekat dengan Waduk Jatibarang Semarang, termasuk Gua Kreo yang satu lokasi denganya. Selain itu ada juga:

  1. Desa Wisata Kalipancur. Suguhan bangkai pesawat lengkap dengan nuansa kehidupan jepang bisa kamu dapatkan di sini. Silakan baca lebih lanjut di desa wisata kalipancur. Letaknya hanya 5-10 menit perjalanan.
  2. Curug Lawe. kalau sobat masih belum lelah. Mungkin sobat bisa mengunjungi curug lawe untuk mandi di bawah air terjun. silakan baca lebih lanjut di wisata curug lawe

Jika kamu merasa penat dan lelah dengan rutinitas yang monoton, mungkin kamu perlu menghirup udara segar. Waduk Jatibarang mungkin bisa menjadi salah satu pilihan untuk membuang penat untuk kembali memulai aktifitas di esok hari.

https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/11/Permainan-air-yang-tersedia-di-Waduk-Jati-Barang.jpg?fit=1024%2C672&ssl=1https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/11/Permainan-air-yang-tersedia-di-Waduk-Jati-Barang.jpg?resize=150%2C150&ssl=1litaliaWisata BuatanSemarang,wisata air
Salah satu wisata alam terbaik di Semarang yang patut menjadi tempat menghabiskan waktu liburan sobat adalah Waduk Jatibarang. Waduk ini menggambarkan sisi keasrian Semarang di balik kotanya yang cukup panas. Ada beragam wahana permainan air buatan yang bisa sobat manfaatkan. Termasuk naik boat. Atau jika ingin gratis, sobat bisa...
The following two tabs change content below.

litalia

Writer at Wisatawan.id
Sebagai anak jurusan pendidikan sejarah, tentu saya menyukai perjalanan. dalam setiap perjananan pula, akan saya abadikan dalam memori dan jepretan kamera.