Bagi masyarakat daerah Lampung sekitarnya mungkin tidak asing lagi, dong, dengan taman wisata keluarga ini. Taman Wisata Lembah Hijau Lampung atau yang lebih akrab disebut Lembah Hijau ini, tidak kalah keren dengan Ocean Dream Samudra Ancol. Taman wisata ini terletak di Jalan Radin Imba Kesuma Ratu, Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung.

Taman Wisata Lembah Hijau Lampung

©wisatawan.id/Anggia Rumiris

Apa Saja Yang ada di Taman Wisata Lembah Hijau Lampung?

Taman wisata yang luasnya sekitar 30 hektare ini merupakan taman wisata alam buatan terbesar yang ada di Lampung. Taman ini disebut Lembah Hijau karena berada di area perbukitan dengan dihiasi lembah serta sungai kecil.

Lembah hijau yang sudah dibuka sejak tahun 2007 ini memiliki banyak wahana wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Diantaranya adalah Taman Satwa, Waterpark, Cinema 4D, Rumah Hantu, Boom-Boom Car, Mini Train, Carousel, Outband Kids & Children Playground, Paint Ball & Air Soft Guns, dan Camping Ground.

Fasilitas yang disediakan di Taman wisata lembah hijau lampung ini juga sangat lengkap. Terdapat tempat penginapan, masjid, toilet, parkiran yang luas, restoran dan cafe, serta tempat meeting.

Biaya Tiket Masuk Taman Wisata Lembah Hijau

Biaya tiket masuk ke taman wisata lembah hijau lampung yang bertemakan keluarga ini cukup terjangkau. Harga tiket Rp.10.000/orang, khusus pelajar Rp.8.000/orang, motor Rp.2.000, mobil Rp.5.000. Namun harga tersebut hanya biaya tiket masuk, ya, sobat, untuk masuk ke wahana-wahana yang ada di Lembah Hijau terdapat biaya tambahan dan harganya berbeda-beda tiap wahana.

Jika sobat berkunjung dengan membawa rombongan sebaiknya memilih harga paket dengan syarat memesan terlebih dahulu 3 hari sebelumnya, sehingga harga akan sedikit lebih murah. Untuk membeli harga paket, rombongan harus berjumlah minimal 30 orang.

Berikut harga paket tiket masuk Lembah Hijau Lampung:

  • Paket Waterpark (masuk ke wahana waterpark): Rp.27.000/orang sudah termasuk biaya masuk tempat wisata Lembah Hijau, gazebo, panggung musik, dan palayground.
  • Paket Taman Satwa (masuk ke wahana Taman Satwa): Rp.27.000/orang sudah termasuk tiket masuk tempat wisata, atraksi hewan, gazebo, panggung musik, dan playground.
  • Paket Waterpark+Taman Satwa: Rp.52.000/orang mendapatkan fasilitas yang tersedia untuk paket waterpark dan taman satwa.
  • Paket Outband Kids: terdapat tiga paket harga yaitu Rp.115.000/orang, Rp.150.000/orang,dan Rp.240.000/orang. Paket ini sudah termasuk tiket masuk dan parkir kendaraan, trainer, desain program, area ekslusif, game outband, tiket masuk waterpark, dan makan siang.

Bermain Air di Waterpark Lembah Hijau

Waterpark Lembah Hijau yang luasnya sekitar 1,3 hektare ini, memiliki 5 kolam renang dengan kedalaman bervariasi dari 50cm-150cm. Fasilitas dari wahana bermain air terbesar yang pernah didirikan di Provinsi Lampung ini terdiri dari kolam arus, water splash, gelas tumpah, twins boomerang, torpedo, spiral slide, dan water canon.

Untuk wahana twins boomerang merupakan wahana yang paling menantang adrenalin dengan panjang lintasan 160 meter  dan tingginya 32 meter mampu membuat jantung sobat DAG-DIG-DUG saat mencoba wahana ini. Bahkan untuk naik ke atas wahana sobat mesti menaiki beberapa anak tangga yang lumayan bikin kaki linu. Saat mencapai di atas ketika melihat ke bawah sobat pasti berpikir dua kali buat mencoba wahana ini. Jadi saya sarankan untuk sobat yang takut ketinggian jangan-jangan coba-coba untuk menaiki wahana ini, ya.

