Pernahkah anda berfikir bagaimana mobil itu diciptakan? Kalau anda membaca sejarah mobil Honda, Toyota, Daihatsu dan lainya, mereka semua tak lain dulunya berupa perusahaan tenun semata. Nah, di Museum Angkut Batu Malang, anda bisa mengenal dan mengenang segala jenis alat transportasi yang pernah ada di dunia ini.

Museum Angkut Batu Malang

Kendaraan jaman dahulu ketika masih menggunakan alat transportasi Hewan di Museum Angkut

Museum yang umumnya dirancang dengan desain kuno, tidak menarik dan terkesan membosankan tidak akan anda temui di Museum Angkut Batu Malang ini. Bagaimana tidak, anda akan di suguhi pemandangan Museum dengan desain dan konsep penyajian yang segar dan menyenangkan. Seluruh benda-benda bersejarah berkaitan alat transportasi terpajang apik dan menarik tidak hanya dalam satu ruangan. Bahkan tak hanya dalam ruan tertutup.

Mengenal Museum Angkut Batu Malang

Museum angkut adalah museum transportasi pertama dan terbesar yang terletak di kota wisata Batu Malang di Jawa Timur. Tepatnya berada di Jl. Terusan Sultan Agung No.2 Kota Wisata Batu, Malang. Untuk pergi ke museum angkut ini anda bisa mengaksesnya dengan berkendara motor roda dua ataupun roda empat. Selain itu, untuk mencari lokasi museum angkut ini bisa ditempuh dengan alat transportasi umum dari Malang yaitu dengan menaiki rute Stasiun Malang dilanjutkan dengan naik angkutan umum menuju Terminal Landung Sari.

Museum Angkut Batu Malang

Contoh Mobil Lama di Museum Angkut

Dari situ, anda naik bus Puspa jurusan Jombang menuju museum angkut. Kota Batu Malang adalah kota yang menyenangkan, jadi misal anda sedikit tersesat disini maka bersyukurlah anda karena akan ada pengalaman menarik yang akan anda dapatkan disana.

Kadang masyarakat salah menyebutkan nama museum angkut ini, kadang ada yang menyebutnya dengan sebutan museum angkot dan ada juga yang menyebutnya dengan sebutan musium angkut. Museum angkut merupakan obyek wisata yang sangat cocok untuk dikunjungi baik itu bersama teman, keluarga atau pasangan disaat anda sedang berlibur di kota Batu.

Kenapa? Karena di museum yang resmi dibuka pada tanggal 9 Maret 2014 ini menyajikan atraksi wisata yang sangat spektakuler. Yaitu dengan adanya gabungan antara sejarah dan hiburan yang menarik. Jadi di dalam museum angkut batu malang ini terpajang kendaraan – kendaraan yang ada dari zaman dahulu dan sering digunakan masyarakat untuk bepergian dari beragam tempat bahkan dari beragam negara.

Desain Pameran Mirip Museum Luar Negeri

Museum angkut ini menempati tempat outdoor dan indoor untuk memamerkan koleksinya yang berjumlah lebih dari 300 koleksi kendaraan dimana kendaraan – kendaraan tersebut berasal dari beberapa negara yang berbeda. Yang membuat menarik disini adalah adanya konsep sebuah lingkungan yang dirancang menyerupai atau mirip dengan negara asli kendaraan tersebut berasal sehingga membuat pengunjung benar – benar berkesan di tempat ini.

Oleh karena itu, museum angkut terkenal dengan bangunan yang arsitekturnya mirip dengan arsitektur luar negeri sehingga banyak dijadikan tempat hunting foto terutama oleh para fotografer handal. Pengunjung yang bukan merupakan fotografer juga tidak mau ketinggalan mengabadikan tempat ini untuk berfoto dengan keluarga, teman atau pasangan mereka. Dan menurut saya, tempat ini memang sangat cocok untuk pemuda pemudi zaman sekarang terutama bagi mereka yang hobi berfoto karena berfoto di museum angkut ini akan menghasilkan foto yang keren, elegan dan kekinian.

