Hai agan dan sista yang memiliki hobi untuk pergi bermain ke daerah pantai. Kita akan berkenalan dengan salah satu pantai yang terletak di daerah Sumatera Barat. Sebagai gambaran pertama dulu, pantai ini tidak kalah indah dibandingkan dengan Pantai Sanur yang ada di Bali. Sudah kebayang bukan bagaimana asyiknya dan indahnya pantai ini? Pantai yang saya maksud adalah pantai carocok painan.

Pantai Carocok Painan

©wisatawan.id/Nisa UK

Pantai ini terletak sebelah barat dari kota Painan, jika kita berangkat dari Padang-Sumatera Barat kita akan menemui pasar painan terlebih dahulu. Pantai ini berjarak 2 km dari pasar painan tersebut. Dilokasi pantai carocok ini terdapat pulau cingkuak yang dapat diakses dengan menggunakan kapal dari masayarakat. Harganya juga tidak mahal, hanya meronggoh kantong sebesar Rp. 20.000,00 saja sudah bisa mendapatkan tiket Pulang-Pergi dari pantai carocok menuju Pulau cingkuak tersebut.

Menggunakan kapal masyarakat untuk menyeberang menyuguhkan pengalaman yang tak terlupakan. Kita bisa duduk diujung depan kapal untuk mendapat spot foto yang bagus, agan sista tinggal meminta izin kepada nahkoda kapal. Keamanannya juga terjamin, karena setiap kapal memiliki 2 orang pengendali yang akan memastikan keselamatan kita. Agan sista yang memiliki adrenalin yang tinggi, bisa menggunakan perahu ini ketika ombak sedang tinggi, akan ada sensasi sendiri setelah kita mencapai pulau diseberangnya. Menyeberang dari pantai carocok ke pulau cingkuak tidak memakan waktu yang lama, hanya memerlukan waktu kurang lebih 10menit saja.

Pantai Carocok Painan

©wisatawan.id/Nisa UK

Wahana di Pantai Carocok dan Pulau Cingkuak

Agan sista tentu tidak tertarik jika pantai yang kita datangi tidak memiliki fasilitas apapun untuk bermain disana? tenang saja agan dan sista jika berkunjung ke pantai ini karena banyak wahana yang bisa dinikmati. Mulai dari wahana paling biasa sampai yang luar biasa bisa agan sista gunakan, yaitu banana boat (25.000/org) , Donat (30.000/org), Jet Sky (100.000/org), Snorkling (50.000/org) hingga pragliding. Khusus untuk pragliding ini akan kita bahas nanti karena mempunyai spot yang berbeda.

Pantai Carocok Painan

©wisatawan.id/Nisa UK

Pulau cingkuak  ini berhadap-hadapan dengan pantai carocok painan, nah dipulau ini lah yang memiliki pemandangan air yang sangat biru serta pasir yang putih. Pasirnya lembut, sehingga enak untuk bermain, Karang dibawah laut juga indah sehingga banyak pengunjung yang melakukan snorkling. Bagi gansis yang ingin bermain banana boat bisa request pengemudinya untuk jatuh apa tidak ditengah-tengah laut. Karena ada sebagian orang yang takut jika jatuh ditengah laut memilih cara aman untuk bermain mengelilingi pulau saja.

Di Sini Gak Hanya Asik, Tapi Puas Juga

Lama nggak ya mainnya? Lama dong, tapi kita sarankan gansis datang pada saat pengunjung tidak terlalu rame, karena jika rame bakal ngantri dan jika sepi pemiliknya mau mengajak kita memutari pulau karena tidak ada pengunjung yang ngatri.

Banana boat kurang menantang? Tenang, bagi gansis yang menyukai tantangan bisa menaiki donat. Pelampung ini dinamakan donat karena berbentuk bulat yang mampu menampung empat orang saja. Desainnya yang kecil dan ringan akan mudah dibawa angin dan ombak ketika ditengah-tengah laut. Terkadang pengemudinya juga usil membawa kita jauh ketengah laut dengan kecepatan maksimum, tapi tenang mereka sudah hapal betul kondisi dan lokasi sekitar pulau tersebut dan kita juga dilengkapi pelampung, jadi aman ya gansis.

