Pemandian Air Panas Alami Promasan Greeland Gonoharjo, WISATAWAN.ID – Pemandian air hangat selalu menampati posisi nomor satu di daftar tempat perjalanan wisata saya. terutama karena setelah berendam di air hangat, tubuh saya terasa lebih segar. Kandungan belerang mampu memberikan efek posistif pada tubuh saya. Itulah mengapa saya hampir selalu pemandian air hangat.
[image-caption-hover id=”21″] Dalam catatan perjanan saya yang tinggal di semarang selama beberapa tahun terakhir ke pemandian air hangat, saya telah dua kali ke Guci, kab. Kendal satu kali pemandian air hangat di alian, Kab. kebumen, dan entah berapa kali ke Nglimut, gonoharjo dan Diwak, ungaran kab semarang. Dan yang memiliki fasilitas terbaik dari semua tempat itu adalah pemandian air hangat gonoharjo.

Pemandian air hangat Nglimut menawarkan sensasi berendam di air hangat yang airnya berasal dari gunung ungaran dan dialirkan melalui pipa ke dalam air hangat. Ada dua lokasi pemandian air hangat disini, satu lokasi di area bawah dan satu lokasi di area atas.
[image-caption-hover id=”22″] Di area bawah terdapat dua kolam pemandian air hangat, satu untuk orang dewasa dan satu untuk anak-anak. Fasilitas lebih lengkap jika dibanding dengan area atas, bedanya air hangatnya tidak sepanas yang ada di area atas dan di area atas terdapat dua air terjun. Tetapi untuk ke area atas anda harus berjalan dua sampai tiga kilo dengan rute perjalanan mananjak dan turun.

Fasilitas

Di samping terdapat dua kolam renang air hangat, lokasi ini juga terdapat satu kolam besar air dingin. Anda bisa menikmati kberenang di kolam dingin terlebih dahulu sebelum berendam di air hangat.

Lokasi pemandian air hangat Nglimut memiliki area parkir yang jauh lebih luas jika dibandingkan dengan lokasi ke dua. Biaya parkirnya sama, hanya 2 ribu rupiah. Parkir hanya tersedia sampai jam setengah enam, mengikuti jam tutup pemandian. Tetapi jika anda ingin menikmati pemandian sampai malam, anda dapat langsung membawa masuk kendaraan anda dan di parkir di dekat tempat pengelola.

Tak perlu kawatir dengan sholat anda jika anda beragama islam, lokasi ini menyediakan fasilitas ibadah yang lengkap. Silakan sholat, ngaji dan berdoa dengan khusu’ disana. Untuk makan, di sini terdapat banyak kantin.

Sementara jika anda berkeinginan untuk berkemah, silakan anda lakukan. Sebab lokasi ini juga menyediakan gazebo-gazebo yang bisa di sewa untuk aktivitas kemah. Untuk menunjang kegiatan kemah anda, disini juga disediakan aula besar. Ada banyak fasilitas permainan yang bisa anda gunakan. Ada taman margasatwa mini juga.

Berapa biasaya yang harus anda keluarkan? Tenang saja, anda hanya cukup mengeluarkan 12500 rupiah untuk memasuki lokasi. Setelah di dalam anda tak akan di tarik biaya yang lain, kecuali anda ingin mengunakan fasilitas gazebo untuk menginap.

Akses ke lokasi

Seperti hampir semua perjananan menuju ke lokasi pemandian air hangat, udara sejuk hamparan pepohonan serta pemandangan melihat dari ketinggian adalah sensasi yang akan anda alami jika melakukan perjalanan ke Nglimut. Anda akan mengalami sejuknya udara pegunungan ungaran yang tidak terlalu banyak berpolusi. Melihat pohon-pohon di lereng pegunungan dengan suara burung terutama burung sirtu, dan terkadang pada bagian tertentu anda bisa melihat daerah bawah dari jalan yang anda lewati.

Nglimut, masuk kelurahan Gonoharjo Kabupaten Kendal, Propinsi Jawa Tengah Berjarak sekitar 40 menit dari pusat kota Semarang. Perjalanan cukup mudah dan tidak terlalu banyak halangan sebab banyak petunjuk jalan di pasang.

  1. jalur Semarang (Bundaran Kalibanteng), anda dapat mulai dari abdurahman saleh menuju Manyaran lalu ke area Pasar Gunungpati menuju Cangkiran dari situ anda akan masuk ke limbangan dan tinggal mencari papan nama menuju Nglimut.
  2. Jika anda dari Kabupatan Kendal Utara jalanlah menuju Krapyak ke arah Mijen lalu Cangkiran, tinggal mencari papan nama menuju Nglimut
  3. Jika dari arah selatan seperti Kota Ungaran bisa menembus jalan Pasar Ungaran/ Terminal Luar Ungaran menuju Lerep ke pasar Gunungpati tinggal mencari papan nama menuju Nglimut

Lokasi wisata terdekat

Meski saya bilang anda tidak akan bosan berendam di air hangat atau merencanakan untuk mencari tempat lain setelah berendam adalah hal yang cukup sulit untuk dilakukan, sebab ketika selesai berendam yang ingin anda lakukan hanya makan dan tidur biasanya. Tetapi untuk melengkapi info jika anda masih banyak waktu untuk liburan, anda bisa ke kebun teh medini atau peromasan yang ada di atas pemandian air hangat Nglimut. Anda juga bisa ke lokasi air terjun Pelebur Gongso yang berada di sebelah selatan.

Wisata menarik lainnya: Pantai Marina.

Perbandingan dengan daerah lain

Salah satu pemandian lain yang terdekat dengan pemandian air hangat Nglimut adalah pemandian di desa diwak, ungaran. Tepatnya di depan pabrik teh botol sosro. Jika anda coba bandingkan dengan yang ada di Nglimut, Nglimut punya fasilitas yang jauh di atas diwak, baik dari segi fasilitas maupun pelayanan. Tetapi air di diwak jauh lebih hangat.

Rekomendasi untuk?

Untuk siapa saja, tetapi memang lebih asyik jika anda berkunjung bersama-sama, anda bisa menikmati berendam sambil ngobrol bareng teman-teman atau keluarga. Satu rekomendasi utama saya, cobalah untuk tidak mengunjungi pemandian ini di akhir pekan atau hari libur, sebab kolam air hangat bisa saja penuh. Dan yang lebih menyenangkan, cobalah berendam di malam hari. Anda bisa menikmati kolam itu sendirian.

https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/05/P_20141225_085548-e1463090233368-1.jpg?fit=627%2C470&ssl=1https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/05/P_20141225_085548-e1463090233368-1.jpg?resize=150%2C150&ssl=1litaliaJatengWisata AlamPemandian,Semarang,wisata air
Pemandian Air Panas Alami Promasan Greeland Gonoharjo, WISATAWAN.ID - Pemandian air hangat selalu menampati posisi nomor satu di daftar tempat perjalanan wisata saya. terutama karena setelah berendam di air hangat, tubuh saya terasa lebih segar. Kandungan belerang mampu memberikan efek posistif pada tubuh saya. Itulah mengapa saya hampir selalu...
The following two tabs change content below.

litalia

Writer at Wisatawan.id
Sebagai anak jurusan pendidikan sejarah, tentu saya menyukai perjalanan. dalam setiap perjananan pula, akan saya abadikan dalam memori dan jepretan kamera.