Suasana Pantai merupakan salah satu tujuan wisata yang selalu dikunjungi oleh para Traveller baik dalam negeri maupun Luar Negeri. Salah satu pantai yang di rekomendasikan untuk menjadi tempat tujuan wisata bagi Traveller adalah Pantai sanggar Tulung Agung yang tepatnya berlokasi di Desa Jenglung harjo di kecamatan Tanggung gunung Di daerah kabupaten Tulung Agung.

Pantai Sanggar Tulung Agung

Pantai Sanggar Tulung Agung | Nofalia
©wisatawan.id

Pantai ini jarang sekali dikunjungi oleh wisatawan, sehingga dapat dikatakan pantai ini merupakan pantai yang masih Alami.

Dibandingkan dengan pantai kuta yang sudah sering dikunjungi wisatawan sehingga cenderung kotor dan ramai, pantai Sanggar Tulung Agung masih tenang suasananya dan nyaman, sehingga pengunjung pun dapat melepas penat dengan bermain bersama ombak atau hanya sekedar berjemur di pantai. Walaupun tempatnya jauh dari pemukiman warga namun disinilah kelebihannya, yaitu ketenangan yang paling dicari oleh Traveller dari kota besar.

Panorama keindahan pantai Sanggar pun sangat cocok dijadikan tempat liburan dan piknik baik individu maupun keluarga. Terlebih bila piknik dilakukan di atas bukit yang dekat dengan pantai tersebut, membuat makan pun akan tambah berselera sambil menyaksikan keindahan alam dari atas bukit.

Untuk menuju lokasi tersebut pengunjung dapat memulai perjalanan dari Kota Tulung agung ke arah Pertigaan pasar campur darat yang terletak di kecamatan Campurdarat, dari pertigaan tersebut dapat langsung belok kiri menuju pertigaan SMAN 1 Campurdarat yang jaraknya berkisar tujuh kilometer, dari Pertigaan SMA tersebut belok kiri menuju tanggung gunung hingga terus ke pasar tanggung gunung hingga sampai ke pertigaan SMPN 1 Tanggung gunung kemudian belok kanan dan teruskan ikuti jalan yang masih berjarak kurang lebih sebelas kilometer, hingga perjalanan berakhir setelah menemukan gapura yang bertuliskan Pantai Sanggar. Lokasi pantai tidak jauh dari mushola yang terdekat dari Gapura tersebut.

Pantai Sanggar Tulung Agung

Pantai Sanggar Tulung Agung | Nofalia
©wisatawan.id

Menuju Pantai Sanggar memang tidak dikenakan tiket masuk, namun hanya diminta sumbangan seikhlasnya untuk pembangunan jalan ke arah pantai yang masih terjal, sehingga hanya kendaraan roda dua seperti motor yang dapat mencapai lokasi. Itulah mengapa jarang sekali Traveller yang berkunjung karena jalur yang terjal tersebut pengunjung hanya dapat memarkirkan kendaraannya di rumah penduduk atau warung terdekat kemudian dilanjutkan lagi dengan berjalan kaki.

Bila ingin mengecek lokasi dari Google maps, tinggal masukkan koordinat berikut 8°17’50.0″S 111°54’36.4″E kemudian nyalakan GPS yang ada di smartphone Anda maka akan langsung diberikan peta lokasinya.

Walaupun mungkin Anda akan sedikit terkendala karena koneksi di daerah tersebut agak minim khususnya ketika masuk hutan. Jadi screenshoot saja peta dari google maps dengan patokan dan detail yang dibutuhkan ketika sedang di area yang sinyalnya masih cukup kuat misalnya di kecamatan Campurdarat, walaupun sebenarnya beberapa operator sinyalnya masih cukup baik di daerah tersebut.

Pantai Sanggar Tulung Agung

View bebatuan di Pantai Sanggar Tulung Agung | Nofalia
©wisatawan.id

Bagi Traveller yang suka berpetualang dan ingin Berkemah di Area pantai dapat dilakukan dengan tetap menjaga kebersihan. Dikarenakan jarangnya wisatawan yang berkunjung jadi belum tersedia tempat penginapan di daerah tersebut. Namun Warung dekat pantai tersebut masih bisa dijadikan tempat beristirahat sejenak sekedar melepas lelah setelah menempuh perjalanan cukup panjang dari Kota Tulungagung.

Pantai lain di sekitar pantai sanggar pun juga menyediakan panorama keindahan alam yang dapat diabadikan, Misalnya Pantai Patuk gebang, Kali pucung, hingga pantai jung pakis. Sehingga dengan sekali perjalanan Anda bisa menikmati pemandangan alam lebih dari satu pantai. Namun beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika berwisata ke tempat tersebut adalah sebagai berikut :

  • Selalu ikuti petunjuk arah yang dianjurkan agar lebih efisien waktu bagi yang membawa kendaraan roda empat ataupun roda dua.
  • Sangat dianjurkan untuk tidak membawa kendaraan hingga bibir pantai, karena jalur yang terjal dan sulit, khususnya setelah hujan turun.
  • Disarankan menggunakan alas kaki yang membuat nyaman seperti sepatu atau sandal gunung karena ada perjalanan yang harus dilanjutkan dengan berjalan kaki.
  • Selalu menjaga kebersihan lingkungan, dikarenakan jalur tercepat setelah memarkirkan kendaraan dan lanjut berjalan kaki akan melewati ladang jagung yang dimiliki warga, jadi jangan pernah merusak.
  • Hati-hati dengan ombaknya karena bisa besar sewaktu-waktu, jadi jangan pernah berenang ke tengah.
  • Agar tidak membebani dalam berjalan kaki bawalah perbekalan secukupnya, dan kaos yang nyaman.

Wisata lainnya: Sunrise bukit sikunir dieng.

Dengan menerapkan beberapa hal tersebut, kehadiran Traveller akan dihargai oleh warga sekitaran Pantai Sanggar, sehingga ketika traveller lainnya yang ingin berkunjung dan menikmati pemandangan alam yang indah dari pantai tersebut akan tetap diterima dengan baik oleh warga, dan liburan pun menjadi menyenangkan.

https://i2.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/06/DSC_2378.jpg?fit=1024%2C768&ssl=1https://i2.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/06/DSC_2378.jpg?resize=150%2C150&ssl=1ikenofaliaJatimPantaiTulungagung,wisata air
Suasana Pantai merupakan salah satu tujuan wisata yang selalu dikunjungi oleh para Traveller baik dalam negeri maupun Luar Negeri. Salah satu pantai yang di rekomendasikan untuk menjadi tempat tujuan wisata bagi Traveller adalah Pantai sanggar Tulung Agung yang tepatnya berlokasi di Desa Jenglung harjo di kecamatan Tanggung gunung Di...
The following two tabs change content below.

ikenofalia

Explorer
Saya merupakan mahasiswi S1 teknik Informatika. Saya sudah 3 tahun menjadi penulis Artikel dan menjadi admin di beberapa Web Content