Kamu penyuka wisata yang memacu adrenalin? Jika iya, cobalah rafting di Ranto Canyon Brebes. Jangan berfikir bahwa Brebes hanyalah penghasil Telor asin semata tanpa lokasi wisata untuk liburan. Ranto Canyon, sebuah surga bagi pecinta alam dan Rafting.

Rafting di Ranto Canyon Brebes

Berenang di Ranto Canyon Bersama teman-teman | Litalia
©wisatawan.id

Terletak sederet dengan Pekalongan, Pemalang, dan Tegal di tepi Pantai Utara. Alam Brebes menyimpan banyak sekali “serpihan surga”. Ranto Canyon adalah contohnya, satu tempat wisata di Brebes yang sedang naik daun. Tempat ini bisa dibilang sebagai serpihan surga di antara tebing-tebing dan air terjun yang terletak di Desa Winduasri, Kabupaten Brebes.

Meskipun Brebes terkenal dengan hawa panasnya, namun Ranto Canyon merupakan tempat yang sejuk sebab berada di daerah dataran tinggi di bagian selatan Brebes. Berbeda  dengan Green Canyon, Ranto Canyon merupakan aliran sungai Cigunung yang berbatasan langsung dengan hutan tua yang masih jarang dikunjungi oleh masyarakat. Jadi tidak heran jika keindahan Ranto Canyon masih sangat alami dan murni.

Rafting di Ranto Canyon Brebes

Bermain di aliran sungai Ranto Canyon | Litalia
©wisatawan.id

Geografis Ranto Canyon
Ranto Canyon, atau yang sering disebut dengan Leuwih Ranto oleh masyarakat sekitar, pada awalnya merupakan sebuah sungai yang berada di bawah tebing-tebing terjal dengan ketinggian antara 10-20 m dan mengapit sebuah air terjun. Karena kontur daerahnya yang menyerupain Green Canyon, maka kemudian Leuwih Ranto lebih dikenal dengan nama Ranto Canyon.

Aliran sungai Ranto Canyon memiliki panjang 769 m dengan berhias bebatuan dan air terjun yang bergemericik seperti tirai. Ranto Canyon sangat cocok untuk kegiatan rafting.

Rafting di Ranto Canyon Brebes

Keindahan Alam Ranto Canyon | Litalia
©wisatawan.id

Berada di daerah dengan curah hujan yang tinggi, Ranto Canyon memiliki air terjun yang tidak pernah kering. Air terjun ini jatuh ke dalam kedung yang dari permukaan tampak kecil, tetapi sebenarnya cukup luas dan dalam. Secara landscape, Ranto Canyon hampir mirip dengan Green Canyon Pangandaran. Kedua obyek ini memanjakan mata pengunjung dengan keindahan alam yang asri dan teduh.

Bedanya, jika Green Canyon sudah lebih tertata, Ranto Canyon merupakan tempat wisata “perawan” yang masih sangat murni. Untuk dapat turun ke aliran sungai Ranto Canyon, kita masih harus menggunakan seutas tali yang dililitkan pada tubuh kita. Hal ini cukup menantang adrenalin, karena kita menuruni tebing dengan ketinggian puluhan meter hanya dengan seutas tali, dan dilanjut dengan Rafting yang menantang.

Rafting di Ranto Canyon Brebes

Keindahan Alam Ranto Canyon | Litalia
©wisatawan.id

Selain Rafting di Ranto Canyon Brebes, kita juga bisa melakukan banyak kegiatan seru lainnya. Salah satunya adalah Cliff Diving dan berenang. Nah, ternyata di Brebes kita dapat menemukan tempat wisata yang sedemikian asyik, ya.

Akses Dan Rute Ke Ranto Canyon
Dengan menggunakan kendaraan pribadi, lokasi Ranto Canyon bisa dicapai dengan 2 jam perjalanan dari pusat Brebes. Selama perjalanan menuju lokasi, kita akan disambut dengan hijaunya persawahan dan sejuknya udara di daerah dataran tinggi hingga ke pintu masuk kawasan Ranto Canyon. Kemudian dari sini, kita akan melanjutkan perjalanan melalui jalan setapak sepanjang 200 m untuk bisa sampai di Ranto Canyon.

Rafting di Ranto Canyon Brebes

Turun Ke Lokasi Ranto Canyon | Litalia
©wisatawan.id

Jangan khawatir, sebab untuk bisa masuk ke kawasan Ranto Canyon, kita tidak perlu membayar satu rupiah pun, alias gratis. Nah, untuk Anda yang ingin mencoba Arum Jeram, barulah Anda dikenakan biaya sewa perlengkapan dan pemandu sebesar Rp 30.000,-/orang.

Tips Sebelum Berenang Di Ranto Canyon
Ranto Canyon merupakan tempat wisata alam yang tidak bisa dilepaskan dari kegiatan olahraga arum jeram atau rafting. Karena itu, sebelum berenang di Ranto Canyon, ada baiknya jika melakukan tips-tips berikut ini:

  • Pastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat
  • Bawalah baju ganti jika ingin berenang atau ingin rafting di Ranto Canyon Brebes ini. Di daerah sekitar masih jarang ada penjual baju, jadi pastikan anda menyediakanya sendiri.
  • Pastikan baterai kamera dan ponsel terisi penuh, sebab moment berenang di antara keindahan alam Ranto Canyon sangat sayang untuk tidak diabadikan dalam bentuk foto atau video. Oh ya, bawalah kamera air atau kamera handphone yang sudah anda bungkus dengan pelindung.
  • Bawa bekal selama perjalanan untuk mencegah Anda merasa lapar sebelum dan sesudah berenang. Ini penting agar Anda tidak kram saat berenang. Lagipula, disana masih jarang yang jual makanan.

Wisata lainnya: Golden Sunrise di puncak Gunung Prau.

Nah, bagaimana? Apakah Anda semakin penasaran dengan tempat ini dan ingin mencoba rafting di Ranto Canyon Brebes? Tempat wisata yang sedang hits di kalangan anak muda Brebes ini cocok sekali dikunjungi dengan teman-teman atau bersama rekan kerja untuk tour bersama menikmati alam. Setelah dari tempat ini anda bisa keliling kota brebes mencari berbagai telor asin.

https://i2.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/06/Berenang-di-Ranto-Canyon.jpg?fit=800%2C469&ssl=1https://i2.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/06/Berenang-di-Ranto-Canyon.jpg?resize=150%2C150&ssl=1litaliaJatengWisata AlamBrebes,Rafting,wisata air,Wisata Ekstrim
Kamu penyuka wisata yang memacu adrenalin? Jika iya, cobalah rafting di Ranto Canyon Brebes. Jangan berfikir bahwa Brebes hanyalah penghasil Telor asin semata tanpa lokasi wisata untuk liburan. Ranto Canyon, sebuah surga bagi pecinta alam dan Rafting. Berenang di Ranto Canyon Bersama teman-teman | Litalia ©wisatawan.id Terletak sederet dengan Pekalongan, Pemalang, dan Tegal...
The following two tabs change content below.

litalia

Writer at Wisatawan.id
Sebagai anak jurusan pendidikan sejarah, tentu saya menyukai perjalanan. dalam setiap perjananan pula, akan saya abadikan dalam memori dan jepretan kamera.