Baru menjadi salah satu destinasi yang akhir-akhir ini ramai dibicarakan wisatawan nusantara, Pantai Empu Rancak menyajikan keindahan layaknya pantai-pantai di jepara, meski memang bagi para traveller nama Karimun Jawa sudah tidak bisa dihilangkan sebagai iconya kota ukir. Destinasi wisata andalan Kota Jepara ini menjadi sangat terkenal karena biodata bawah lautnya yang sangat luar biasa.

pantai empu rancak

©wisatawan.id/Litalia

Namun, tahukah kalian kalau Jepara tidak hanya dikenal karena Karimun Jawanya saja? Yups, salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah ini dikenal juga dengan ukiran kayu dan pantainya yang berpasir putih. Pantai pasir putih? Jika kalian sedikit mengetahui geografi, tentu tidaklah lazim apabila daerah yang terletak di pesisir Pantai Laut Jawa (Pantura) bisa memiliki pantai berpasir putih.

Rata-rata daerah di sepanjang Pantura memang terkenal dengan pasirnya yang hitam, sehingga kurang menarik bagi wisatawan. Nah, jika di Jepara ada begitu banyak pantai pasir putih, maka benar-benar anugerah yang tiada tara. Di antara sekian banyak pantai di Jepara, nama Pantai Empu Rancak barangkali kurang begitu familiar. Anggapan ini memang benar adanya, dibandingkan dengan nama-nama seperti Pantai Kartini, Pantai Bandengan, atau Pantai Teluk Awur.

pantai empu rancak

©wisatawan.id/Litalia

Meski tidak begitu terkenal, jangan salah! Eksotisme Pantai Empu Rancak juga tidak kalah dari pantai-pantai yang lainnya. Dan yang pasti karena kurang terkenal inilah, Pantai Empu Rancak masih sedikit kunjungan wisatawannya, sehingga kalian yang mempunyai rencana ke pantai ini, bisa menikmati pantai layaknya pantai sendiri. Nah mau tahu yang menarik di Pantai Empuk Rancak? Simak baik-baik, ya.

Suguhan Pantai Empu Rancak
Layaknya pantai-pantai yang ada di Jepara, Pantai Empu Rancak menyuguhkan juga pemandangan yang eksotis. Pasir Pantai Empu Rancak berwarna putih dan airnya jernih dengan tepi pantai yang masih landai. Tepi pantai yang dimiliki pantai ini juga sangat lebar, sehingga wisawatan bisa bermain sepuasnya. Nah, bagi yang takut terseret ombok pun, tidak perlu khawatir karena Pantai Empu Rancak memiliki ombak yang relatif kecil.

pantai empu rancak

©wisatawan.id/Litalia

Yang paling menarik dari Panti Empu Rancak adalah wisata kuliner yang disuguhkan, Pantai ini merupakan surganya pencinta sea food. Nah, bagi yang berkunjung di pantai ini, belum lengkap rasanya bila belum mencicipi masakan legendaris dari Pantai Empu Rancak, yakni Pindang Serani. Pindang Serani adalah masakan yang berbahan ikan laut segar dan memiliki rasa asam, manis, dan pedas.

Para pelancong dapat menikmati masakan ini di saung-saung yang telah disediakan sembari menunggu matahari terbenam. Ada beberapa jenis ikan yang bisa anda nikmati, termasuk udang dan cumi. Ada ikan tuna, ikan layar, ikan kacangan dan lain sebagainya, Anda juga bisa menikmati hasil olahan ikan tersebut di pinggir pantai.

Akses Menuju Lokasi
Akses menuju lokasi Pantai Empu Rancak sangat mudah. Jika kalian adalah pelancong yang berasal dari Semarang misalnya, kalian dapat menggunakan tiga jenis moda transportasi: bus, sepeda motor, dan mobil. Jika menggunakan sepeda motor misalnya, kalian mengikuti tanda lalu lintas ke arah Jepara. Jika sudah sampai di Jepara, berhenti di alun-alun.

Kemudian dari alun-alun ke arah Timur Laut melalui Jalan Raden Ajeng Kartini. Nah, kalian lurus terus sampai jalan Ahmad Yani kemudian ambil arah ke jalan Jepara-Bangsri dan diteruskan sampai jalan Mlonggo-Bondo. Jika sudah sampai ke jalan ini, masuk selama dua kilometer dan ada tanda lalu lintas ke Pantai Empu Rancak.

Harga Tiket dan Fasilitas
Kabar terbaru untuk memasuki Pantai Empu Rancak, tidak ada tiket masuk yang harus dibayar alias gratis. Dan karena masih dikelola oleh swadaya masyarakat, pantai ini masih belum memiliki fasilitas yang lengkap. Seperti penginapan misalnya, masih cukup sulit untuk anda temukan di pantai empu rancak. Tetapi untuk fasilitas seperti toilet dan fasilitas ibadah, jelas sudah tersedia. kalaupun anda tetap ingin menginap, lokasi penginapan terdekat ada di desa Mlonggo.

Lokasi Wisata Lain Terdekat
Jepara memang memiliki banyak destinasi wisata yang bisa anda kunjungi. Setelah dari Pantai Empu Rancak pun, anda bisa menikmati destinasi lain di sekitar pantai tersebut. Ada Pantai Ombak Mati yang letaknya berada di sebelah Pantai Empu Rancak, Anda hanya tinggal beberapa menit saja berjalan.

Coba pula destinasi ini: Karimun Jawa.

Terakhir, bagi kalian yang ingin menikmati deburan ombak, pasir putih untuk berkejaran bersama pasangan tanpa takut gangguan, dan menikmati surganya sea food bercita rasa Jawa, silakan menjajaki Pantai Empu Rancak. Kalian tidak akan menyesal.

https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/10/pantai-empu-rancak-3.jpg?fit=1024%2C768&ssl=1https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/10/pantai-empu-rancak-3.jpg?resize=150%2C150&ssl=1litaliaJatengPantaiJepara
Baru menjadi salah satu destinasi yang akhir-akhir ini ramai dibicarakan wisatawan nusantara, Pantai Empu Rancak menyajikan keindahan layaknya pantai-pantai di jepara, meski memang bagi para traveller nama Karimun Jawa sudah tidak bisa dihilangkan sebagai iconya kota ukir. Destinasi wisata andalan Kota Jepara ini menjadi sangat terkenal karena biodata bawah...
The following two tabs change content below.

litalia

Writer at Wisatawan.id
Sebagai anak jurusan pendidikan sejarah, tentu saya menyukai perjalanan. dalam setiap perjananan pula, akan saya abadikan dalam memori dan jepretan kamera.