Beberapa pekan belakangan, pantai yang memiliki nama sama dengan nama desanya Pantai Bondo ramai jadi kunjungan wisatawan nusantara. Keindahan pasir putih khas pantai-pantai di kabupaten jepara di tambah ombaknya yang tenang menghadirkan pesona tersendiri. Bahkan karena ketenangan ombaknya, pantai bondo disebut pula Pantai Ombak Mati.

Pantai ombak mati, bondo jepara

©wisatawan.id/Litalia

Boleh dibilang, satu dari sekian bantak kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, Jepara lah yang memiliki stok pantai paling banyak. Hebatnya, meski berada di kawasan pesisir Pantai Utara (Pantura), tidak membuat pantai yang ada di Jepara berpasir hitam, melainkan lebih banyak yang berpasir putih. Walau memang tetap ada yang sebagian kecil yang memiliki pasir hitam.

Keindahan Pantai Ombak Mati
Pantai-pantai di Jepara rata-rata sudah dikenal masyarakat luas, seperti Pantai Bandengan, Pantai Teluk Awur, atau Pantai Kartini. Namun, di balik sederat nama pantai yang terkenal, Jepara ternyata masih menyimpan beberapa nama pantai yang masih terjaga keaslian dan kesunyiannya karena tidak banyak pengunjung yang datang.

Salah satu pantai yang dapat dinikmati keaslian dan kesunyiannya, layaknya pantai milik sendiri, adalah Pantai Bondo atau lebih dikenal dengan Pantai Ombak Mati. Pantai Bondo merupakan pantai yang belum banyak orang mengetahuinya. Meski begitu untuk urusan eksotisme, pantai ini tidak bisa dianggap remeh.

Sesuai namanya, Pantai Ombak Mati memiliki ombak yang sangat tenang dan lenggang. Riaknya akan membuat suasana syahdu dan romantis ketika duduk di tepi pantai ini. Terlebih jika kalian datang bersama pasangan untuk bulan madu atau menghabiskan waktu.

Tidak diketahui orang banyak menjadi keuntungan pula bagi para pelancong pantai ini. Garis pantai yang tidak terlalu panjang berkisar dua kilometer sangat cocok untuk para wisatawan yang bosan dengan hiruk-pikuk tempat tinggalnya. Para wisatawan akan disuguhi pantai yang masih alami dengan kesunyian yang mempesona. Kalian bisa mengabadikan keindahan pantai tanpa takut diganggu keramaian wisatawan lain.

Lokasi Pantai Ombak Mati
Pantai pasir putih yang namanya belum familier ini, bahkan untuk orang Jepara sekalipun. Ia terletak di Desa Bondo, Kecamatan Bangsri. Jika kalian misalnya berasal dari Yogyakarta, bisa menggunakan motor ke arah Semarang. Dari Semarang, kalian menuju ke arah Jepara. Dari pusat Kota Jepara sampai ke Kecamatan Bangsri, kira-kira 17 kilometer.  Setelah sampai di Kecamatan Bangsri, ikuti arah panah menuju Pantai Bondo.

Pantai Bondo dikelola oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara. Akses ke pantai ini sudah tertata lumayan baik, meski jalan aspalnya masih sangat sempit. Nah, ketika melewati jalanan menuju pantai ini, para wisatawan disuguhi pohon-pohon peneduh yang didominasi pohon jenis pandan.

Pantai ombak mati, bondo jepara

©wisatawan.id/Litalia

Harga Tiket dan Fasilitas Pantai Ombak Mati
Soal harga tiket masuk untuk menikmati pantai sunyi ini, para wisatawan tidak perlu khawatir. Jika kalian datang di hari kerja, tiket dapat dibayar secara cuma-cuma alias gratis, sedangkan jika hari libur, bagi pengendara motor dan mobil, masing-masing cukup mengeluarkan uang Rp. 5000 dan Rp. 15.000. Sangat murah bukan?

Harga tiket tersebut belum termasuk dengan fasilitas yang disediakan oleh pengelola seperti kid’s park, penginapan, warung makan, tempat bilas, parkir, dan penyewaan ban. Tetapi, kalian masih tetap bisa menggunakan fasilitas yang termasuk tiket, seperti taman bunga, dermaga, saung di tepi pantai, dan mushola.

Bagi kalian yang ingin berkunjung ke Pantai Bondo sangat disarankan untuk tidak pergi ketika musin Barat. Pada musim ini, ombak Pantai Bondo sangat besar. Akan tetapi setelah melewati musim ini, ombak kembali tenang dan damai. Nah, karena pantai ini termasuk pantai dangkal dengan air yang jernih, bagi kalian yang ingin berenang tidak perlu khawatir tenggelam atau terseret ombak. Jangan lupa juga membawa pakaian renang sendiri, dengan begitu pengeluaran akan lebih sedikit.

Selain ke Pantai Bondo, ada juga bisa berkunjung ke Pantai Empu Rancak. Lokasinya sangat dekat dengan Pantai Bondo. Bahkan bisa anda tempuh hanya dalam beberapa menit. Di Pantai Empu Rancak, anda dapat menikmati segudang kuliner terutama seafood. Silakan baca lebih lanjut Pantai Empu Rancak: Surganya seafood

Nah, bagaimana apakah kalian sudah penasaran dengan Pantai Bondo yang masih terjamin keaslian dan kesunyiannya? Jika kalian belum puas, pantai ini juga masih memiliki daya pikat lain, salah satunya kalian dapat melihat dengan jelas PLTU Tanjung Jati B yang sangat megah, dan tepat di samping Utara PLTU ini terdapat karang yang luasanya ratusan kilometer. Jadi, tunggu apa lagi. Kemasi barang, lalu mulai menyusun perjalanan ke Pantai Bondo.

https://i2.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/11/Ketenangan-ombak-di-pantai-bondo.jpg?fit=1024%2C577&ssl=1https://i2.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/11/Ketenangan-ombak-di-pantai-bondo.jpg?resize=150%2C150&ssl=1litaliaJatengPantaiJepara
Beberapa pekan belakangan, pantai yang memiliki nama sama dengan nama desanya Pantai Bondo ramai jadi kunjungan wisatawan nusantara. Keindahan pasir putih khas pantai-pantai di kabupaten jepara di tambah ombaknya yang tenang menghadirkan pesona tersendiri. Bahkan karena ketenangan ombaknya, pantai bondo disebut pula Pantai Ombak Mati. ©wisatawan.id/Litalia Boleh dibilang, satu dari sekian...
The following two tabs change content below.

litalia

Writer at Wisatawan.id
Sebagai anak jurusan pendidikan sejarah, tentu saya menyukai perjalanan. dalam setiap perjananan pula, akan saya abadikan dalam memori dan jepretan kamera.