Menyusuri Hutan Mangrove Jakarta – Menjalani rutinitas di Kota Jakarta memang terasa melelahkan, terutama bagi orang – orang yang mengharuskan dirinya untuk bermacet – macet setiap pergi ke kantor. Belum lagi polusi udara dimana – mana yang sangat buruk bagi kesehatan paru – paru kita, akibat volume kendaraan yang membludak di Jakarta, serta banjir yang seolah menjadi tamu langganan bagi jakarta.

Pesona Hutan Mangrove jakarta

©wisatawan.id/Citra

Eitss…  tetapi sobat, ibukota ternyata tak sekejam yang kita kira. Selain hiruk pikuk jakarta yang bisa membuat kita stress, ternyata Jakarta masih menyimpan sisi eksotis alamnya yang akhir- akhir ini diramaikan pengunjung, yaitu Hutan Mangrove.

Pepohonan yang rindang dan hijau mampu memanjakan mata, tanaman – tanaman payau yang tumbuh serta desain keseluruhan wisatanya sangat memesona pengunjung, sangat jauh berbeda dengan kondisi perkotaan Jakarta yang panas dan minim pepohonan.

Alternatif yang cocok bagi anda yang ingin melipir sejenak dari rutinitas dan mencari pemandangan yang menyejukan mata dan tak perlu berjauh – jauh keluar kota untuk menikmati keindahan alam.

Pesona Hutan Mangrove jakarta

©wisatawan.id/Citra

Selanjutnya  kita akan membahas mengenai salah satu hutan mangrove yang unik, desain bangunannya unik, fasilitasnya yang unik, dan terletak diperkotaan, yaitu Hutan Mangrove Jakarta. Hutan Mangrove ini terletak di Taman Wisata Alam Angke, Kapuk Muara – Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara. Kawasan ini memiliki luas sekitar 100 hektar yang wilayahnya didominasi oleh  tanaman dan pepohonan Mangrove.

Cukup merogoh kocek sekitar Rp 25.000 bagi wisatawan domestik dan Rp 250.000 bagi wisatawan asing ditambah dengan biaya retribusi parkir, anda sudah bisa melihat keindahan bagian- bagian dalam hutan Mangrove Jakarta ini.

Akses Transportasi Menuju Hutan Mangrove Jakarta
Akses transportasi menuju Pantai Indah Kapuk dan Hutan Mangrove Jakarta sangat mudah, jika anda menggunakan mobil pribadi anda dapat memanfaatkan jalan tol dan keluar di tol Pantai Indah Kapuk arah Waterboom Garden & Golf – Sekolah Tzu Chi.

Bagi anda yang ingin berkunjung menggunakan transportasi umum Trans Jakarta untuk tujuan Pluit, kemudian anda turun di halte Penjaringan, sampai disini anda harus menyambung perjalanan anda menggunakan angkutan kota B1 tujuan Muara Karang, dan angkutan kota U11 jurusan PIK. Namun tak perlu khawatir, karena begitu banyak display di jalan raya yang mengarahkan ke tujuan Hutan mangrove Jakarta ini.

Pemandangan Hutan Mangrove Jakarta dan Fasilitas
Begitu memasuki wilayah Hutan Mangrove Jakarta, anda akan langsung disuguhi pepohonan yang hijau dan rimbun, dan jalan serta jembatan sekitar kawasan Hutan Mangrove yang didominasi oleh kayu. Susunan – susunan kayu dan jembatan lebih mendominasi didaerah ini daripada tanah biasa. Desain ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung wisata Hutan mangrove.

Pesona Hutan Mangrove jakarta

©wisatawan.id/Citra

Jika kita berbicara mengenai fasilitas yang tersedia di Hutan Mangrove Jakarta, wisata ini menyediakan fasilitas yang lengkap yaitu :

  • Mesjid yang luas disekitar pintu gerbang
  • Mushola yang terletak didalam kawasan Hutan Mangrove
  • Kantin yang menjual berbagai makanan dan minuman ringan
  • Perahu / sampan
  • Villa dan camp ground
  • Wisata Edukasi
  • Halaman Parkir
  • WC/ Toilet umum

Jadi sobat tak perlu khawatir jika berkunjung ke hutan Mangrove, karena fasilitas yang disediakan cukup lengkap dan bagus.

Wisata Edukasi dan Prewedding
Seperti yang dituliskan diatas, wisata hutan Mangrove ini juga bisa dijadikan alternatif wisata edukasi. Disini sobat bisa belajar mengenai budidaya tanaman mangrove, mempelajari teknik – teknik khusus menanamnya yang dipandu pihak pengelola wisata, cukup dengan Rp 150.000 sobat akan diajarkan teknik – teknik khusus menanam tanaman payau.

Selain itu, Hutan Mangrove di Jakarta ini juga sering dijadikan tempat prawedding bagi beberapa orang. Baik itu mengambil latar pemandangannya ataupun berfoto diatas sampan yang bisa disewa. Harga sewa sampannya pun terbilang cukup murah berkisar Rp 100.000 hingga Rp 250.000. Tak hanya sampan, pihak pengelola hutan mangrove juga menyediakan penyewaan speed boat, harga sewa speed boat ini cukup mahal berkisar antara Rp 350.000 hingga Rp 500.000, dan mampu menampung muatan dengan kapasitas maksimal yaitu 8 orang.

Wisata menarik lainnya: Bangunan Bersejarah di Jakarta.

Tips Jika Berwisata Ke Sini
Wah, ini menarik sekali untuk dikunjungi, apalagi tempatnya masih terletak dikawasan perkotaan. Sebagai tips buat sobat yang ingin berkunjung ke Hutan Mangrove Jakarta, sebaiknya jangan gunakan high heels atau sepatu yang menyulitkan ketika berjalan, karena ketika hujan tanah yang ada pada jalan menyusuri ujung hutan cukup licin, serta gunakan pakaian yang tidak terlalu tebal, pada siang hari cuaca disekitar sini cukup panas.


Semoga artikel ini berguna dan mengispirasi sobat yang kebingungan mencari wisata alam yang murah meriah dan menarik.

Create By Citra T Angelia

 

https://i1.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/09/FullSizeRender-1.jpg?fit=640%2C467&ssl=1https://i1.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/09/FullSizeRender-1.jpg?resize=150%2C150&ssl=1CitraJakartaWisata AlamHutan Mangrove,Panorama Alam,Wisata Edukasi
Menyusuri Hutan Mangrove Jakarta - Menjalani rutinitas di Kota Jakarta memang terasa melelahkan, terutama bagi orang – orang yang mengharuskan dirinya untuk bermacet – macet setiap pergi ke kantor. Belum lagi polusi udara dimana – mana yang sangat buruk bagi kesehatan paru – paru kita, akibat volume kendaraan yang...
The following two tabs change content below.

Citra

Engineer at Fedex Indonesia | Kawasaki Motor Indonesia
Industrial Engineer - Creative Writer - High Interest with Music, Design and Travelling.