Apa yang terlintas di benak kamu ketika mendengar tentang Ujung Kulon? Pasti semua akan menjawab serempak, Badak Jawa. Satwa langka satu ini memang hanya bisa kita temui di Taman Nasional Ujung Kulon. Namun kalian tahu kan kalau Ujung Kulon juga terkenal dengan pemandangan alam lautnya yang eksotis? Yap, pantai paniis Ujung Kulon.

Pantai paniis Ujung Kulon

Pesona pantai Paniis Ujung Kulon | Raranasir
©wisatawan.id

Ujung Kulon menawarkan beragam destinasi wisata yang memanjakan mata. Bentangan gunungnya yang hijau, eksotisme lautnya yang menyihir, dan budaya masyarakatnya yang sangat kaya akan adat istiadat unik. Kali ini saya akan membawa kamu menjelajah ke wilayah paling Utara Pulau Jawa, menikmati panorama pantai di kampung Paniis.

Kampung Paniis dalam bahasa Sunda bermakna tempat yang adem. Tempat yang bila dikunjungi akan membawa ketenangan dan kedamaian. Seperti namanya, memang tempat ini menawarkan begitu banyak keindahan. Mulai dari panorama pantai, air terjun, hingga bentangan sawah yang bertingkat-tingkat dengan latar belakang gunung yang sangat mempesona.

Kampung Paniis memang telah ditetapkan oleh pemerintah Kabupaten Pandeglang sebagai kampung wisata. Potensi wisata yang menjanjikan ini telah menarik banyak wisatawan untuk berkunjung setiap tahunnya. Terlebih dengan keberadaan kampung ini yang dekat dengan Taman Nasional Ujung Kulon yang sering dikunjungi wisatawan yang penasaran untuk melihat badak Jawa.

Apa Yang Menarik?
Dari sisi wisata bahari yang ada, Pantai Paniis Ujung Kulon menawarkan keindahan panorama pantai dengan air lautnya yang kebiruan serta pasirnya yang berawarna keemasan.

Pantai ini menjadi spot terbaik untuk melihat sunset. Batu-batu karang yang tersebar tidak beraturan menambah eksotisme tempat ini. Sambil melihat sunset kamu juga bisa menikmati aktivitas masyarakat nelayan yang sedang memancing atau mempersiapkan jala ikan. Untuk memberikan kenyamanan kepada wisatawan, berbagai fasilitas juga telah disediakan di sini.

Pantai paniis Ujung Kulon

Menikmati senja di Pantai Paniis | Raranasir
©wisatawan.id

Fasilitas penginapan yang ada adalah homestay dimana kamu akan menginap di rumah warga dan tuan rumah akan menyediakan makanan untuk kamu. Jadi kamu akan merasa seperti sedang berada di rumah. Menyenangkan bukan? Uniknya lagi, pantai paniis Ujung Kulon yang berada di kampung wisata paniis ini dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar loh. Sehingga dengan berwisata ke sini kamu juga bisa berkontribusi pada pembangunan masyarakat di kampung ini.

Jika berkunjung ke sini dijamin kamu tidak akan menyesal karena kamu bisa menikmati beberapa destinasi wisata sekaligus. Dari sini kamu juga bisa naik kapal ke Pulau badul yang menawarkan wisata snorkeling dan diving sambil menanam terumbu karang. Selain itu Pulau-pulau eksotis seperti Pulau Peucang, Pulau Handeleum dan Pulau Umang juga bisa kamu tempuh dengan naik kapal atau speedboat dari sini loh.

Kelompok Paniis Lestari yang merupakan kelompok masyarakat yang banyak diisi oleh anak-anak muda setempat tentu bisa menjadi guide selama kamu berada di sana. Satu hal yang menarik, pemuda-pemuda ini sangat peduli terhadap lingkungan loh. Terbukti dari kegiatan rutin mereka menanam terumbu karang di sekitar Pulau Badul dan pantai Paniis. Tertarik mencoba?