Museum Angkut Batu Malang

Pertunjukan Costplay Museum Angkut

Jika dilihat sekilas, sebenarnya desain bangunan museum angkut ini lebih mirip ke theme park dibandingkan museum. Oleh karena itu museum transportasi ini sangat cocok digunakan untuk memperkenalkan dan mengajarkan anak-anak tentang sejarah dan perkembangan alat angkut. Apalagi tempatnya memiliki kesan  luwes dan menyenangkan. Karena lebih ke arah theme park, maka di museum angkut anda bisa menonton aneka pertunjukan, diantaranya adalah :

  • Welcome to gangster town yang dilakukan pada pukul 14.00 – 14.30 WIB
  • Super hero costume yang dilakukan pada pukul 15.00 – 15.30 WIB
  • Museum angkut dan movie star studio parade yang dilakukan pada pukul 17.00 WIB pada setiap weekend dan highseason
  • Three elements show yang dilakukan pada pukul 19.45 WIB

Ketika berkeliling di museum angkut batu malang, anda akan menemukan ruangan – ruangan atau zona – zona yang berbeda. Zona pertama adalah zona utama ( main hall ) dimana zona ini menempati lahan seluas 900 m2 dan memamerkan berbagai alat transportasi dari Indonesia dan dari negara lain. Zona kedua adalah education zone dimana sesuai dengan namanya zona ini menjelaskan berbagai informasi seputar sejarah alat transportasi.

Museum Angkut Batu Malang

Suasana Luar Ruangan Museum Angkut Batu Malang

Zona ketiga adalah sunda kelapa dan batavia warehouse zone dimana zona ini memperlihatkan transportasi Jakarta tempo dulu. Lalu zona – zona berikutnya adalah gangster town dan broadway street zone yang memperlihatkan berbagai alat transportasi di era 1970an. Ada Al-Capone, Buckingham Palace Zone, Europe Zone, Las Vegas Zone dan Hollywood Zone.

Sebenarnya ada satu zona lagi yaitu pasar apung ( floating market zone ). Nah, bagi anda yang ingin merasakan sensasi belanja di pasar apung, anda bisa mengunjungi zona ini. Di pasar apung tersebut anda bisa berbelanja souvenir khas museum angkut dan juga berbagai cemilan dan makanan.

Wisata terkait: Floating Market di Lembang Bandung.

Sensasinya Tak Dapat Anda Lupakan

Saya sendiri benar-benar mengagumi museum angkut batu malang ini karena di sana saya merasakan sensasi berada di luar negeri. Cobalah anda mengunjungi obyek wisata ini. Lalu buktikan sendiri bahwa museum angkut memang benar-benar beda dari museum lainnya dan menyimpan keindahan tersendiri. Saran saya, pastikan anda membawa kamera terbaik anda. Anda akan merasakan seolah tidak sedang berada di wilayah Indonesia.

https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/08/Museum-Angkut-Batu-Malang-1.jpg?fit=1024%2C614&ssl=1https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/08/Museum-Angkut-Batu-Malang-1.jpg?resize=150%2C150&ssl=1litaliaBerbudayaJatimBatu Malang,malang,Wisata Sejarah
Pernahkah anda berfikir bagaimana mobil itu diciptakan? Kalau anda membaca sejarah mobil Honda, Toyota, Daihatsu dan lainya, mereka semua tak lain dulunya berupa perusahaan tenun semata. Nah, di Museum Angkut Batu Malang, anda bisa mengenal dan mengenang segala jenis alat transportasi yang pernah ada di dunia ini. Museum yang umumnya dirancang...
The following two tabs change content below.

litalia

Writer at Wisatawan.id
Sebagai anak jurusan pendidikan sejarah, tentu saya menyukai perjalanan. dalam setiap perjananan pula, akan saya abadikan dalam memori dan jepretan kamera.