Pesona Arsitektur China di Klenteng Sam Poo Kong Semarang, WISATAWAN.ID – Jika mendengar nama kota Semarang, maka tentunya anda pernah mendengar tentang Klenteng Sam Poo Kong. Klenteng Sam Poo Kong merupakan salah satu tempat ibadah sekaligus tempat wisata yang terdapat di Kota Semarang, tepatnya di daerah Simongan, sebelah barat daya kota Semarang.

Foto: Litalia @Koleksi WISATAWAN.ID
Pesona Arsitektur China di Klenteng Sam Poo Kong
Nama Klenteng Sam Poo Kong juga dikenal dengan nama Gedong Batu berasal dari asal muasal daerah ini yang dulunya adalah sebuah goa batu besar. Kata Gedong Batu berasal dari Kedong Batu, yang berarti tumpukan batu yang digunakan untuk membendung sungai. Uniknya, goa batu yang berada di kawasan ini memiliki mata air yang tidak pernah kering, dan dipercayai pernah ditinggali oleh Zheng He (Laksamana Cheng Ho), seorang Laksamana tiongkok yang beragama Islam.

Klenteng Sam Poo Kong merupakan bangunan tunggal dengan atap bersusun. Klenteng ini memiliki sedikit perbedaan dengan klenteng yang lain, terutama di bagian serambi. Jika klenteng lain mempunyai serambi yang terpisah, lain halnya dengan klenteng Sam Poo Kong yang tidak memiliki serambi yang terpisah.

Hampir seluruh bangunan di kawasan Sam Poo Kong berwarna merah yang merupakan warna khas bangunan atau budaya bangsa China. Saat ini Sam Poo Kong dijadikan sebagai tempat peringatan, tempat pemujaan, bersembahyang, serta digunakan sebagai tempat ziarah.  Karena itu di bagian tengah klenteng, tepatnya di goa batu diletakkan sebuah altar dan patung-patung Sam Po Tay Djien. Altar ini digunakan sebagai ruang pemujaan Sam Po. Meskipun Laksamana Cheng Ho adalah seorang muslim, namun masyarakat Kong Hu Cu atau Tau menganggap bahwa arwah orang yang sudah meninggal dapat memberikan pertolongan kepada mereka. Sehingga di klenteng ini sering di adakan pemujaan terhadap Laksamana Cheng Ho.

Bangunan inti dari kompleks klenteng ini adalah goa batu yang telah dijelaskan sebelumnya. Goa ini dikelilingi dengan satu klenteng besar dan dua tempat sembahyang yang lebih kecil. tempat-tempat sembahyang ini dinamai sesuai dengan peruntukkannya. Klenteng terbesarnya, Klenteng Thao Tee Kong digunakan untuk pemujaan kepada Dewa Bumi. Kemudian ada juga Tempat pemujaan Kyai Juru Mudi yang berupa makam juru mudi kapal Laksamana Cheng Ho, serta tempat pemujaan Kyai Jangkar karena di situ terdapat jangkar asli kapal Laksamana Cheng Ho. Karena tempat-tempat ini adalah tempat sembahyang, maka tidak sembarang orang diperbolehkan untuk memasukinya. Pengunjung yang tidak melakukan pemujaan harus cukup berpuas diri dengan melihat keindahan bangunan Sam Poo Kong dari balik pagar.

Beberapa perayaan juga sering diadakan di Klenteng Sam Poo Kong. Salah satunya adalah perayaan datangnya Laksamana Cheng Ho ke Semarang. Perayaan ini diawali dengan upacara agama di Kuil Tay Kak Sie, kemudian dilanjutkan dengan arak-arakan patung Sam Poo Kong dari Kuil tersebut menuju ke Gedong Batu.

Foto: Litalia @Koleksi WISATAWAN.ID
Pesona Arsitektur China di Klenteng Sam Poo Kong
Patung-patung tersebut kemudian diletakkan berdampingan dengan patung Sam Poo Kong yang asli setinggi 10,7 meter. Tentu saja perayaan ini dimeriahkan dengan berbagai acara tambahan seperti bazaar dan festival barongsai. Selain perayaan datangnya Laksamana Cheng Ho ke Semarang, perayaan lain yang juga dilakukan selalu digelar di Klenteng Sam Poo Kong adalah perayaan Hari Raya Imlek atau Tahun Baru China.

