Sensasi Snorkling dan diving di Umbul Ponggok Klaten tak jauh beda dengan yang akan anda rasakan di laut lepas. Anda akan sama-sama merasakan sensasi di bawah air lengkap dengan ikan-ikan berwarna warni dengan hamparan pasir dan bebatuan jadi pijakan anda. Lengkap pula dengan karang-karang buatan yang seolah hidup. Akhirnya, anda akan mendapatkan sajian foto apik seolah bersenorkling di laut lepas.

Snorkling dan diving di Umbul Ponggok Klaten

©wisatawan.id/Resti Destriana

Tak perlu kawatir, di Umbul Ponggok Klaten snorkling dapat anda rasakan dengan biaya murah, tak seperti jika anda melakukanya di pantai lepas di mana biayanya cenderung mahal dan hanya orang-orang tertentu saja yang dapat merasakan. Bedanya, umbul ponggok klaten airnya tawar dan terus mengalir sepanjang hari. Jadi anda tidak akan bisa merasakan terjangan ombak laut.

Lagi pula, untuk bersnorkling di umbul ponggok tak butuh keahlian renang, anda hanya cukup memberanikan diri untuk masuk ke dalam air menggunakan perlengkapan lengkap seperti pelampung, kaki katak, kaca mata air lengkap dengan selangnya, emuanya sudah tersedia di sana.

Termasuk juga kamera underwater yang akan anda gunakan untuk mengabadikan moment snorkling anda. Semua perlengkapan itu dapat anda sewa di tempat penyewaan dengan harga yang sangat terjangkau. Kalau anda sudah terlanjur membawa handphone anda, anda dapat membeli plastik pembungkus khusus untuk melakukan foto di bawah air.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Ke Umbul Ponggok?

Snorkling dan diving di Umbul Ponggok Klaten

©wisatawan.id/Litalia

Jawabanya terserah niat anda ke umbul ponggok untuk apa. Kalau hanya untuk melakukan renang bersama ratusan bahkan ribuan ikan hias, anda dapat melakukanya kapan saja. Toh tempat ini tetap buka pada malam hari, anda bahkan diperbolehkan menginap di sekitar Umbul Ponggok Klaten, dengan ijin petugas tentunya. Sementara jika anda ingin melakukan aktivitas lain ada baiknya anda lakukan:

  1. Waktu terbaik untuk berfoto di bawah air adalah jam 07.00 sampai 09.00 pagi atau jam 02.00 sampai 04.00 sore. Mengapa? Sebab pada waktu itu, matahari belum tepat berada di atas kepala anda, alias masih menyamping. Dengan begitu bayangan anda tak akan menutupi wajah anda saat berfoto. Ratusan ikan yang berada di samping anda juga akan terlihat. Lebih-lebih di pagi hari, air masih sangat jernih. Meski memang sepanjang hari sebenarnya air umbul ponggok selalu jernih. Bedanya jika sudah terlanjur siang, biasanya pengunjung sangat ramai. Jadi airnya tak sejernih di pagi hari. Ketenangan airnya juga berbeda.
  2. Akhir pekan bukan waktu terbaik untuk menikmati umbul ponggok jika ingin berfoto. Ya di akhir pekan alias sabtu dan minggu. Ada baiknya anda tak punya niatan untuk berfoto di Umbul Ponggok Klaten, sebab pada hari itu umumnya pengunjung sangat ramai. Jadi anda akan kesusahan untuk mendapatkan gambar yang eksklusif.
  3. Akhir pekan, waktu terbaik untuk berenang bersama. Bagi anda yang suka ramai-ramai berenang bersama, ada baiknya datang pada akhir pekan. Selain banyak pengunjung dari luar daerah, akhir pekan juga moment yang tepat untuk berenang bersama melepas penat harian anda.

