Kota Malang tidak pernah kehabisan tempat wisata. Tak hanya Gunung Bromo dan juga wisata lainnya yang hits terlebih dahulu, kini sudah mulai banyak ditemukan objek wisata lain khususnya di daerah Malang Selatan yang juga layak dikunjungi sobat traveler. Di daerah Malang Selatan ini yang populer adalah wisata pantainya. Ada beberapa wisata pantai yang menawarkan keindahannya masing-masing, salah satunya adalah Pantai Banyu Anjlok.

pantai banyu anjlok

©wisatawan.id/Reffi

Pantai Banyu Anjlok adalah tempat dimana sobat dapat menikmati asyiknya bermain di pantai sekaligus menikmati derasnya air terjun di satu tempat. Memang tempat ini belum seterkenal pantai lainnya seperti Pantai Tiga Warna, namun sobat traveler harus menyempatkan diri untuk menjadi saksi keunikannya.

Lokasi dan Akses Ke Pantai Banyu Anjlok

Banyu Anjlok berlokasi di Dusun Lenggoksono, Desa Tirtoyudo, Dampit, Kabupaten Malang. Dari kota Malang, sobat bisa menghabiskan waktu sekitar 3 jam sampai di lokasinya. Wilayah tersebut memang melintasi jalan berkelok-kelok dan dihiasi barisan vegetasi alami yang memanjakan mata. Tentu saja jika menggunakan kendaraan bermotor, baik roda dua atau roda empat, sobat harus tetap berhati-hati. Cek kondisi kendaraan dan juga kondisi tubuh harus fit supaya tetap fokus berkendara.

Sesampainya di Dusun Lenggoksono pun sobat tidak bisa langsung mencapai pantai Banyu Anjlok, karena perjalanan yang ditempuh masih panjang. Kendaraan roda empat hanya bisa mencapai di Dusun Lenggoksono yang berdekatan dengan Pantai Lenggoksono karena jalur menuju Banyu Anjlok sangat curam dan di sisinya terdapat tebing yang tinggi sehingga harus ditempuh dengan sangat berhati-hati.

Asyiknya Kemping Sebelum Mulai Trekking

Dari Lenggoksono ke pantai Banyu Anjlok itu jaraknya mencapai 5 km. Di sini sobat traveler dapat menyewa ojek yang bisa mengantar sampai separuh perjalanan saja, sisanya wajib dilakukan dengan berjalan kaki. Tapi akan lebih seru jika sobat dan kawan-kawan seperjalanan trekking dari pantai Lenggoksono sampai Banyu Anjlok.

Sobat bisa membawa perlengkapan kemping lalu berkemah di tepian pantai Lenggoksono. Membuat api unggun sambil berbagi camilan di malam hari bersama kawan-kawan, akan membuat tubuh dan pikiran lebih rileks, seolah kita lebih menyatu dengan alam.

Jangan lupa persiapkan pakaian yang nyaman serta alas kaki yang cocok digunakan trekking. Sebaiknya gunakan alas kaki seperti sandal gunung yang meminimalisir terjadinya slip saat trekking keesokan hari. Di musim penghujan, jalur trekking cukup licin dan berbahaya karena di sisinya ada tebing tinggi juga curam.

Perjalanan Panjang Menuju Pantai Banyu Anjlok

Pantai Lenggoksono adalah pantai yang banyak dihiasi bebatuan. Karena pantai ini dekat dengan perkampungan, otomatis kehidupan penduduk sekitar kebanyakan tak jauh dari profesi nelayan. Ombaknya cukup besar karena pantai-pantai di Malang Selatan masih tergabung dengan pantai selatan lainnya. Dan Panyai Banyu Anjlok ini juga masih berada di satu garis pantai.

Sarapanlah yang cukup dan lakukan pemanasan ringan sebelum melakukan trekking. Jangan lupa bawa perbekalan yang memadai khususnya minuman. Perjalanan dimulai dengan menyusuri bibir pantai Lenggoksono. Sobat harus melintasi sebuah aliran kecil yang memisahkan pantai dengan bukit yang akan dijadikan jalur trekking. Jika belum ingin berbasah-basah, sobat bisa memilih jalur sedikit memutar yang tentunya lebih jauh.

