Dari Jogja Ke Solo, Perjalanan Sederhana Penuh Liku, WISATAWAN.ID – Jarak antara kota jogja dan kota Solo memang tidak terlalu jauh, hanya berjarak sekitar 70 KM saja. Sangat mudah ditempuh namun akan beda cerita jika si pengendara lupa jalan. Yap, baru-baru ini saya sendiri yang mengalaminya, saya melakukan perjalanan dari jogja ke solo menggunakan motor untuk suatu keperluan dengan mama saya.

Perjalanan Dari Jogja Ke Solo

Foto: @mudikjoglo/twitter.com

Sebelumnya saya memang sudah beberapa kali bolak-balik dari jogja ke solo, tapi itu saya selalu mengikuti rute yang sudah ditentukan oleh orang yang sudah hafal jalannya, kakak dan paman saya. Dan ini merupakan pengalaman pertama saya tanpa mengikuti rute orang lain, dan akibatnya adalah nyasar sampai kemana-mana. Ditambah lagi kondisi jalan yang kagak karuan bikin deg-degan saja.

Parahnya lagi, mamaku yang aslinya orang solo juga lupa jalannya, pelupa namun ngotot, itulah ibu ku yang memang bikin tambah parah perjalanan kali ini.

Dari awal perjalanan, mulai dari masih di jogja, saya sudah paham bahwa aku tidak tahu rutenya, maka dari itu saya sudah men-set peta ke kota solo sesuai dengan tujuan. Namun mau dikata, namanya aja orang tua yang kadang sok tahu tapi hasilnya zonk. Ibuku mengarahkanku ke suatu persimpangan, awalnya saya kira ibuku tahu jalan lain untuk menuju ke tempat tujuan, saya pun mengikuti arahannya (keluar dari jalur peta). Tapi beneran deh, sesat banget percaya sama ibu ku, hasilnya zonk banget kesasar kemana-mana.

Di solo, tujuan saya adalah di daerah Pucangsawit, Jebres, tepatnya di sekitaran jalan Ir. Juanda. Dan saya mulai tersesat setelah memasuki daerah Kartasura. Dari kartasura, awalnya saya berniat untuk langsung menuju jalan jalan Brigjend. Slamet Riyadi, belok kiri menuju jalan Jend. Urip Sumoharjo, kemudian belok kanan langsung menuju jalan Ir. Juanda, sampai deh di tujuan, jalur yang ditentukan GPS sudah sederhana dan mudah banget.
Perjalanan Dari Jogja Ke SoloTapi ya itu tadi, ibuku manusia kuno yang sulit percaya dengan teknologi masa kini. Dengan PDnya, dari kartasura beliau langsung menyuruh saya belok kiri ke jalan Adi Sumarmo, kalau saya inget-inget kembali perkataannya, penekanannya itu lho yang meyakinkan banget, ditambah dengan ngototnya minta ampun. Akhirnya aku mengikutinya karena saya kira dia tahu jalan yang lebih pintas dari peta.

Ketika itu saya bertanya “Bu, kok lewat sini?”dia jawab “iya dong, mau lewat mana lagi” aku langsung jawab “tapi bu, kalau di GPS bukan lewat jalan ini, nanti malah ambil jalan memutar yang jauh banget” dia pun dengan seenanknya jawab “hahaha, peta mu salah tuh, dah tutup aja”.

Setelah beberapa menit, akhirnya malapetaka datang, dia blank bro, ternyata dia mengira bahwa jalan tersebut menuju keraton Surakarta. Kalau tidak salah, saat itu kita ada di daerah Colomadu. Bukannya dapat jalan pintas, kita malah ambil jalan memutar yang cukup jauh.

Akhirnya saya bukan GPS lagi, saya set dari lokasi saat itu ketempat tujuan. Rute sudah ditentukan, dengan nada yang tegas saya meyakinkan ibu saya untuk nurut jalan yang ditunjukkan GPS. Saya heran, saat itu dia nurut aja, enggak kayak biasanya yang ngotot abis, mungkin dia merasa bahwa arahan sebelumnya memang salah, hahaha.

Selang beberapa menit, walau menempuh jalan yang memutar, akhirnya kita sampai ditujuan, di jalan Ir. Juanda daerah Jebres, Pucangsawit.

Hikmah yang bisa kita ambil, persiapkanlah segalanya untuk perjalanan kamu, apalagi ketika kamu tidak berpengalaman dan asing di suatu daerah. Santai saja jika kamu kesasar, enggak bakalan hilang, ada banyak solusi yang bisa kamu terapkan, salah satunya adalah dengan mempersiapkan GPS, selain itu kamu juga bisa memperhatikan plang jalan yang ada.

Jangan malu bertanya, kalau kamu memang bingung enggak ada salahnya bertanya sama orang lain, syukur-syukur bertanya dengan polisi. Dan jangan lupa, tetep patuhi rambu-rambu lalu lintas!

Itu adalah pengalaman perjalanan saya yang konyol namun mengesankan. Kalau kamu juga punya pengalaman perjalanan dan ingin berbagi ke orang lain, silahkan kirim ke kami, kami akan segera mempublikasikannya.

https://i2.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/03/joglo.jpg?fit=500%2C499&ssl=1https://i2.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/03/joglo.jpg?resize=150%2C150&ssl=1Agung MujtabaIntermezzojogja,solo
Dari Jogja Ke Solo, Perjalanan Sederhana Penuh Liku, WISATAWAN.ID – Jarak antara kota jogja dan kota Solo memang tidak terlalu jauh, hanya berjarak sekitar 70 KM saja. Sangat mudah ditempuh namun akan beda cerita jika si pengendara lupa jalan. Yap, baru-baru ini saya sendiri yang mengalaminya, saya melakukan perjalanan...
The following two tabs change content below.

Agung Mujtaba

Administrator at Wisatawan.id
Saya berpikir, sesuatu hal pantas dikatakan indah jika terlihat sama dengan fotonya.