Pantai Laguna Helau terletak di Desa Ketapang, Kelurahan Way Urang, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan. Namun sekarang pantai ini berubah namanya menjadi Alau-Alau Boutique Resort. Keindahan pantai yang letaknya tidak jauh dari Pelabuhan Bakauheni masih sangat alami dan belum banyak yang mengetahuinya.

pantai laguna helau lampung selatan

©wisatawan.id/Anggia Rumiris

Akses Menuju Lokasi

Pantai ini terletak di desa terpencil. Jadi, saya sarankan bagi sobat yang ingin berlibur ke pantai ini sebaiknya menggunakan jasa travel atau agen perjalanan karena berdasarkan pengalaman beberapa wisatawan yang pernah berkunjung ke pantai ini banyak yang mengaku kesulitan mencari alamat pantai ini, bahkan ada yang sampai tersesat. Jadi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan lebih baik kita mencari aman saja. Tidak inginkan niat kita berlibur malah berubah menjadi marabahaya.

Harga Tiket Masuk

Pantai Laguna Helau tidak menjual tiket masuk namun bagi para pengunjung diwajibkan untuk menyewa cottage. Harganya cukup mahal, sih, kalau sobat berkunjung ke pantai ini hanya sendiri saja. Harga cottage ukuran kecil (kapasitas maksimal 5 orang) Rp.250.000 sedangkan cottage ukuran besar (kapasitas maksimal 15 orang) Rp.800.000. So, saya sarankan sobat lebih baik membawa keluarga atau teman-teman sehingga bisa sedikit berhemat. Cottage besar terdiri dari 4 kamar tidur, dapur, 2 toilet, tersedia: dispenser, kulkas, galon, kompor, TV, meja makan dan sofa. Fasilitas cottage kecil saya kurang tahu karena saat itu saya hanya menyewa cottage besar yang spotnya menghadap langsung ke laut.

Eksotisme Pantai Laguna Helau

Keindahan Pantai Laguna sudah tidak usah diragukan lagi. Pasir putih bersih dan lembut yang terhampar luas di pantai ini. Selain itu Gunung Raja Basa yang menjulang di hadapan pantai ini menambah keindahan dan keeksotisan pantai ini. Pemandangan menjelang senja dengan warna langit jingga dan matahari mulai perlahan-lahan menenggelamkan dirinya ke balik Gunung Raja Basa merupakan momen yang paling ditunggu wisatawan yang berlibur di pantai ini. Namun sayang karena keterbatasan waktu saya tidak bisa menikmati pemandangan ini karena harus pulang lebih awal. Oh, ya, sekedar info, di Pantai ini jika tidak ingin menginap tidak menjadi masalah bahkan harganya sedikit lebih murah.

Di pantai ini dilarang mandi karena pantai ini termasuk laut lepas dan terdapat palung laut tidak jauh dari bibir pantai. Jika sobat yang ingin menikmati kesegaran air laut Pantai Laguna, jangan khawatir, sobat masih bisa, kok, berenang di bibir pantainya. Air laut di sini sangat segar dan sedikit dingin. Di pantai ini tidak menyewakan ban ataupun pelampung jadi sobat harus membawanya sendiri dari rumah jika ingin menggunakannya. Bagi sobat yang membawa anak-anak saya sarankan untuk lebih waspada dan hati-hati karena pantai ini sebenarnya kurang ramah untuk anak-anak. Selain lautnya yang dalam, suasana disini juga sangat sepi jika tidak musim liburan.

Spot Menarik Pantai Laguna Helau

Hamparan pasir putih dan lembut disini sangat cocok buat sobat yang hoby bermain pasir. Bagi sobat yang membawa anak-anak, cocok juga, nih, buat menambah kedekatan bersama anak dengan bermain pasir bersama anak membuat bangunan goa, kerajaan, atau bentuk lainnya dari pasir pantai. Di sini juga sobat bisa berjemur ala-ala bule gitu karena sinar matahari di sini tidak telalu panas dan tidak terlalu redup juga pokoknya pas deh buat berjemur. Di sini juga terdapat beberapa pondokan-pondokan kecil untuk beristirahat untuk menikmati bekal makanan dengan menghadap ke pantai dan diiringi suara deburan ombak. Cocok buat pasangan yang ingin menikmati suasana makan romantis.

Bagi para pecandu selfie atau fotografer disini terdapat banyak spot-spot menarik untuk diabadikan. Dipinggir Pantai Laguna terdapat batu-batu karang besar, sedang, maupun kecil. Batu-batu karang tersebut tersusuan acak namun susunannya terdapat unsur seni jika sobat bisa mengambil angel yang tepat. Spot batu karang ini adalah spot terfavorit dari Pantai Laguna Helau. Sobat bisa befoto selfie diatas batu dengan background pemandangan laut Pantai Laguna Helau. Atau sobat bisa berfoto di bibir pantai dengan background laut dan Gunung Raja Basa atau dengan background cottage kayu penginapan yang unik. Namun sayang cottage kayu di sini kurang terawat warnanya sedikit usang terbakar sinar matahari

pantai laguna helau lampung selatan

©wisatawan.id/Anggia Rumiris

Tips Menginap di Pantai Laguna Helau

Bagi sobat yang menginap di Pantai Laguna Helau, sobat bisa mengadakan acara barbeque dipinggir pantai dilengkapi api unggun untuk menambah keakraban. Lebih menyenangkan jika sobat mengadakan games. Bagi para pasangan bisa makan malam romantis dipinggir pantai atau duduk bersantai dipinggir pantai sambil memandangi keindahan laut dan Gunung Raja Basa yang nampak indah ketika terkena pantulan sinar rembulan dan bintang. Ditambah suara deburan ombak yang menambah suasana keromantisan sobat. Oh,ya, dipantai ini tidak ada yang berjualan dan jauh dari pasar jadi saya sarankan untuk membawa bekal lebih banyak. Selain itu pengamanan di sini juga kurang jadi perlu waspada ekstra jika menginap.

Pantai lain: Pantai Sariringgung Lampung.

Pantai Laguna Helau sangat cocok bagi sobat yang ingin berlibur bersama keluarga, mengadakan reuni atau pesta perpisahan dengan teman sekolah atau kuliah, atau bagi sobat yang pasangan pengantin baru, pantai ini juga banyak,kok, digunakan untuk berbulan madu dan tempat foto pra wedding. So, ayo tambahkan Pantai Laguna Helau ke daftar tempat yang wajib dikunjungi saat liburan.

https://i1.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2017/01/pantai.laguna.jpg?fit=640%2C480&ssl=1https://i1.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2017/01/pantai.laguna.jpg?resize=150%2C150&ssl=1Anggia RumirisLampungPantaiLampung Selatan
Pantai Laguna Helau terletak di Desa Ketapang, Kelurahan Way Urang, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan. Namun sekarang pantai ini berubah namanya menjadi Alau-Alau Boutique Resort. Keindahan pantai yang letaknya tidak jauh dari Pelabuhan Bakauheni masih sangat alami dan belum banyak yang mengetahuinya. ©wisatawan.id/Anggia Rumiris Akses Menuju Lokasi Pantai ini terletak di desa...
The following two tabs change content below.

Anggia Rumiris

Anak sulung dari dua bersaudara yang selalu mengisi waktu luang dengan menonton drama korea. Lebih suka berlibur ke tempat-tempat yang unik, baru, dan menarik. Sangat tidak menyukai ketinggian dan tempat-tempat ekstrem.