Akses Menuju Lokasi
Nah, untuk mencapai tempat ini, kamu perlu menempuh perjalanan yang cukup panjang jika kamu sedang berada di Kota Jakarta. Kamu bisa melewati jalur dari arah Cilegon, atau Pandeglang. Dari sana, kamu akan melewati Daerah Labuan, lalu belok kanan ke arah Kecamatan Sumur. Di sana kamu akan melihat plang Pantai Tanjung Lesung.

Kamu bisa lewat ke Tanjung Lesung, tapi jalanannya masih sangat rusak, sehingga saya sarankan untuk mengambil jalan arah ke Cibaliung. Dari sana perjalanan panjang akan dilanjutkan. Di pertigaan jalan, di sisi kanan dan kiri jalan kamu akan menemukan Alfa Mart dan Indomaret bersebelahan. Dari sana, kamu belok kanan lurus ke arah kampung Paniis.

Ada beberapa kampung yang akan dilewati dengan jalanan yang di beberapa titik masih rusak berat. Namun perjalanan panjang kamu akan terbayar dengan suguhan panorama alam yang sangat indah. Pegunungan yang menghijau di sisi kiri kanan jalan serta deretan sawah-sawah yang sangat luas bergantian dengan eksotisme pantai yang indah dengan pasir-pasir putihnya yang membentang sejauh mata memandang.

Setelah menikmati panorama alam yang menyulap mata, kamu akan disambut dengan deburan ombak pantai paniis ujung kulon di kampung wisata Paniis. Di sana kamu akan menjumpai gapura bertuliskan Selamat Datang di Kampung Wisata Paniis. Dari gapura, kamu bisa langsung menuju homestay yang disediakan. Ada 4 homestay yang semuanya dikelola oleh masyarakat setempat. Dari sana kamu bisa merencanakan perjalanan ke berbagai destinasi wisata yang tersebar di Ujung Kulon.

Pantai eksotis lainnya: Pantai Santolo dan Sayang Heulang.

Lainnya Dari Ujung Kulon
Ujung Kulon terkenal dengan pulau-pulaunya yang eksotis, seperti Pulau Handeleum dan Pulau Peucang. Ada juga sungai Cigenter yang terkenal dengan aktivitas canoing-nya, atau Cidaon untuk melihat padang penggembalaan banteng dan satwa lain yang dilindungi di Taman Nasional ini.

Tapi, jika kamu ingin menuntaskan rasa penasaran untuk melihat badak Jawa maka bisa mengambil wisata minat khusus dengan menyusuri kawasan Taman Nasional untuk mencari keberadaan badak Jawa. Tapi jika kamu tidak menemukan badak, maka patungnya mungkin bisa menghilangkan rasa penasaranmu.

Pantai paniis Ujung Kulon

Patung badak Jawa di Kampung Cinibung | Raranasir
©wisatawan.id

Jadi, jangan lupa untuk singgah di desa Cinibung (Ciwisata) untuk membeli oleh-oleh khas Ujung Kulon sambil melihat aktivitas para pengrajin yang membuat patung dan membatik secara tradisional.

https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/07/pantai-paniis-2.jpg?fit=1024%2C768&ssl=1https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/07/pantai-paniis-2.jpg?resize=150%2C150&ssl=1RaranasirBantenPantaiTaman Nasional,Ujung Kulon,wisata air
Apa yang terlintas di benak kamu ketika mendengar tentang Ujung Kulon? Pasti semua akan menjawab serempak, Badak Jawa. Satwa langka satu ini memang hanya bisa kita temui di Taman Nasional Ujung Kulon. Namun kalian tahu kan kalau Ujung Kulon juga terkenal dengan pemandangan alam lautnya yang eksotis? Yap, pantai...
The following two tabs change content below.

Raranasir

Explorer
Lulusan Hubungan Internasional yang senang berpetualang, membaca karya sastra, dan menulis. Silahkan berkunjung ke blog pribadi hijrahnasir.wordpress.com dan cerita perjalanan litondreams.blogspot.com