Pantai Sari Ringgung merupakan salah satu objek wisata pantai yang sedang naik daun di Lampung. Sekilas pantai ini sama dengan pantai-pantai pada umumnya. Jika ditelusuri lagi pantai ini memiliki keunikan yang tidak dapat ditemukan di pantai lain. Yang menjadi daya tarik Pantai Sari Ringgung Lampung adalah pasir timbul, masjid terapung dan kafe terapung.

pantai sari ringgung lampung

©wisatawan.id/Anggia Rumiris

Akses Menuju Pantai Sari Ringgung

Selain indah dan unik, letaknya tidak jauh dari Bandar Lampung menjadi alasan pantai ini menjadi pantai terfavorit yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Pantai ini terletak di Desa Sidodadi, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran. Lama perjalanan dari Bandar Lampung sekitar 30 menit jika tidak terjebak macet. So, buat sobat yang ingin berkunjung ke Pantai ini sebaiknya tidak pada hari libur nasional atau hari Minggu, dikarenakan pantai ini akan sangat dipadati pengunjung.

Jika terpaksa berlibur pada waktu tersebut saya sarankan untuk berangkat lebih pagi agar tidak terjebak macet di jalan.

Biaya Tiket Masuk : Rp.10.000/0rang ; mobil Rp.10.000; motor Rp.5.000; bus sedang Rp.200.000; bus besar Rp.250.000

Apa Saja Yang Ada di Pantai Sari Ringgung?

Saat pertama kali sampai di Pantai Sari Ringgung, sobat akan disambut oleh hamparan pasir putih yang sangat bersih dan luas. Persis di ujung selatan Pantai Sari Ringgung terdapat tanjung kecil yang ditanami banyak pohon kelapa. Pemandangan di tempat ini sangat indah dan mempesona. Di lokasi inilah, sobat, bisa melihat pemandangan sepanjang Pantai Sari Ringgung Lampung.

Tepat di sebelah Barat tanjung kecil terdapat sebuah jalan menanjak yang disediakan khusus untuk memudahkan ke atas bukit jika sobat ingin melihat keindahan Pantai Sari Ringgung dari ketinggian. Spot ini adalah salah satu spot terfavorit yang banyak diminati para pengunjung yang datang ke Pantai ini. Terutama para muda-mudi yang ingin berselfie.

Failitas yang ada di Pantai cukup lengkap dan nyaman. Di sepanjang pinggir pantai Pantai Sari Ringgung tersedia beberapa pondokan. Jika sobat pergi dengan keluarga atau rombongan sebaiknya untuk menyewa pondokan ini untuk memudahkan meletakkan barang-barang bawaaan, harga sewanya hanya Rp.50.000.

Banyak Hal Lagi Yang Bisa Kamu Lakukan

Jika sobat ingin menikmati kesegaran air laut Pantai Sari Ringgung, sobat bisa berenang di sebelah utara atau selatan pantai ini. Di lokasi tersebut di sediakan waterboom kecil. Sebelah utara waterboomnya lebih tinggi dibanding sebelah selatan. Jadi, jika sobat membawa anak kecil sebaiknya memilih berenang di sebelah selatan. Dipinggir pantai itu terdapat wahana bermain seperti ayunan dan perosotan. Berhati-hatilah ditempat ini banyak terdapat batu.

Jika sobat bosan berenang di Pantai Sari Ringgung, sobat bisa mencoba tempat terfavorit dari pantai ini. Apalagi kalau bukan Pasir Timbul dan Masjid Al-Aminah, masjid terapung di Pantai Sari Ringgung. Selain itu saat perjalanan ke sana, sobat akan melewati karamba-karamba masyarakat setempat yang nampak seperti perkampungan terapung.

pantai sari ringgung lampung

©wisatawan.id/Anggia Rumiris

Pasir Timbul memiliki air yang sangat jernih dan berwarna kebiruan. Bahkan sangking jernihnya ikan-ikan yang ada di dasar laut dapat terlihat jelas dengan mata telanjang. Kondisi air Pasir Timbul di Pantai Sari Ringgung ini sangat bersahabat karena selain bersih juga tidak terdapat ombak serta dangkal, jadi aman untuk sobat yang berlibur ke sini membawa anak kecil.

Fasilitas Yang Tersedia Di Pantai Sari Ringgung Lampung

Untuk menyeberang ke Pasir Timbul sobat bisa menyewa perahu denga biaya Rp.15.000/orang dan untuk ke Pulau Tegal sekitar Rp.20.000- Rp.25.000/orang. Jika sobat tidak ingin berenang atau malas untuk menyebarang ke Pasir Timbul, di Pantai Sari Ringgung terdapat tempat-tempat olahraga pantai. Diantaranya lapangan futsal jika sobat menyukai futsal, jika sobat ingin merasakan keseruan bermain volly pantai, di sini juga disediakan lapangan volly pantai.

Sedangkan yang suka camping di sini juga disediakan tempat khusus untuk berkemah. Saat saya berlibur ke Pantai Sari Ringgung banyak juga, kok, pengunjung yang asik bermain futsal dan volly pantai. Selain itu, di sini juga menyediakan fasilitas jetski, banana boat, kano, dan snorkling.

Puas jalan-jalan menikmati semua fasilitas yang ada di Pantai Sari Ringgung. Tiba-tiba cacing di perut sobat mulai bernyanyi-nyanyi memberi isyarat sudah waktunya makan siang. Akan tetapi sobat lupa membawa bekal makan siang. Jangan khawatir sobat, di Pantai ini terdapat kafe dan kantin-kantin yang menjual beraneka ragam jenis  makanan dan minuman.

Oh, ya sobat, di Pantai Sari Ringgung ini terdapat dua kafe yang siap melayani sobat yaitu Cafe Boat dan Beach Cafe. Jika sobat ingin merayakan ulang tahun di Pantai Sariringgung ini atau ada acara family gathering kantor, sobat bisa menyewa kedua kafe ini dengan iringan suara musik membuat suasana makin terasa menyangkan.

Lanjut: Kisah pilu di balik keindahan Bendungan Batu Tegi, Lampung.

Oke, itu saja yang bisa saya bagikan pengalaman saya berwisata ke Pantai Sari Ringgung Lampung. Semoga sobat tertarik untuk mengunjungi Pantai yang memiliki keunikan Pasir Timbul dan Masjid Terapung ini. Di jamin nggak akan inget pulang deh, kalau udah keasikkan bermain di Pantai Sari Ringgung.

https://i1.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2017/01/PantaiSariringgung-1.jpg?fit=702%2C409&ssl=1https://i1.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2017/01/PantaiSariringgung-1.jpg?resize=150%2C150&ssl=1Anggia RumirisLampungPantaiPantai Selatan,Selfie,Wisata Keluarga
Pantai Sari Ringgung merupakan salah satu objek wisata pantai yang sedang naik daun di Lampung. Sekilas pantai ini sama dengan pantai-pantai pada umumnya. Jika ditelusuri lagi pantai ini memiliki keunikan yang tidak dapat ditemukan di pantai lain. Yang menjadi daya tarik Pantai Sari Ringgung Lampung adalah pasir timbul, masjid...
The following two tabs change content below.

Anggia Rumiris

Anak sulung dari dua bersaudara yang selalu mengisi waktu luang dengan menonton drama korea. Lebih suka berlibur ke tempat-tempat yang unik, baru, dan menarik. Sangat tidak menyukai ketinggian dan tempat-tempat ekstrem.