Sebagian dari kalian mungkin belum familiar dengan destinasi wisata yang ada di Sulawesi Selatan, namun beberapa tempat di sini patut masuk dalam list rencana kunjungan Anda. Kenapa? Karena Sulawesi Selatan menawarkan beragam destinasi wisata yang tak kalah indah. Sebut saja Tana Toraja, Kebun Teh Malino, Pantai Bira, Pantai Losari, Benteng Roterdam, Pulau Samalona, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pantai pulau Samalona, Makassar

Menikmati pasir putih Pantai Samalona, Makassar | Raranasir
©wisatawan.id

Pada tulisan kali ini, saya akan berbagi cerita tentang perjalanan saya ke Pulau Samalona. Kalian mungkin belum pernah mendengar tentang pulau cantik satu ini. Padahal pulau ini terletak tidak jauh dari Pantai Losari loh, yang menjadi salah satu destinasi wajib bagi kalian yang sedang menghabiskan liburan di Kota Daeng (Makassar).

Pertama kali datang ke tempat ini, saya langsung jatuh cinta pada pesona keindahan laut dan bentangan pasir putihnya yang luar biasa indah. Hamparan air lautnya yang bening dan suasananya yang tidak begitu ramai menjadikan seolah-olah kita sedang berada di pulau pribadi loh.

Maklumlah pulau kecil berukuran 2 hektar ini hanya dihuni oleh beberapa keluarga dan hanya pada musim-musim tertentu pulau ini ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Untuk menikmati air laut bening berwarna Turquoise, kalian tidak harus berlama-lama terombang-ambing di laut lepas karena jarak pulau ini hanya 2 kilometer saja dari kota Makassar. Tertarik berwisata ke sini? Jika ia, berikut ini beberapa informasi yang mungkin kamu butuhkan sebelum mengunjungi Pulau Samalona.

Perkiraan Biaya Berwisata Ke Pulau Samalona

Jika ingin berkunjung ke pulau ini, kalian harus menaiki speedboat atau perahu kecil dari Makassar ke Pulau. Kalian bisa naik dari Dermaga Kayu Bangkoa yang letaknya tepat di seberang Benteng Rotterdam. Dari sana kalian bisa menawar harga speedboat dengan pengelola kapal. Semakin banyak orang yang bersama kalian, maka akan semakin murah. Jadi ayo ajak teman-teman dan keluarga menikmati keindahan pulau ini yaa.

Untuk perjalanan PP, biayanya berkisar antara Rp 400.000-500.000. namun seperti yang saya jelaskan tadi bahwa kalian bisa menyiasati ini dengan membawa rombongan untuk sharing cost dan menawar harga.

Jika kalian berkunjung ke sana bukan di musim liburan, saya jamin harganya akan jauh lebih murah. Sehingga kalian sebaiknya merencanakan liburan bukan di musim liburan karena di saat itu pulau kecil ini akan dipenuhi pengunjung.

Selanjutnya yang perlu kalian ketahui adalah karena jarak pulau ini yang dekat dari Makassar, jadi kalian tidak perlu menginap di Pulau ini. kalian bisa ke sana di pagi hari lalu pulang saat sore hari. Sehingga kalian tidak perlu merogoh kocek lebih dalam lagi untuk menyewa penginapan, bukan?

Pulau yang didiami oleh kurang dari 10 KK ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk wisatawan. Jadi tidak perlu khawatir dengan kenyamanan berwisata ke tempat ini. Perlengkapan umum seperti toilet, tempat ibadah, homestay, dan warung makan siap memanjakan pengunjung. Uniknya lagi, jika kalian tertarik mencicipi kuliner khas Makassar, khususnya seafood maka kalian bisa memesan ke warga untuk dibuatkan sehingga kalian bisa menikmati cita rasa Makassar tersebut di pinggir pantai. Sudah kebayang kan enaknya. Makanan khas Makassar akan siap memanjakan lidah kalian.

Keindahan Bawah Laut

Satu aktivitas yang tidak boleh terlupakan ketika berkunjung ke pulau adalah menikmati keindahan bawah laut. Berenang dengan ikan-ikan cantik sambil melihat pemandangan karang yang berwarna-warni, dijamin akan menjadi pengalaman liburan yang tak akan terlupakan untuk kalian. Nah, di Pulau Samalona, sudah ada tempat penyewaan perlengkapan snorkeling dan diving. Jadi kalian tidak perlu membawa perlengkapan dari luar untuk menikmati itu semua.

Sewa alat snorkeling dan diving berkisar antara Rp 50.000 – Rp 100.000 per orang. Jika ingin murah, pandai-pandai menawar yaa. Dijamin budget yang kalian keluarkan juga akan semakin murah dengan keahlian satu ini.

Kamu juga bisa menikmati keindahan pantai sambil melihat aktivitas masyarakat nelayan di Pulau ini. Menikmati semilir angin kota Daeng sambil mengabadikan moment-moment kebersamaan dengan orang-orang terkasih.

Pantai pulau Samalona, Makassar

Lokasi pemancingan Pulau Samalona, Makassar | Raranasir
©wisatawan.id

Salah satu daya tarik yang menjadikan lokasi ini begitu artistik adalah keberadaan pohon-pohon meranggas di pinggir pantai dan rumah apung yang sering digunakan nelayan untuk memancing. Menikmati eksotisme pulau kecil dengan berbagai aktivitas masyarakatnya tentu akan membuat kalian sejenak melupakan rutinitas sehari-hari yang melelahkan.

Wisata menarik lainnya: Bahari Karimunjawa.

Pulau yang menjadi kebanggaan warga Makassar tetap harus dijaga kelestariannya. Sebagai generasi muda yang peduli lingkungan, apalagi bagi kalian yang suka travelling, konsep responsible eco-tourism harus menjadi acuan bagi kita.

Jadilah wisatawan yang bertanggungjawab. Ini bisa kalian lakukan dari hal-hal sederhana. Misalnya tidak membuang sampah sembarangan di lokasi wisata. Jika tidak menemukan tempat sampah, sebaiknya sampah-sampah kalian, terutama sampah an-organik dibawa pulang aja yaa. Kan kasian kalau lautnya tercemar oleh aksi tidak bertanggungjawab kita. Jadi gimana? Siap memulai liburan berkesan kamu di kota Daeng?

https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/07/RIMG1221-Copy_1.jpg?fit=640%2C427&ssl=1https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/07/RIMG1221-Copy_1.jpg?resize=150%2C150&ssl=1RaranasirKepulauanMakassar,Sulsel
Sebagian dari kalian mungkin belum familiar dengan destinasi wisata yang ada di Sulawesi Selatan, namun beberapa tempat di sini patut masuk dalam list rencana kunjungan Anda. Kenapa? Karena Sulawesi Selatan menawarkan beragam destinasi wisata yang tak kalah indah. Sebut saja Tana Toraja, Kebun Teh Malino, Pantai Bira, Pantai Losari,...
The following two tabs change content below.

Raranasir

Explorer
Lulusan Hubungan Internasional yang senang berpetualang, membaca karya sastra, dan menulis. Silahkan berkunjung ke blog pribadi hijrahnasir.wordpress.com dan cerita perjalanan litondreams.blogspot.com