Pantai Carocok Painan

©wisatawan.id/Nisa UK

Dari gambar diatas bisa terbayang  bukan bagus dan indahnya pantai ini? kita juga tidak perlu meronggoh kocek terlalu dalam. Jika tidak ada anggaran untuk menggunakan wahana, dengan bermain dan melihat pemandangan saja sudah mehabiskan penat kita yang menumpuk.

Banyaknya pulau yang dapat dikunjungi di Sumatera Barat ini, mengakibatkan pengujung yang terbelah-belah. Maksudnya, kita memiliki banyak pilihan sehingga tidak menumpuk pada satu pulau saja. Ini gambaran pantai waktu weekend, tidak terlalu sepi dan tidak ramai bukan? sehingga membuat kita leluasa untuk bermain. Bahkan anak-anak juga aman bermain dipantai ini, karena memang aman dan mengasyikan. Penduduknya juga sangat terbuka dan ramah dengan pendatang baru seperti kita, gansis.

Wisata lain disekitar pantai Carocok

Pantai carocok ini tidak hanya berseberangan dengan pulau cingkuak, tetapi masih banyak lagi tempat wisata yang bisa kita datangi disekitar pantai ini. Berseberangan dengan pulau cingkuak terdapat pulau batu karang yang dapat kita capai menggunakan jembatan yang sudah dibangun dengan indah oleh pemerintah kota Painan.

Sesuai dengan namanya, di pulau ini terdapat batu karang yang besar. Tebing yang tinggi memecah ombak yang datang, sehingga suasana ketika sunset sangatlah indah. Spot foto juga tidak kalah menarik buat gansis upload disosmed. Tapi harus diperhatikan sandal yang gansis gunakan, berbeda dengan pantai pulau cingkuak, pulau ini memiliki permukaan batu yang cukup kasar sehingga kalau tidak hati-hati bisa melukai kaki gansis. Masuk dipulau ini tidak dipungut biaya apapun, kita bisa datang saja sekalian piknik melihat sunset bersama pasangan atau keluarga.

Diatas kita berjanji membahas pragliding. Pasti gansis bertanya-tanya dipantai mana bisa melakukan pragliding?  nah tempat star pargliding ini berada di puncak Langkisau. Kira-kira 1km berjarak dari pantai carocok kita akan menemukan persimpangan menuju bukit ini. Mendakinya tidak dengan berjalan kaki ya gansis, kita bisa membawa kendaraan sampai kepuncaknya, kendaraan roda dua hingga roda empat. Nah kalau gansis berniat menaiki pragliding jangan lupa membawa sopir yang membawa kendaraan kembali kebawah ya. Karena pragliding ini akan mengantarkan gansis langsung kepantai carocok.

Mungkin kamu tertarik: Surga bahari wisata Karimunjawa.

Pantai carocok Painan menyuguhkan keindahan alam, wisata yang dapat gansis temui juga lengkap dari ketinggian hingga daerah pantai. Kita juga tidak memerlukan tiket pada setiap wisata, hanya dibutuhkan menyiapkan uang parkir untuk motor Rp2.000,00 dan mobil Rp5.000,00. Makanan juga tidak perlu gansis ragukan, bisa memanjakan perut gansis selama berada disana. Bagi gansis yang sudah mengunjungi wisata satu ini, yuk berbagi pengalaman di kolom komentar. Enjoyy!!

https://i2.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2017/08/Puncak-Langkisau.jpg?fit=1024%2C682&ssl=1https://i2.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2017/08/Puncak-Langkisau.jpg?resize=150%2C150&ssl=1Nisa UkPantaiSumbarPainan,Pesisir Selatan
Hai agan dan sista yang memiliki hobi untuk pergi bermain ke daerah pantai. Kita akan berkenalan dengan salah satu pantai yang terletak di daerah Sumatera Barat. Sebagai gambaran pertama dulu, pantai ini tidak kalah indah dibandingkan dengan Pantai Sanur yang ada di Bali. Sudah kebayang bukan bagaimana asyiknya dan...
The following two tabs change content below.

Nisa Uk

Seorang perempuan yang terlahir di daerah ujung Sumatera Barat, dengan tiga adik dan dua kakak. Sekarang berada di negeri perantauan untuk mencari kehidupan yang lebih baik. Masih sangat mengharapkan bisa kembali ke Sumbar ketika sudah tua nanti. Sangat suka pantai dan air dan belum pernah nanjak ke pegunungan. Menyukai wisata alam dibandingkan wisata dengan wahana buatan manusia.