Kesejukan Kebun Teh Medini: Ngeteh Secara Langsung, WISATAWAN.ID – Tidak ada salahnya jika saya ceritakan satu nuansa alam tentang perkebunan teh medini. Tepatnya di pegunungan ungaran. Sama dengan perkebunan teh dimana saja, tentu sobat bisa bayangkan bagaimana keadaan udara. Tak tercampur asap kendaraan. Sekali terhirup seolah masuk mulus ke dalam paru-paru. Segar. Apalagi kebun teh medini terletak diketinggian 1500 DPL.
[image-caption-hover id=”35″] Terlebih dari perkebunan teh medini ini, sobat bisa melihat hamparan pegunungan yang berada dibawahnya. Amat hijau menggoda mata. Beberapa pohon pinus juga tumbuh subur. Sobat juga bisa menyeduh secangkir teh dari daun yang langsung sobat petik sendiri. Di area perkebunan, tepatnya ditengah-tengah perkebunan juga mengalir air jernih. Cabalah basuh muka dan biarkan dinginya masuk ke dalam pori-pori kulit wajah.

Kebun teh medini, tepatnya terletak di pengunungan Ungaran, kabupaten Semarang, Jawa Tengah, sebelah utara berbatasan langsung dengan Kota Semarang. Meski ada di pegunungan ungaran, kebun teh medini merupakan wilayah Kabupaten Kendal. Perkebunan teh ini sudah ada sejak jaman belanda, dan sampai sekarang tetep eksis. Malah semakin ramai dikunjungi untuk melepas penat dari aktivitas harian yang super sibuk.

Bagi sobat yang pernah ke promasan, tentu sobat akrab dengan perkebunan ini. sebab perkebunan ini terletak di jalur pendakian sobat menuju promasan. Lain kali akan saya ceritakan nuansa eloknya promasan di malam hari yang bertabur bintang di bumi dan sejuk di pagi hari.

Jika sobat memutuskan untuk ke kebun teh medini, jangan lupa untuk menikmati air terjun yang berada di bawahnya. Airnya seolah mengalir dari perbukitan yang sama tingginya dengan lokasi menanam teh, hanya berada di sisi selatanya. Seolah berada dibawah perkebunan teh. Hanya saja, sobat perlu menyiapkan tenaga ekstra untuk menikmati air terjun ini.

Akses ke kebun teh medini: Butuh tenaga ekstra serta hati-hati

Yups, sobat yang ingin menghirup udara segar di tengah kebun teh medini sepertinya harus menyiapkan tenaga super ekstra. Dari jarak sekitar 3 kilometer sobat sebelum sampai ke kebun teh jalanan hanya bebatuan. Tidak ada aspal atau track lurus. Naik turun dengan batu besar kecil akan sobat temui. Tidak bisa naik mobil pribadi apalagi mobil umum, naik motor saja, sobat musti kecepatan super pelan dengan kondisi kendaraaan harus prima. Jika tidak, saya pastikan tidak akan bisa naik.
[image-caption-hover id=”36″] Meski pemandangan sepanjang perjalanan amat menggoda mata, sebab sobt bisa melihat kendal dan semarang dari jalan yang sobat lalui, tetapi saya pastikan sobat akan konsentrasi di jalan. Lupakan menikmati alam sekitar jika sobat naik kendaraan. Berbahaya. Putuskan untuk berhenti jika menginginkanya. Sobat tidak akan salah jalur, sebab hanya ada satu jalan di sana.

Setelah sobat berjalan kira-kira dua kilometer, sobat akan menemui pos TNI, disitulah sobat akan membayar uang masuk lokasi sebesar 2500 untuk satu orang. Jika dengan motor, tenang saja, tidak ada biaya parkir. Silakan bawa tiketnya dan lanjutkan perjalanan sobat.

Dari pos masuk, sobat tetap akan melewati jalur yang sama. Hanya bebatuan. Tetapi kondisi ini akan terbayar jika sobat telah sampai ke lokasi. Apalagi jika sobat melakukanya dengan teman-teman. oh ya, saya sarankan untuk tidak melakukan perjalanan sendirian. Lokasi perjalananya cukup sepi.

Lokasi: Di atas Pemandian Air hangat Gonoharjo

Oke sobat, saya beritahu dimana perkebunan ini tepatnya terletak. Apabila sobat memulai perjalanan dari kota Semarang, sobat dapat melewati jalur Pasar Jrakah ke Boja melewati kecamatan Mijen dan Cangkiran. Ketika sobat sudah memasuki wilayah Cangkiran, sobat silakan lurus menuju Taman Rejo, kalau belok ke kanan akan menuju Kecamatan Bojo. Nah untuk sobat yang dari Ungaran, sobat bisa melewati jalur Pasar Ungaran – Gunung Pati – Cangkiran. Silakan lanjutkan seperti petunjuk yang pertama. Lokasi kebun teh medini sebenarnya searah jika sobat ingin ke pemandian air hangat gonoharjo.

Lihat: Pemandian air hangat Gonoharjo.

Apa yang bisa sobat lakukan disana?

Hal paling nikmat untuk dilakukan di kebun teh adalah menyeduh teh secara langsung. Itu bisa sobat lakukan. Beberapa juga memanfaatkan lokasi ini untuk camping dan menikmati udara pagi setelah bermalam. Atau hanya sekadar berkunjung melepas penat. Fasilitas cukup setandar, ada mushola dan tempat membersihkan diri.

Pastikan sobat mencoba sensasi berada di tengah kebun teh. Sayang jika sepanjang hidup tidak pernah menikmati keindahan dan kesejukan kebun teh. Bersama pasangan, teman, keluarga atau ngecamp bersama seorganisasi, tentu hal yang nikmat untuk dilakukan. Sekali lagi, jangan lupa siapkan tenaga dan kendaraan yang prima jika memutuskan untuk kesana.

 

https://i2.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/05/kebun-teh-medini-1.jpg?fit=768%2C497&ssl=1https://i2.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/05/kebun-teh-medini-1.jpg?resize=150%2C150&ssl=1litaliaJatengWisata AlamKebun Teh,Panorama Alam,Semarang
Kesejukan Kebun Teh Medini: Ngeteh Secara Langsung, WISATAWAN.ID - Tidak ada salahnya jika saya ceritakan satu nuansa alam tentang perkebunan teh medini. Tepatnya di pegunungan ungaran. Sama dengan perkebunan teh dimana saja, tentu sobat bisa bayangkan bagaimana keadaan udara. Tak tercampur asap kendaraan. Sekali terhirup seolah masuk mulus ke...
The following two tabs change content below.

litalia

Writer at Wisatawan.id
Sebagai anak jurusan pendidikan sejarah, tentu saya menyukai perjalanan. dalam setiap perjananan pula, akan saya abadikan dalam memori dan jepretan kamera.