Mari menjelajah Jawa Tengah melalui cita rasa. Mencicipi manisnya, asam, asin dan pedas kekayaan kuliner jawa tengah. Terlebih kisah dibaliknya melalui nikmatnya bersantap tahu bakso ungaran. Setidaknya, itulah pembuka yang sekaligus menjadi penutup bagi siapapun jika berkunjung ke jawa tengah.

tahu bakso ungaran bu pudji

©wisatawan.id/Litalia

Tak lengkap rasanya jika berwisata ke jawa tengah tanpa dilengkapi dengan wisata kuliner, sebab perjalanan touring di provinsi Jawa Tengah semakin sempurna jika berwisata kuliner di Kecamatan Ungaran dengan menikmati tahu bakso ungaran. Bahkan cita rasa kelezatan tahu bakso ini tercermin dari bahan baku yang digunakan.

Lezatnya daging sapi muda berpadu dengan daging ayam yang dihaluskan kemudian di masukkan dalam tahu kuning khas tahu kediri sebagai isian tahu bakso. Tak ketinggalan, dalam gilingan tersebut diracikan rempah-rempah yang begitu kuat rasanya ketika menyentuh lidah. Serta, balutan putih telor benar-benar akan menjadi perpaduan sempurna, apalagi dinikmati bersama dengan cabai rawit hijau dengan sensasi pedas. Bagi penyuka saos tomat, anda pun bisa memilihnya.

Bentuk tahu bakso ungaran
Sekilas dari namanya memang sama dengan tahu-tahu bakso pada umumnya. Hanya saja, tahu bakso ungaran memiliki ukuran yang lebih besar dengan tekstur yang lebih lembut. Ukuran tahunya biasanya mencapai 9×6 cm dengan tekstur lembut. Pori-pori tahun yang digunakan tak terlalu besar juga tak  terlalu rapat. Jika terlalu rapat, tahu bakso yang dihasilkan akan sedikit keras. Sementara jika terlalu besar pori-pori tahu, penampilan tahu bakso ketika matang juga tak sempurna.

tahu bakso ungaran bu pudji

©wisatawan.id/Litalia

Terdapat dua jenis tahu bakso ungaran yang bisa menjadi pilihan. Tahu bakso rebus dan tahu bakso goreng. Keduanya memiliki bahan yang sama, kecuali pada proses finishing atau pematanganya saja. Tahu bakso ungaran rebus berarti direbus sementara tahu bakso goreng berarti di goreng. Rasa yang di hasilkan keduanya juga sama-sama menggoda, tergantung lidah anda menyukai yang mana, rebus atau goreng.

Harga Tahu Bakso Ungaran
Tahu bakso ungaran memiliki harga yang cukup terjangkau. Rata-rata per box dengan isi 10 biji dijual dengan harga Rp 30 ribu untuk yang tahu bakso rebus. Sementara untuk yang tahu bakso goreng di jual dengan harga Rp 33 ribu. Harga yang ditawarkan ini akan semakin terjangkau jika anda memahami bagaimana proses pembuatanya yang cukup sulit.

Keduanya, baik tahu bakso rebus maupun goreng memiliki rasa yang lezat. Hanya saja kalau dilihat dari sisi kesehatan dan kandungan gizi yang dimiliki keduanya, tentu berbeda. Tahu bakso rebus jauh lebih sehat jika dibandingkan dengan tahu bakso goreng. Ini disebabkan tahu bakso yang direbus tidak menghilangkan kandungan gizi baiknya.

Sebagaimana kita ketahui, tahu yang berasal dari china memiliki kandungan gizi yang sangat baik, ia merupakan hasil fermentasi dari kedelai sehingga manfaat yang dimiliki sama bahkan lebih tinggi ketimbang kedelai. Tahu memiliki kandungan protein yang sangat tinggi sehingga baik untuk kesehatan tubuh dan otak, bahkan baik pula untuk perkembangannya.

Selain tahu, tahu bakso juga memiliki bahan lain berupa daging. Daging sapi adalah salah satu sumber protein hewani terbaik, ia juga meningkatkan produksi darah merah dan memperkuat jantung. Sayangnya, kandungan tahu yang begitu hebat dan daging sapi yang sangat diperlukan akan berkurang jika digoreng. Jadi ada baiknya anda memilih tahu bakso ungaran rebus saja.

Alamat Tahu Bakso Ungaran
Tahu bakso ungaran terletak hampir di seluruh jalan dekat dengan pasar babad ungaran. Ada banyak penjual yang menyediakan tahu bakso, tapi yang paling terkenal adalah tahu bakso Bu Pudji. Terserah anda mau beli yang mana, rata-rata memiliki kualitas rasa yang sama, meski yang terkenal biasanya lebih menjamin rasanya.

Yang terpenting bagi anda yang ingin membelinya, perhatikanlah kualitas tahu bakso yang disediakan, sebab tahu bakso ungaran memiliki daya tahan yang sangat pendek. Umumnya tahu bakso yang fres memiliki tampilan yang segar. Jika disimpan di ruang terbuka atau diluar pendingin, tahu bakso  rebus hanya memiliki masa tahan hingga 1 x 24 jam saja, tapi ini bisa anda perpanjang masa kadaluarsanya dengan meletakkanya dalam pendingin, Anda bisa menyimpanya hingga 3 hari.

Sementara untuk tahu bakso goreng memiliki masa tahan lebih lama, yakni sampai 2 x 24 jam. Itupun dengan catatan anda mengemasnya dalam keadaan benar-benar dingin. Kalau anda kemas dalam keadaan masih hangat, yang terjadi tahu bakso akan cepat basi dan lembek.

Cobalah nikmati kuliner ini juga: Ikan asap di Asap Indah Wonosari.


Itu adalah sedikit pengalaman saya ketika menikmati tahu bakso khas Ungaran. Sekali lagi, mari mejelajah Jawa Tengah melalui cita rasa. Menikmati manis, pedas, asam dan asinya.

https://i2.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/09/Tahu-bakso-ungaran.jpg?fit=1024%2C768&ssl=1https://i2.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/09/Tahu-bakso-ungaran.jpg?resize=150%2C150&ssl=1litaliaJatengKulinerKuliner Unik,Semarang
Mari menjelajah Jawa Tengah melalui cita rasa. Mencicipi manisnya, asam, asin dan pedas kekayaan kuliner jawa tengah. Terlebih kisah dibaliknya melalui nikmatnya bersantap tahu bakso ungaran. Setidaknya, itulah pembuka yang sekaligus menjadi penutup bagi siapapun jika berkunjung ke jawa tengah. ©wisatawan.id/Litalia Tak lengkap rasanya jika berwisata ke jawa tengah tanpa dilengkapi dengan...
The following two tabs change content below.

litalia

Writer at Wisatawan.id
Sebagai anak jurusan pendidikan sejarah, tentu saya menyukai perjalanan. dalam setiap perjananan pula, akan saya abadikan dalam memori dan jepretan kamera.