Waterpark Lembah Hijau ini merupakan destinasi wahana bermain air favorit yang ada di Lampung. Tidak mengherankan jika pada saat musim liburan sobat akan melihat antrian panjang di depan loket penjualan tiket masuk dan pintu masuk wahana ini.

So, buat sobat yang hendak berkunjung ke waterpark ini pada saat musim liburan harus ekstra sabar, ya, menunggu giliran masuk. Selain itu, bagi sobat yang membawa anak sebaiknya lebih waspada karena pada saat musim liburan pengunjung akan membludak dan penjagaannya pun mungkin tak terkendali.

Taman Satwa Lembah Hijau

Selain wahana bermain air, taman satwa juga termasuk spot terfavori di Taman Wisata Lembah Hijau Lampung. Di taman satwa ini sobat bisa melihat berbagai jenis binatang. Sekitar 65 jenis binatang ada di Taman Satwa ini, diantaranya ada gajah, angsa, berbagai jenis burung, beruang madu, buaya, orang utan, kuda, rusa, banteng, onta, dan lain-lain. Buat saya sehari rasanya tidak cukup untuk mengunjungi semua kandang satwa yang ada di Taman Satwa Lembah Hijau ini.

wahana Taman Wisata Lembah Hijau Bandar Lampung

©wisatawan.id/Anggia Rumiris

Taman satwa ini juga banyak dikunjungi oleh beberapa Sekolah TK untuk mengajak siswa-siswi belajar mengenal hewan sambil bermain. Taman satwa ini juga mengadakan atraksi hewan sehari 3 kali yaitu pada pukul 09.30, 11.00, dan 13.00 jika pada hari biasa. Namun jika pada hari libur atraksi hewan ditambah pada pukul 14.30.

Di wahana ini juga sobat bisa menikmati sensasi menunggang gajah. Hanya dengan membayar Rp.40.000/orang sobat bisa merasakan sensasi duduk di atas punggung gajah. Namun sayang waktu menunggangi gajah terbatas hanya 5 menit saja jadi rasanya kurang puas. Untuk keamanan pada saat menunggangi gajah pengunjung ditemani seorang pawang dan tempat duduk di atas punggung gajah berupa kursi kayu yang di desain sedemikan mungkin agar aman.

Saat menunggangi gajah jangan lupa untuk mengabadikan momen ini dengan berselfie tentunya. Buat sobat yang membawa anak cocok, nih, untuk mengenalkan kepada anak sobat rasanya menunggangi gajah.

Nikmati juga: Wanawisata Jatibarang di Semarang.

Nah, itu tadi pengalaman berlibur di Taman Wisata Lembah Hijau Lampung. Bagaimana, apakah sobat tertarik untuk mengunjungi taman wisata alam buatan ini? Ayo join to Taman Wisata Lembah Hijau dijamin nggak bakal inget pulang lagi. Hehehehe….

https://i2.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2017/01/lembah.hijau-2-1024x49822.jpg?fit=1024%2C498&ssl=1https://i2.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2017/01/lembah.hijau-2-1024x49822.jpg?resize=150%2C150&ssl=1Anggia RumirisWisata BuatanLampung,Taman Hiburan,Wisata Edukasi,Wisata Keluarga
Bagi masyarakat daerah Lampung sekitarnya mungkin tidak asing lagi, dong, dengan taman wisata keluarga ini. Taman Wisata Lembah Hijau Lampung atau yang lebih akrab disebut Lembah Hijau ini, tidak kalah keren dengan Ocean Dream Samudra Ancol. Taman wisata ini terletak di Jalan Radin Imba Kesuma Ratu, Tanjung Karang Barat,...
The following two tabs change content below.

Anggia Rumiris

Anak sulung dari dua bersaudara yang selalu mengisi waktu luang dengan menonton drama korea. Lebih suka berlibur ke tempat-tempat yang unik, baru, dan menarik. Sangat tidak menyukai ketinggian dan tempat-tempat ekstrem.