Fasilitas

Klenteng Sam Poo Kong difasilitasi dengan  toko cinderamata, dan stand berfoto dengan kostum khas tionghoa. Untuk berfoto dengan kostum Tionghoa, anda perlu merogoh kocek anda sebesar Rp 80.000,-. Stand ini dibuka mulai dari jam 09.00 WIB dan tutup pada jam 17.00 WIB.

Akses menuju lokasi

Untuk menuju ke Klenteng Sam Poo Kong anda bisa menggunakan banyak cara. Antara lain dengan memanfaatkan kendaraan pribadi ataupun dengan menggunakan jasa transportasi umum. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, anda bisa menuju ke Kota Semarang, tepatnya ke daerah Tugu Muda atau RSUP Kariadi. Dari RSUP Kariadi anda tinggal mengambil jalur  Kaligarang. Susuri saja jalan Kaligarang dan anda akan menemukan Klenteng Sam Poo Kong.

Sedangkan untuk anda yang menggunakan jasa transportasi umum jurusan Banyumanik-Mangkang via Pamularsih, anda bisa turun langsung di depan kompleks Sam Poo Kong. Jika anda menggunakan jasa Bus Trans Semarang, anda bisa turun di Shelter Kariadi atau Shelter Ada Bulu (tergantung anda naik Bus Trans Semarang jurusan yang mana). Dari shelter tersebut anda bisa meneruskan perjalanan dengan menggunakan becak atau ojek menuju ke Klenteng Sam Poo Kong.

Tempat Wisata Terdekat

  1. Lawang Sewu

Bangunan Lawang Sewu terletak di kawasan Tugu Muda Semarang, tidak jauh dari Klenteng Sam Poo Kong. Lawang sewu terkenal dengan arsitekturnya yang kental dengan budaya belanda, serta kisah mistisnya yang melekat dengan sejarah bangunan ini hingga sekarang. Dulunya bangunan ini merupakan kantor perusahaan kereta api belanda, kemudian dijadikan sebagai penjara bawah tanah oleh tentara jepang. Lawang Sewu terkenal karena memiliki banyak pintu dan jendela, sehingga dinamakan Lawang Sewu yang artinya seribu pintu

Baca selengkapnya: Wisata lawang sewu.

  1. Tugu Muda

Tugu muda adalah monumen yang dibangun untuk memperingati peristiwa pertempuran lima hari di Semarang. Di sekeliling Tugu ini ada taman cantik yang dibangun untuk menjadikan Kawasan Tugu Muda sebagai taman kota. Dipercantik dengan air mancur dan lampu berwarna-warni, taman ini cocok dijadikan tempat bersantai sambil memandang keindahan Tugu muda dan Lawang Sewu yang berada tepat di depan anda.

Rekomendasi

Klenteng Sam Poo Kong cocok untuk anda yang beragama muslim maupun Kong Hu Cu, sebab disini anda bisa ‘Napak Tilas’ perjalanan sejarah Laksamana Cheng Ho. Namun, Klenteng Sam Poo Kong bisa didatangi oleh siapa saja yang ingin menikmati keindahan arsitekturnya. Atau jika anda memiliki hobi fotografi, anda bisa mencoba mengasah keterampilan anda untuk mengambil gambar tentang sisi-sisi bangunan klenteng ini atau-pun menggunakan bangunan klenteng sebagai latar belakang foto anda.

https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/05/klenteng-sam-poo-kong-1.jpg?fit=768%2C563&ssl=1https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/05/klenteng-sam-poo-kong-1.jpg?resize=150%2C150&ssl=1litaliaBerbudayaJatengKlenteng,Semarang,Wisata Bangunan Tua,Wisata Sejarah
Pesona Arsitektur China di Klenteng Sam Poo Kong Semarang, WISATAWAN.ID - Jika mendengar nama kota Semarang, maka tentunya anda pernah mendengar tentang Klenteng Sam Poo Kong. Klenteng Sam Poo Kong merupakan salah satu tempat ibadah sekaligus tempat wisata yang terdapat di Kota Semarang, tepatnya di daerah Simongan, sebelah barat...
The following two tabs change content below.

litalia

Writer at Wisatawan.id
Sebagai anak jurusan pendidikan sejarah, tentu saya menyukai perjalanan. dalam setiap perjananan pula, akan saya abadikan dalam memori dan jepretan kamera.