Jika anda yang berniat mendapatkan waktu terbaik untuk snorkling di Umbul Ponggok Klaten, saya sarankan anda menginap saja di sana. Anda bisa meminta ijin petugas untuk menginap di dalam area umbul ponggok. Sebab dengan begitu, anda pasti bisa menikmati umbul ponggok sebelum orang lain sampai ke sana. Tentu dengan kondisi air yang sangat jernih.

Lokasi Umbul Ponggok Klaten
Umbul ponggok terletak di desa Ponggok, kecamatan Polanhargo, Klaten. Waktu tempuh yang anda butuhkan dari semarang ke sana 2 jam perjalanan. Bagi yang sudah tahu rutenya bisa hanya 1,5 jam saja melalui semarang-boyolali-ponggok, Anda tak perlu melewati kota Klaten.

Snorkling dan diving di Umbul Ponggok Klaten

©wisatawan.id/Litalia

Sementara jika anda tempuh dari perbatasan jogja, anda dapat sampai ke sana dalam waktu satu jam. Rutenya sangat mudah, sebab sepanjang perjalanan anda akan menemukan banyak sekali petunjuk jalan menuju ke ponggok klaten. Maklum lokasi ini akhir-akhir ini sedang naik daun. Jika kesusahan, tanya kepada masyarakat, umumnya mereka juga sangat familiar.

Harga Tiket dan Biaya Sewa Peralatan
Untuk tiket masuk, anda akan di kenai biaya Rp 8000 tiap orang. Ditambah jika anda sewa peralatan, jika anda membutuhkanya dengan rincian:

  • Kaki katak Rp 5.000
  • Snorkel Rp 10.000
  • Pelampung Rp 5.000
  • Ban Rp 5.000
  • Kamera Underwater Rp 60.000 per 30 menit dan Rp 100.000 untuk satu jam
  • Jika anda ingin berfoto di bawah air berkonsep, seperti terlihat dengan sepeda motor atau lainya. Anda akan dikenakan biaya tambahan.

Saran saya, sewa saja yang benar-benar anda butuhkan seperti kamera bawah air, kalau anda punya handphone dengan kamera oke, lebih baik belikan pembungkus untuk di air saja, banyak tersedia di sana. Untuk menyewa semua peralatan di atas, anda harus meninggalkan identitas anda.

Coba juga: 6 Goa terbaik di Jogja.

Tak hanya Snorkling, tetapi juga diving
Dengan luas sekitar 50 x 25 meter, Umbul Ponggok Klaten yang telah dibangun sejak masa Belanda menjadi lokasi paling ideal untuk belajar diving sebelum melakukanya di lautan lepas. Dan itulah yang akhir-akhir ini dilakukan, sebab bagian terdalam Umbul Ponggok Klaten bisa mencapai 2,6 meter. Apalagi airnya selalu mengalir seolah seperti arus dari lautan.

Jadi bagi anda yang belum punya kesempatan melakukan diving maupun snorkling di laut lepas, ada baiknya mencoba terlebih dahulu di Umbul Ponggok Klaten. Pasti anda akan jatuh cinta dengan dunia bawah air.

https://i2.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/10/snorkling-1.jpg?fit=604%2C453&ssl=1https://i2.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/10/snorkling-1.jpg?resize=150%2C150&ssl=1litaliaWisata BuatanDiving,Klaten,Snorkling
Sensasi Snorkling dan diving di Umbul Ponggok Klaten tak jauh beda dengan yang akan anda rasakan di laut lepas. Anda akan sama-sama merasakan sensasi di bawah air lengkap dengan ikan-ikan berwarna warni dengan hamparan pasir dan bebatuan jadi pijakan anda. Lengkap pula dengan karang-karang buatan yang seolah hidup. Akhirnya,...
The following two tabs change content below.

litalia

Writer at Wisatawan.id
Sebagai anak jurusan pendidikan sejarah, tentu saya menyukai perjalanan. dalam setiap perjananan pula, akan saya abadikan dalam memori dan jepretan kamera.