Pantai Cinta Slempung Pati, bagai menyimpan unsur perasaan yang amat dalam jika dilihat dari namanya, nama asli dari pantai ini adalah pantai cinta. Bagai Pololu Valley Beach di Hawaii jika di rasakan dari pasir hitamnya. Begitu lembut dan halus. Sementara jika di lihat dari sunrisenya, bagai bagian surga yang ditemukan setelah sekian lama menghilang di balik pantai Banyutowo.

Mencari Kerang Di Pantai Cinta Slempung Pati

Mencari Kerang Di Pantai Cinta Slempung Pati | ©Litalia/wisatawan.iD

Terletak satu garis pantai dengan Pantai Banyutowo. Pantai yang baru diberi nama oleh anak-anak muda yang mengelolanya, pasalnya memiliki keindahan lebih dari pantai Banyutowo. Pesonanya tak hanya terlihat dari pasir hitamnya, sunrisenya dan juga sunsetnya. Tetapi siapapun yang berkunjung ke sana dapat menikmati jutaan kerang yang terpendam di pesisir pantai. Siapapun yang berkunjung tinggal menggali tanah di pesisirnya untuk menemukan berbagai jenis kerang.

Berbeda dengan pantai yang menjadi destinasi wisata umumnya. Di mana kebanyakan pantai wisata selalu dilengkapi dengan arena permainan wisata. Di pantai Cinta, anda dapat melakukan berbagai aktivitas layaknya nelayan. Anda dapat melakukan:

  1. Mencari kerang. Ya, Pantai Cinta boleh dibilang sebagai surganya kerang. Tak sulit untuk mendapatkanya. Anda tinggal menggali pasir di pesisir pantai. Ada berbagai jenis kerang di pantai cinta. Kerang darah, kerang hijau, kerang srimpi dan lainya.
  2. Anda bisa memancing ikan, dimana ikan sangat banyak di pantai cinta. Anda dapat mula memancing kepiting di sana.
  3. Memandang ombak dan melihat para pencari kerang.

Waktu Berkunjung Terbaik Di Pantai Cinta Slempung Pati 

pantai cinta

©Litalia/wisatawan.iD

Wisata alam sejatinya keindahanya sangat tergantung dengan kondisi alam. Tidak bisa dilepaskan dari siklus yang terjadi pada alam. Sama juga dengan pantai Cinta. Keindahan pantai ini juga terjadi pada beberapa waktu.

  1. Ketika pagi hari dan sore hari. Di pagi hari, anda akan melihat mentari terbit tepat dari laut pantai Cinta. Seolah mentari lahir darinya. Pesona langit kuning yang kerap anda saksikan saat matahari terbit akan terlihat. Sama juga pada sore hari, meski anda tak dapat melihat mentari secara langsung. Anda dapat menyaksikan pantulan sinar mentari yang tenggelam di atas langit laut pantai Cinta. Terlihat semburat kuning. Usahakan datang saat kondisi cuaca sedang cerah.
  2. Saat pantai Cinta sedang surut. Ya, sama dengan pantai-pantai lainya, saat surut pesisir pantai akan terlihat semakin lebar. Khusus untuk pantai cinta, ketika surut pesisir pantainya mampu mencapai hingga 100 meter lebih ke arah laut. Walau memang dataran yang terlihat saat surut bukanlah berupa pasir melainkan lumpur. Meski demikian, pesisir yang sangat luas akan membuat anda terpesona.
  3. Saat musim kerang. Walau memang kerang selalu ada di pantai Cinta. Ada waktu-waktu tertentu di mana kerang di Pantai Cinta mencapai puncaknya. Terdapat sekali banyak kerang. Sebab sebenarnya pantai cinta bukanlah pantai untuk wisata. melainkan pantai yang selalu kaya akan hasil laut. Ketika tidak musim kerang saja, anda dapat menemukan kerang di pesisir pantai. Anda tinggal menggali pasir di pesisir pantai yang masih terkena ombak. Di dalamnya pasti anda temukan berbagai jenis kerang.
  4. Ketika hasil laut banyak. ketika musim kerang tiba, ada banyak jenis kerang yang bisa anda temukan di pantai Cinta. Anda dapat menemukan kerang kecil (umumnya masyarakat menyebutnya bisek), kerang darah (warga menyebutnya Bukor), kerang putih (disebut Cowek oleh masyarakat setempat), kerang hijau dan jenis kerang-kerang lainya. Selain kerang, anda juga dapat menemukan berbagai jenis tiram, kepiting dan ikan.

Akses Menuju Lokasi Pantai Cinta Slempung Pati

Letak pantai cinta ada di Dusun Slempung Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati. Untuk mencapai ke lokasi anda dapat berkunjung ke pati. Lalu melanjutkan perjalanan ke arah utara. Teruslah ke utara, sebab dusun Slempung adalah dusun paling utara yang berbatasan dengan pantai utara.

Sunset di Pantai Cinta slempung dukuhseti pati

Sunset di Pantai Cinta | ©Litalia/wisatawan.iD

Nah jika anda sudah menemukan Desa Dukuhseti dan sampai ke Dusun Slempung, anda dapat bertanya kepada warga. Hampir semua warga mengenal Pantai Cinta. Kebetulan untuk saat ini sedang sangat populer di kalangan masyarakat.

Tidak ada akses jalur yang pasti untuk menuju ke Pantai Cinta. Anda bisa mengambil rute dari Dusun Slempung, bisa pula Dusun Purbo. Atau anda juga dapat berjalan menyusuri Pantai Banyutowo yang berbatasan langsung dengan pantai Cinta. Meski banyak akses menuju ke pantai cinta, hanya terdapat satu akses jika anda menggunakan mobil untuk ke sana, yakni melalui dusun Purbo.

Anda masih belum tertarik?

Sepanjang saya menyusuri pantai-pantai di Jateng dan Jogja, pantai Cinta slempung pati adalah spot terbaik berwisata sambil menikmati kerang. Ketika anda ke sana, pulang pastikan anda membawa kerang. Bisa cari sendiri atau membelinya dari para pencari. Tetapi mencarinya jauh menyenangkan. Jadi kalau berkunjung ke sana pastikan anda siap berceburan di laut. Ombaknya sangat kecil. Di sana juga tak di tarik biaya masuk.

https://i1.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/08/pantai-cinta-3-2.jpg?fit=1024%2C575&ssl=1https://i1.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/08/pantai-cinta-3-2.jpg?resize=150%2C150&ssl=1litaliaJatengPantaiPati,Sunrise,Sunset,wisata air
Pantai Cinta Slempung Pati, bagai menyimpan unsur perasaan yang amat dalam jika dilihat dari namanya, nama asli dari pantai ini adalah pantai cinta. Bagai Pololu Valley Beach di Hawaii jika di rasakan dari pasir hitamnya. Begitu lembut dan halus. Sementara jika di lihat dari sunrisenya, bagai bagian surga yang...
The following two tabs change content below.

litalia

Writer at Wisatawan.id
Sebagai anak jurusan pendidikan sejarah, tentu saya menyukai perjalanan. dalam setiap perjananan pula, akan saya abadikan dalam memori dan jepretan kamera.