Ujung timur pulau jawa ternyata masih menyimpan sisi eksotisme nya. Jika sobat berkunjung ke Banyuwangi, destinasi Taman Nasional Baluran Banyuwangi sepertinya menjadi destinasi yang wajib sobat kunjungi. Sobat akan menemukan Afrika kecil di taman ini yang memiliki keindahan sangat beragam.

Taman Nasional Baluran Banyuwangi

©wisatawan.id/Citra

Lokasi dan Geografis Taman Nasional Baluran Banyuwangi
Taman Nasional letaknya kurang lebih 20 km dari ujung timur Pulau Jawa tepatnya diperbatasan kabupaten Situbondo dan Kabupaten Banyuwangi, desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih.

Untuk luas area wisatanya yang bisa dikatakan sangat luas, yaitu 25 ribu Ha dengan rincian zona rimba 5537 ha (terdiri perairan 1063 Ha dan daratan 4574 Ha), zona pemanfaatan intensif 800 Ha, zona pemanfaatan khusus 5780 Ha, zona rehabilitasi 783 Ha, dan selebihnya merupakan kawasan hutan.

Untuk akses menuju Taman Nasional Baluran Banyuwangi ini jika dari Surabaya kalian musti menempuh jarak 253 km, sedangkan jika kalian dari Banyuwangi hanya menempuh jarak sekitar 37 km, atau kalau dari Denpasar sejauh 160 km.

Flora dan Fauna
Satwa yang hidup dikawasan konservasi ini adalah banteng, kerbau, kijang, rusa, burung, anjing (anjing hutan) dan satwa tropika lainnya, sedangkan flora nya terdiri dari bakau dan kelompok mangrove serta tanaman – tanaman lainnya yang mendominasi sekitar 40% dari total luas Taman Nasional Baluran.

Saat mulai memasuki gerbang Taman Nasional Baluran Banyuwangi dengan membayar tiket masuk kurang lebih Rp 5000/orang , sobat akan langsung disuguhi oleh savana yang luas dan hutan musim yang lebat dengan luas kurang lebih 5 km.

Berbagai Tempat Wisata di Taman Nasional Baluran Banyuwangi
Beranjak ke kilometer 6 hingga kilometer ke 9, sobat akan melihat indahnya vegetasi hutan evergreen. Sesuai dengan namanya, Hutan Evergreen ini memang selalu hijau, karena tumbuh di wilayah cekungan yang terdapat sungai dibawahnya, sehingga tumbuhan ini selalui memiliki persediaan air yang cukup dan tumbuh subur.

Taman Nasional Baluran Banyuwangi

©wisatawan.id/Citra

Setelah puas menikmati hijaunya Hutan Evergreen, sobat akan diajak melihat padang savana yang cukup luas yaitu Savana Bekol. Padang Savana seluas 300 hektar ini beratapkan langit biru dan gunung baluran, melipir ke sudut tikungan jalan terdapat bukit kecil di mana menara pandang berada di atasnya, dari menara ini lah sobat bisa melihat sabana dan Selat Bali yang membiru.

Keindahan ini sangat luar biasa rasanya jika kita menikmatinya hingga senja menuju malam. Senja yang dipenuhi warna jingga dan gelap membuat taman ini memiliki pesona tersendiri bagi setiap pengunjungnya. Padang Savana Bekol ini adalah salah satu  dari keseluruhan Taman Nasional Baluran yang ramai dikunjungi.

Dari savana Bekol yang eksotis kita beranjak ke Pantai Bama. Berjarak 3 sampai 4 Km dari sana, satwa kera sangat banyak ditemui di kawasan Pantai ini yang merupakan ujung dari jalan akses yang membelah Baluran. Suasana pantai Bama sangat tenang berbeda dengan pantai – pantai lainnya yang gemuruh dengan deburan ombak. Sangat cocok bagi sobat yang ingin menenangkan pikiran disini. Apalagi kawasan Pantai Bama ini juga dikelilingi oleh hutan Mangrove yang menyejukkan hati.

Penginapan dan Fasilitas Yang Tersedia
Sobat tak perlu khawatir jika berkunjung ke Taman Nasional Baluran, jika 1 hari tak cukup meng-explore semua kawasannya, disini sobat juga bisa mennyewa penginapan yang lengkap dengan fasilitas – fasilitas lain seperti

  • Penginapan / Mess
  • Kantin
  • Mushola
  • Lapangan Parkit
  • Kamar Mandi Umum

Sedangkan untuk penginapan di kawasan Pantai Bama dan Savana Bekol , Pihak pengelola menyiapkan beberapa penginapan, seperti yang tertera dibawah ini :

  1. Wisma Rusa dengan daya tampung 7 hingga 12 orang dengan tarif Rp. 35.000/orang
  2. Wisma Merak dengan daya tampung 3  orang dengan tarif Rp. 50.000/orang
  3. Wisma Banteng dengan daya tampung 2 hingga 4 orang dengan tarif Rp. 250.000/unit
  4. Wisma Kapidada dengan daya tampung 4 Hingga 8 orang dengan tarif Rp. 75.000/orang
  5. Wisma Pilang dengan daya tampung 6 orang dengan tarif Rp. 300.000/unit

Ditambah  (extra bed) yang dikenakan tarif Rp 25.000 . Tak hanya pemandangan dan fasilitasnya yang memadai, di Pantai Bama ini sobat bisa mencoba sensasi keindahan alam bawah lautnya. Sekitar 500 meter dari bibir pantai, sobat akan menemukan berbagai macam keindahan bawah laut. Namun harus diperhatikan juga kondisi pasang air lautnya, jika aman sobat diperbolehkan berperahu dan snorkling.


Beberapa destinasi dikawasan Taman Nasional Baluran Banyuwangi diatas memang menjadi incaran para wisatawan. Namun di kawasan Taman Nasional Baluran ini masih banyak poin – poin yang tak kalah menariknya seperti Pantai Bilik Sijile dan Gunung Baluran.

Menarik juga: Air terjun Dolo – Dingin penuh kesejukan.

Sebagai tips bagi sobat yang ingin mengunjungi Taman Nasional Baluran, sobat sebaiknya menyusuri kawasan Taman Nasional Baluran dengan sepeda motor karena lokasinya yang sangat jauh dan berbatu cukup menguras tenaga.

https://i1.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/09/FullSizeRender-3.jpg?fit=640%2C441&ssl=1https://i1.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/09/FullSizeRender-3.jpg?resize=150%2C150&ssl=1CitraJatimWisata AlamBanyuwangi,Situbondo,Taman Nasional
Ujung timur pulau jawa ternyata masih menyimpan sisi eksotisme nya. Jika sobat berkunjung ke Banyuwangi, destinasi Taman Nasional Baluran Banyuwangi sepertinya menjadi destinasi yang wajib sobat kunjungi. Sobat akan menemukan Afrika kecil di taman ini yang memiliki keindahan sangat beragam. ©wisatawan.id/Citra Lokasi dan Geografis Taman Nasional Baluran Banyuwangi Taman Nasional letaknya kurang lebih...
The following two tabs change content below.

Citra

Engineer at Fedex Indonesia | Kawasaki Motor Indonesia
Industrial Engineer - Creative Writer - High Interest with Music, Design and Travelling.