Obyek Taman Wisata Kopeng, WISATAWAN.ID – Jika mendengar kata Salatiga, apa yang pertama kali terlintas dalam benak anda? Sebagian besar orang mungkin akan menjawab: Kopeng. Ya, Kawasan wisata yang berada di ketinggian 1500mdpl di bawah kaki gunung merbabu ini mengusung nuansa nature and heritage, sehingga menjadi salah satu obyek wisata kebanggaan kota Salatiga.
[image-caption-hover id=”29″] Tetapi tunggu dulu. Sebenarnya, Obyek taman wisata kopeng terletak di kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Meski secara administratif Kopeng termasuk dalam wilayah Kabupaten Semarang, namun Kopeng lebih dekat dengan kota Salatiga. Jaraknya hanya sekitar 14 km dari kota Salatiga. Oleh karena itu, masyarakat lebih melekatkan kata Kopeng dengan Salatiga dibanding dengan Kabupaten Semarang.

Obyek taman wisata Kopeng terletak persis di kaki gunung Merbabu, gunung Telomoyo, dan gunung Andong. Maka keindahan alam Kopeng sudah tidak diragukan lagi. Hal inilah yang kemudian menjadikan Kopeng sebagai obyek wisata favorit yang cocok digunakan untuk bersantai dengan keluarga atau teman-teman. Udaranya yang sejuk dan pemandanganya yang asri bisa meredakan rasa penat anda setelah menjalani rutinitas yang padat.

Sepanjang jalan menuju kawasan obyek taman wisata Kopeng, mata anda akan dimanjakan dengan banyaknya hutan pinus yang teduh. Meski harga tiket masuknya bisa dibilang cukup mahal, namun semua itu sepadan dengan wahana yang bisa anda nikmati. Mulai dari sarana rekreasi dan taman bermain untuk anak-anak, taman bersantai, hingga kolam renang dan beberapa wahana outbound.

Fasilitas
[image-caption-hover id=”30″] Obyek taman wisata Kopeng mempunyai banyak wahana permainan yang seru dan memicu adrenalin anda. Contohnya adalah permainan Flying Fox setinggi 12 meter untuk orang dewasa dan 6 meter untuk anak-anak. Jika flying fox anda rasa kurang menantang, maka anda patut mencoba spider jumper dengan ketinggian mencapai 20 meter untuk orang dewasa, dan lorong gantung untuk bermain anak-anak.

Selain itu, ada juga trampoline jaring, panjat dinding, repling pohon, dan masih banyak lagi permainan yang bisa anak-anak anda coba. Obyek wisata ini juga dilengkapi dengan restoran, waterpark, kebun seluas 4,17 ha, playground, Coffee shop, ATV, family resort and hall, family karaoke, Bilyard, toko cendera mata, dan  penginapan di sekitar area bermain. Tiket masuknya sekitar Rp 10.000,- tetapi belum termasuk dengan harga setiap wahana yang ingin anda coba.

Akses menuju Lokasi

Akses jalan menuju Kopeng sangat mudah ditempuh. Anda bisa mengendarai kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Anda cukup mengambil arah menuju kota Salatiga. Untuk anda yang datang dari arah Yogya dan Solo juga dapat menuju obyek taman wisata Kopeng dengan mudah, cukup menuju Semarang melewati jalan Tol Bawen.

Obyek Wisata Terdekat

  1. Gardu Pandang Cuntel

Gardu pandang Cuntel merupakan salah satu tempat di kawasan kecamatan Getasan yang sedang populer karena perkembangan media sosial yang pesat. Berada di ketinggian 1700mdpl dari dusun tertinggi di kawasan wisata Kopeng, anda bisa melihat pemandangan hijau pengunungan yang mengelilingi Kopeng. Pemandangan yang terlihat meliputi gunung Telomoyo, gunung Andong, dan Gajah mungkur.  Bahkan dari sela-sela pemandangan Telomoyo dan Gajah Mungkur, birunya Rawa Pening-pun turut terlihat. Tidak jauh dari Gardu Pandang Cuntel, ada Bukit Harapan dan basecamp pendakian ke Gunung Merbabu.

  1. Air terjun Kalipancur

Air terjun ini terletak di kaki gunung Telomoyo, dan merupakan salah satu air terjun yang menarik untuk dikunjungi ketika anda mampir bertamasya ke obyek wisata Kopeng. Letaknya hanya sekitar 5 km dari Kopeng, tepatnya di desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Untuk menuju ke sana anda harus melalui turunan tangga yang cukup menantang dengan pemandangan hutan yang asri dan kaki gunung Telomoyo yang teduh.

  1. Obyek Wisata lain

Di sekitar kawasan obyek taman wisata Kopeng terdapat banyak sekali air terjun. Namun beberapa di antaranya udah masuk ke kawasan Kabupaten Magelang. Wisata tersebut antara lain: Air terjun Sumuran dan Air terjun Sekar Langit. Selain air terjun, ada juga Ketep pass (baca juga: gardu pandang ketep pass) dan puncak Telomoyo.

Rekomendasi

Seperti yang kita tahu, kawasan taman wisata Kopeng memiliki banyak sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan rekreasi anda dengan keluarga. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya fasilitas seperti playground, resto, hingga karaoke keluarga yang tersedia untuk mendukung family time anda. Namun tidak menutup kesempatan bagi anda untuk menikmati keindahan alam Kopeng bersama dengan teman-teman dan pasangan anda.
[image-caption-hover id=”31″] Obyek wisata ini juga sangat cocok untuk anda yang sehari-hari memiliki rutinitas di kota-kota besar yang sibuk dan penuh polusi. Kesejukan udara dan keindahan alam yang ada mendukung anda untuk rehat sejenak dari ingar bingar perkotaan.

https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/05/kopeng-1.jpg?fit=768%2C576&ssl=1https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/05/kopeng-1.jpg?resize=150%2C150&ssl=1litaliaJatengWisata AlamPanorama Alam,Semarang,Taman Hiburan
Obyek Taman Wisata Kopeng, WISATAWAN.ID - Jika mendengar kata Salatiga, apa yang pertama kali terlintas dalam benak anda? Sebagian besar orang mungkin akan menjawab: Kopeng. Ya, Kawasan wisata yang berada di ketinggian 1500mdpl di bawah kaki gunung merbabu ini mengusung nuansa nature and heritage, sehingga menjadi salah satu obyek...
The following two tabs change content below.

litalia

Writer at Wisatawan.id
Sebagai anak jurusan pendidikan sejarah, tentu saya menyukai perjalanan. dalam setiap perjananan pula, akan saya abadikan dalam memori dan jepretan kamera.