Akhir-akhir ini, mendaki gunung menjadi tren baru. Semenjak kemunculan film sensasional 5cm ditambah merebaknya acara bertemakan trip and journey. Mendaki gunung yang tadinya hanya dilirik sebagian orang kini menarik minat banyak orang, tak terkecuali saya. Sebagai pendaki pemula, teman-teman menyarankan saya untuk memulai pengalaman mendaki gunung dengan mencoba pendakian Gunung Prau.

Pendakian Gunung Prau

Golden Sunrise yang begitu indah di Gunung Prau pagi Hari | Litalia
©wisatawan.id

Gunung Prau memiliki ketinggian 2565 mdpl dan terletak di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah. Gunung ini boleh dibilang tak terlalu tinggi. Secara geologis, menjadi batas tiga kabupaten, yaitu Batang, Kendal, dan Wonosobo. Sehingga Gunung Prau memiliki tiga jalur pendakian, yaitu melalui jalur Pranten Kecamatan Bawang Kabupaten Batang, Jalur Patak Banteng Kabupaten Wonosobo, dan Jalur Kanjuran Kabupaten Kendal. Dan saya memilih jalur kedua. Mengapa? Berikut ulasanya.

Medan Pendakian Gunung Prau

Tidak seperti benak saya yang telanjur membayangkan medan pendakian yang berat dan terjal seperti yang ada di film-film, jalur pendakian Gunung Prau merupakan trek yang cukup santai. Untuk pendaki pemula, Gunung ini cukup mudah untuk ditaklukan. Jalur yang paling sering dilalui adalah jalur Patak yang berada di Wonosobo. Sebab melalu jalur ini, pandaki akan dimanjakan dengan penampakan asri dataran tinggi Dieng yang berupa hamparan sayur mayur dan tebing curam.

Sebelum mendaki, kita juga akan disapa terlebih dahulu dengan udara sejuk khas Pegunungan Dieng, dan semakin bertambah dingin saat mendaki. Air hangat yang dibawa pun bisa dengan segera menjadi dingin, lho.

Pendakian Gunung Prau

Lokasi Mendirikan Tenda Di Gunung Prau | Litalia
©wisatawan.id

Dari basecamp pendakian, kita akan disambut dengan keadaan langit yang seringkali berkabut. Kabut inilah yang menyebabkan kita tidak bisa melihat puncak Gunung Prau dari basecamp. Kemudian dari basecamp, perjalanan dimulai dengan melewati gang kecil di antara rumah-rumah penduduk menuju ke lahan pertanian. Pada awal pendakian, pemandangan yang akan terlihat pertama kali adalah hamparan tanaman buah dan sayur seperti carica, kentang, tomat, sawi, kol, terong belanda, dan cabai.

Semakin tinggi pendakian, pemandangan akan berganti dengan tampilan kawasan hutan yang dikeliling pohon-pohon pinus. Sementara jika sudah sampai i puncak, kita akan menemukan area landai yang seringkali dijadikan tempat pendirian pendaki yang datang ke Gunung Prau. Nah, dari atas sini pula kita akan melihat pemadangan yang akan membayar lunas rasa lelah karena perjalanan selama pendakian.

Pemandangan dari Atas Gunung Prau

Satu hal yang menjadi daya tarik utama Gunung Prau adalah Golden Sunrise yang bisa kita saksikan langsung dari puncak Gunung Prau. Pemandangan saat semburat sinar matahari mulai muncul di sela-sela awan hingga Sang Matahari menunjukkan dirinya, inilah yang mampu membius setiap pendaki yang datang ke sini.

Pendakian Gunung Prau

Keindahan Desa Dari Atas Gunung Prau | Litalia
©wisatawan.id

Kita serasa berada di negeri di atas awan, dengan melihat langsung matahari berada tepat di atas awan-awan. Hamparan tanah Dieg yang hijau, perbukitan yang meliuk-liku, pedesaan yang tampak kecil seperti miniatur, dan bahkan, pemandangan Telaga Warna dari kejauhan. Pokoknya, kita tidak akan pernah kehabisan stok foto untuk diunggah ke jejaring sosial jika berfoto dengan latar pemandangan Gunung Prau.

Timing yang “Pas” untuk Mendaki Gunung Prau

Kapan waktu yang tepat mendaki Gunung Prau? Waktu yang tepat untuk melakukan pendakian Gunung Prau adalah di saat musim Kemarau. Kondisi yang jarang turun hujan membuat jalur pendakian menjadi kering dan cenderung tidak becek, sehingga lebih mudah untuk dilalui.

Selain itu, akan jauh lebih mudah mencari lokasi strategis untuk tempat camping jika kondisi tanah sedang bersahabat. Hujan dan mendung juga dipastikan tidak akan menghalangi pemandangan sunrise dari Gunung Prau, jika kita datang saat musim kemarau. Kita tentu saja tidak ingin melewatkan keindahan Golden Sunrise-nya begitu saja, kan.

Pendakian Gunung Prau

Golden sunrise di atas Gunung Prau | Litalia
©wisatawan.id

Pendakian ke puncak Gunung Prau juga tidaklah lama. Jika melalui jalur yang berada di kabupaten Kendal, kita akan membutuhkan waktu paling lama 6 jam untuk bisa sampai di puncak. Sedangkan jika melewati jalur Patak, kita hanya perlu waktu yang relatif singkat, karena membutuhkan waktu sekitar dua hingga tiga jam saja.

Obyek Wisata Dekat Pendakian Gunung Prau

Selain pemandangan yang luar biasa cantik dengan medan yang cukup mudah, Gunung Prau juga memiliki akses yang dekat dengan tempat-tempat wisata di kawasan Dieng. Seperti Candi Arjuna, Telaga Sikidang, dan Bukit Sikunir. Di sekitar komplek candi Arjuna bahkan tersedia homestay yang bisa dimanfaatkan untuk menginap.

Kamu pasti terbius juga: Sunrise Bukit Sikunir.

Pendakian Gunung Prau

Golden sunrise yang semakin tinggi di pagi hari | Litalia
©wisatawan.id

Jadi, untuk anda yang memiliki waktu libur yang cukup panjang, anda bisa mencoba untuk datang ke sini. Anda bisa bertamasya sekaligus menantang diri Anda dengan pengalaman mendaki. Dimana lagi bisa mendapatkan paket komplit seperti ini?

https://i1.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/06/Golden-Rise-di-atas-Gunung-Prau.jpg?fit=960%2C720&ssl=1https://i1.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/06/Golden-Rise-di-atas-Gunung-Prau.jpg?resize=150%2C150&ssl=1litaliaHikingDieng,Gunung,Panorama Alam,Sunrise
Akhir-akhir ini, mendaki gunung menjadi tren baru. Semenjak kemunculan film sensasional 5cm ditambah merebaknya acara bertemakan trip and journey. Mendaki gunung yang tadinya hanya dilirik sebagian orang kini menarik minat banyak orang, tak terkecuali saya. Sebagai pendaki pemula, teman-teman menyarankan saya untuk memulai pengalaman mendaki gunung dengan mencoba pendakian...
The following two tabs change content below.

litalia

Writer at Wisatawan.id
Sebagai anak jurusan pendidikan sejarah, tentu saya menyukai perjalanan. dalam setiap perjananan pula, akan saya abadikan dalam memori dan jepretan kamera.