Bukit yang akan sobat lalui jalurnya berkelok-kelok dan naik turun. Di musim hujan jalannya menjadi sangat licin dan agak berlumpur. Bersiaplah untuk sesekali berpegangan di dinding bebatuan atau berpegangan pada pepohonan. Semakin tinggi sobat berjalan, maka semakin tinggi pula tebing dan jurang yang berada di bawah bukit. Ada papan penanda menuju Banyu Anjlok beserta berapa kilometer jarak yang harus ditempuh sehingga risiko tersesat sangatlah kecil.

Coba bayangkan jika sobat tidak menggunakan alas kaki yang kuat, resiko sandal putus kerap kali terjadi saat pengunjung sedang berjalan kaki. Jalanan yang banyak batunya dan juga berlumpur, sangat tidak nyaman bila dilalui tanpa alas kaki, tentunya juga jauh lebih berbahaya.

Namun, setelah kelelahan berjalan berkilo-kilo meter, akan terbayar ketika sobat mencapai pantai Banyu Anjlok. Suara air terjun dan juga paduan pecahan gelombang laut, sangat ritmis serta unik.

Air Terjun dan Pantai yang Menjadi Satu

Keistimewaan utama pantai ini adalah air terjunnya yang terletak tak jauh dari bibir pantai. Paling menyenangkan kalau sobat datang saat musim hujan sebab volume air terjun yang melimpah bisa mencapai garis pantai. Uniknya adalah seolah ada garis pembatas tak kasat mata di tengah jalur bertemunya aliran air terjun dan air laut. Air dari laut tentunya asin, sedangkan air dari air terjun termasuk tawar.

Air terjun dan pantai | ©wisatawan.id/Reffi

Pasir pantai Banyu Anjlok adalah cokelat, tidak seputih pasir pantai lainnya. Namun karena jauh dari pemukiman penduduk, kebersihannya masih relatif terjaga.

Puas berenang atau bermain air di pantai, sobat bisa membersihkan diri di air terjunnya. Air terjunnya sangat dingin. Sayangnya karena tidak ada kamar mandi atau ruang ganti, setelah berbasah-basah ria, sobat tidak bisa berganti pakaian kering. Jadi sobat harus rela mengenakan pakaian basah sambil berjalan kembali ke Lenggoksono. Jauhnya perjalanan membuat pakaian bisa kering dengan sendirinya.

Apa cuman air terjun aja yang asyik? Tidak, ada satu spot menarik lagi selain air terjun, sobat bisa kembali ke jalur trekking dengan melakukan climbing di satu sisi tebing yang memang akan memotong jalur lebih cepat dibanding jalur biasa. Sudah tersedia satu tali tambang yang bisa digunakan climbing.

Coba juga: Pantai Tiga Warna Malang.


Oke sekali kan jika berkunjung ke Banyu Anjlok? Kalau biasanya wisata pantai dan air terjun itu letaknya terpisah, di pantai ini sobat dapat mendapatkan dua keistimewaan dalam satu tempat. Segera agendakan jadwal liburan ke sini dan selamat berpetualang!

https://i2.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/11/lenggoksono.jpg?fit=1024%2C576&ssl=1https://i2.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/11/lenggoksono.jpg?resize=150%2C150&ssl=1ReffiJatimPantaiAir Terjun,malang
Kota Malang tidak pernah kehabisan tempat wisata. Tak hanya Gunung Bromo dan juga wisata lainnya yang hits terlebih dahulu, kini sudah mulai banyak ditemukan objek wisata lain khususnya di daerah Malang Selatan yang juga layak dikunjungi sobat traveler. Di daerah Malang Selatan ini yang populer adalah wisata pantainya. Ada...
The following two tabs change content below.

Reffi

Seorang blogger di www.wordholic.com. Japanese interpreter. Penulis 4 novel dan puluhan antologi, book addict, travelholic