Anda yang sering melintasi jalan Semarang-Solo atau sebaliknya? pasti akrab dengan Obyek Wisata Goa Rong. Yups, obyek wisata yang dekat dengan pintu keluar tol Bawen dan Jembatan Tuntang ini sedang naik daun seiring dengan perkembangan media sosial. Goa Rong sendiri mulai dikenal masyarakat setelah foto-foto keindahannya tersebar di jejaring media sosial.

Foto: Litalia @Koleksi WISATAWAN.ID
Objek Wisata Goa Rong
Goa Rong terletak di kawasan Wisata Tlogo, Tuntang, Kabupaten Semarang. Kawasan ini hanya berjarak sekitar dua kilometer dari jembatan Tuntang, membuat anda mudah mengunjunginya. Keindahan Goa Rong ditampilkan oleh pemandangan yang asri, sebab letaknya di perbukitan yang sarat dengan pepohonan dan udara yang sejuk. Lengkap dengan perkebunan karet dan kopi yang membentang luas menambah keindahan. Sebuah Gazebo Putih yang terlihat dari ruas jalan Semarang-Solo pun seolah memanggil anda untuk singgah dan bersantai di sana.

Jika dilihat dari aspek geologis, Obyek Wisata Goa Rong ini merupakan puncak area lipatan Payung-Rong yang terletak di sebelah barat laut Salatiga. Dari ketinggian, kawasan ini tampak seperti punggungan yang membatasi wilayah Rawa Pening. Sehingga tidak heran jika keindahan Goa Rong memiliki daya tarik utama dari pemandangan  indah di sepanjang  jalan yang meliuk naik. Pemandangan ini merupakan perpaduan antara lereng-lereng di puncak bukit, perkebunan kebun karet dan kebun kopi, lembah serta persawahan, serta tidak ketinggalan view danau Rawa Pening yang terlihat biru.

Keindahan Goa Rong juga diperkuat dengan barisan lima gunung yang bisa dilihat ketika cuaca cerah. Lima gunung tersebut adalah: Merapi, Telomoyo, Ungaran, Sindoro, dan Sumbing. Nah, untuk menikmati pemandangan tersebut, anda bisa duduk-duduk di gazebo yang sudah disediakan. Bahkan kawasan ini dilengkapi dengan Mushola berdinding kaca tembus pandang yang menghadap langsung ke pemandangan Rawa pening serta jajaran kelima gunung tersebut.

Foto: Litalia @Koleksi WISATAWAN.ID
Obyek Wisata Goa Rong
Selain itu, salah satu yang spesial dari Obyek Wisata Goa Rong ini adalah anda bisa menikmati matahari terbit dan terbenam dengan sudut pandang yang sudah diatur sedemikian rupa sambil menikmati secangkir kopi di gazebo yang disediakan. Bagaimana? Syahdu bukan?

Apa saja Fasilitas di Obyek Wisata Goa Rong?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, obyek wisata Goa Rong ini dilengkapi dengan gazebo-gazebo dan mushola yang dilatar belakangi dengan pemadangan Rawa Pening. Kawasan wisata ini juga difasilitasi dengan resto dengan bentuk bangunan Joglo.

Bagaimana Akses jalan menuju Obyek Wisata Goa Rong?

Obyek Wisata Goa Rong terletak di seputar komplek  Tlogo Resort. Dari lapangan Tlogo, Desa Delik, Kecamatan Tuntang, silahkan berbelok ke kanan memasuki daerah pemukiman hingga bertemu dengan tanjakan Bukit Rong. Jaraknya hanya sekitar 2 km dari Resort. Setelah menaiki tanjakan Bukit Rong ini anda akan bertemu dengan Pintu Gerbang menuju Obyek Wisata Goa Rong. Jangan khawatir, jalanannya sudah berupa tanjakan aspal.

Harga tiket yang harus dibayarkan untuk bisa masuk ke obyek wisata ini sangat murah. Hanya dengan Rp 3.000,- untuk weekdays, dan Rp 5.000,- untuk weekend, anda sudah bisa menikmati paket lengkap keindahan Goa Rong. Dari Pos Karcis, anda bisa memilih untuk melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki atau berkendara. Jangan takut untuk berjalan kaki, sebab pemandangan di sekeliling jalan yang dipenuhi oleh hijaunya pepohonan dan birunya pemandangan pegunungan akan membayar lunas rasa letih yang anda rasakan.

Mengingat letak Goa Rong yang berada di tengah perbukitan, untuk menuju ke sana anda bisa memilih untuk menyusuri jalan buatan yang berada di sebelah utara gazebo utama. Hati-hati sebab jalan buatan ini medannya menurun curam, licin dan hanya selebar 1 meter. Jika ingin medan yang lebih aman, anda dapat melalui jalan aspal di tengah perjalanan setelah pos penjagaan. Jika bingung, jangan malu-malu untuk bertanya kepada petugas yang ada di sana, ya.

Apa Obyek Wisata Terdekat dengan Obyek Wisata Goa Rong?

  1. Danau Rawa Pening

Rawa Pening merupakan tempat wisata yang berupa danau dengan luas sekitar 2670 ha. Obyek wisata ini ditunjang dengan perahu tradisional untuk mengitari danau, sentra kerajinan enceng gondok, pemancingan alam, dan pemandangan yang indah.

  1. Eling Bening

Tempat Wisata Eling bening juga merupakan obyek wisata perbukitan di sekitar gua Rong. Tempat ini berupa kawasan wisata dengan pemandangan alam kabupaten Semarang seluas 10 ha. Eling Bening dilengkapi dengan Kafe, Resto, Kolam Renang, Camping Ground, Ruang Outond, Meeting room, hotel, serta penginapan dengan budget yang terjangkau.

Wisata menarik lainnya: Candi Gedong Songo.

Obyek Wisata ini Cocok dikunjungi oleh siapa?

Obyek Wisata Goa Rong ini cocok dikunjungi oleh siapa saja. Anda bisa mengajak keluarga, teman-teman, bahkan pasangan anda. Keindahan Goa Rong ini merupakan hiburan yang ampuh bagi anda yang bosan dengan pemandangan hiruk pikuk kota yang bising, sebab pemandangannya yang asri dan udaranya yang sejuk mampu menenangkan rasa penat anda.

https://i1.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/05/P_20150412_154643-1-1.jpg?fit=768%2C432&ssl=1https://i1.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/05/P_20150412_154643-1-1.jpg?resize=150%2C150&ssl=1litaliaJatengWisata AlamBukit,Goa,Panorama Alam,Semarang
Anda yang sering melintasi jalan Semarang-Solo atau sebaliknya? pasti akrab dengan Obyek Wisata Goa Rong. Yups, obyek wisata yang dekat dengan pintu keluar tol Bawen dan Jembatan Tuntang ini sedang naik daun seiring dengan perkembangan media sosial. Goa Rong sendiri mulai dikenal masyarakat setelah foto-foto keindahannya tersebar di jejaring...
The following two tabs change content below.

litalia

Writer at Wisatawan.id
Sebagai anak jurusan pendidikan sejarah, tentu saya menyukai perjalanan. dalam setiap perjananan pula, akan saya abadikan dalam memori dan jepretan kamera.