Siapa yang tidak mengenal durian, buah dengan duri pada permukaan kulitnya ini sangat digemari oleh masayarakat. Agan dan sista termasuk bukan? Kita akan membahas terkait Sambasam Kuliner khas Sumatera Barat yang tidak akan agan sista temukan dibelahan bumi manapun. Kuliner ini berasal dari fermentasi durian yang telah di diamkan beberapa hari, rasanya khas dan gurih.

Sambasam Kuliner khas Sumatera Barat

©wisatawan.id/Nisa UK

Sambasam durian, membuatnya mudah dan murah, tapi rasa durian yang khas akan menambah nikmat makanan ini. Khas dari buah durian adalah baunya yang menyengat tajam, namun durian yang telah difermentasi ini tidak lagi memiliki bau yang tajam namun gurih sehingga menambah nikmat hidangan kita.

Bahan-bahan Sambasam Kuliner khas Sumatera Barat

  • 5 Sdm Durian fermentasi
  • 5 Sdm Cabe halus
  • Garam secukupmya
  • Air/santan kelapa secukupnya
  • 2 potong Ikan/ikan goreng
  • 1 lembar daun kunyit

Bahan-bahan yang diperlukan unuk membuat hidangan ini juga sangat mudah dan murah. Pilihan ikan bisa apa saja yang agan dan sista suka. Apakah ikan yang langsung dimasak atau ikan tersebut digoreng terlebih dahulu. Agan sista tidak mau ribetkan? Mau yang lebih praktis? Kuliner ini bisa agan sista dapatkan di Pasaman-Sumatera Barat.

Uniknya makanan ini hanya dapat agan sista dapat di Pasaman-Suamtera Barat. Makanan ini biasanya dijual dirumah makan yang ada disini, atau bisa saja agan sista request pada pemiliki rumah makan karena membuatnya tidak butuh waktu lama. Sajian ini dimakan dengan nasi dan cabe goreng akan lebih nikmat. Menikmatinya sambil memandang gunung pasaman yang kokoh akan membuat nafsu makan agan dan sista sekalian bertambah.

Durian Pasaman

Salah satu daerah di Sumatera Barat ini sangat terkenal dengan durian yang dihasilkannya. Masyarakat memiliki kebun durian yang dikelola secara alami, sehingga durian yang ada disini terasa lebih enak dan harum. Agan sista yang pencinta durian pasti sudah ngiler dan tidak tahan untuk mencicipinya jika melancong kedaerah tersebut.

Sambasam Kuliner khas Sumatera Barat

©wisatawan.id/Nisa UK

Jika pada musim panen, durian di Pasaman bahkan mampu mencapai harga Rp.2000,00 perbuahnya. Sangat jauh dibandingkan dengan harga durian yang ada di swalayan. Rasanya bisa kita jamin lebih enak dibandingkan durian yang dipaksa matang, karena durian disini dibiarkan matang secara alami.

Cara Fermentasi Durian

Dahulu, masyarakat Pasaman membuat fermentasi durian dengan cara memasukannya dalam wadah dari tanah liat dan dikubur kedalam tanah. Selang 3-5 hari wadah tersebut dikeluarkan untuk dikonsumsi. Sekarang lebih praktis, fermentasi dilakukan di dalam wadah dengan bungkus plastic yang rapat. Rasanya menjadi sedikit lebih asam namun gurih. Konon, fermentasi ini terjadi karena melimpahnya durian yang ada di daerah ini, sehingga masyarakat mencoba mengolahnya dengan dijadikan alah satu cara memasak lauk-pauk.

Untuk fermentasi ini kita tidak memerlukan bahan tambahan lainnya. Durian tersebut cukup dibuka dari kulitnya yang berduri, dan dimasukan dalam wadah yang sudah disediakan.

Agan sista tidak perlu khawatir jika malas mengerjakannya, karena fermentasi durian ini bisa agan-sista temui di pasar-pasar tradisional Pasaman. Disini pasar dibuka pada hari-hari tertentu, misalnya pusat ibukota Pasaman pasar tradisional hanya dibuka pada hari Minggu dan kamis saja, nah agan sista bisa mencarinya pada hari tersebut.

Untuk harganya mengikuti harga dari durian. Jika durian tidak sedang musim, maka harganya sedikit mahal mencapai Rp.10.000,00/onsnya. Sedangkan jika musim panen mampu mencapai Rp.10.000/kg sangat murah bukan?. Fermentasi durian ini juga tahan lama, 2 minggu setelah pembelian jika disimpan di dalam lemari pendingin masih baik kita gunakan.

Batas kadarluarsa dari fermentasi durian ini tidak ada secara baku dan resmi, biasanya masyarakat menandakan baik atau tidaknya fermentasi ini dari bau yang dikeluarkannya. Jika baunya sudah lebih asam dan tidak enak, dipastikan fermentasi ini tidak bisa lagi digunakan. Karena bisa menyebabkan rasa hidangan yang tidak enak dan masalah pada kesehatan kita.

Macam Olahan Durian Ala Sumatera Barat

Selain mengkonsumsi durian dengan cara difermentasi, masyarakat disini juga memakan durian yang masih manis dengan lemang. Lemang disini dibuat dengan cara tradisional, dimasak menggunakan buluh bambu dan api dari kayu. Biasanya sepanjang jalan Pasaman ini akan disediakan lemang sebagai teman memakan durian. Harganyapun sangat murah, hanya berkisar Rp.2.000,00 perpotongnya. Manisnya durian dan gurihnya lemang akan memanjakan lidah agan dan sista sekalian.

Sambasam Kuliner khas Sumatera Barat

©wisatawan.id/Nisa UK

Selain itu, ada beberapa masyarakat yang mencoba membuat kolak dari durian. Rasanya sangat manis dan enak. Tetapi masakan ini agak sedikit jarang ditemui, hanya beberapa masyarakat saja yang membuatnya. Banyaknya durian di daerah ini menjadikan pilihan makanan favorit mereka, setiap musim panen bisa dipastikan banyak olahan makanan dari durian tersebut.

Agan sista yang suka berpetualang dan memiliki kesabaran ekstra, agan dan sista bisa ikut dengan masyarakat pergi mencari durian. Anak-anak disini biasa mengajak wisatawan untuk mencari durian langsung kebatangnya. Daerah Simpang alahan mati, wilayah Bonjol daerah dengan ladang durian yang banyak, jadi agan dan sista yang ingin berpetualang bisa datang kesini, dan ikut dengan anak-anak mencari durian langsung keladang.

Lainnya: Kisah cinta tragis di pulau kemaro.

Bagiamana agan dan sista? tertarik untuk menikmati Sambasam Kuliner khas Sumatera Barat dari fermentasi Durian ini? Agan sista bisa pergi ke Pasaman pada waktu-waktu tertentu ketika musim panen tiba. Biasanya terjadi pada bulan Juli dan bulan Maret. Dan jangan lupa, bawa Sambasam Kuliner khas Sumatera Barat ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga kalian di rumah.

https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2017/08/durian-sumbar.jpg?fit=1024%2C768&ssl=1https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2017/08/durian-sumbar.jpg?resize=150%2C150&ssl=1Nisa UkKulinerSumbarDurian,Pasaman
Siapa yang tidak mengenal durian, buah dengan duri pada permukaan kulitnya ini sangat digemari oleh masayarakat. Agan dan sista termasuk bukan? Kita akan membahas terkait Sambasam Kuliner khas Sumatera Barat yang tidak akan agan sista temukan dibelahan bumi manapun. Kuliner ini berasal dari fermentasi durian yang telah di diamkan beberapa...
The following two tabs change content below.