Kemegahan Masjid Agung Jawa Tengah, WISATAWAN.ID – Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) adalah masjid yang masyur tidak hanya di  luar daerah, bahkan hingga luar negeri. Masjid Agung Jawa Tengah merupakan masjid termegah di Indonesia dengan arsitektur yang sekilas mirip dengan Masjid Nabawi, Madinah. Tidak jarang wisatawan yang datang sering merasa sedang berada di negara timur tengah.
[image-caption-hover id=”28″] Masjid Agung Jawa Tengah mulai dibangun pada tahun 2001 dan diresmikan pada 6 September 2006. Bangunan yang berdiri di atas tanah seluas 10 ha ini bahkan dihadiri oleh tujuh duta besar negara sahabat saat pemasangan tiang pancang pertamanya. Negara-negara tersebut adalah Arab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab, Palestina, Qatar, Abu Dhabi, dan Kuwait.

Masjid ini diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia pada saat itu, yaitu Bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Sedangkan tiang pancang pertamanya dipasang oleh Menteri Agama RI, Prof. Dr. H. Said Agil Husen al-Munawar, KH. MA Sahal Mahfudz, dan Gubernur Jawa Tengah, H. Murdiyanto.

Masjid Agung Jawa Tengah bisa menampung hingga 15.000 jamaah.  Material bangunannya merupakan batu alam yang diambil dari lereng gunung Merapi. Selain sebagai tempat ibadah, Masjid ini juga merupakan sentra wisata pendidikan, wisata religi, dan pusat aktivitas syiar Islam. Arsitekturnya yang unik merupakan perpaduan dari arsitektur Roma, Arab, dan Jawa akan memanjakan mata setiap wisatawan yang datang.

Uniknya arsitektur masjid ini terlihat dari semua bagian. Bagian bawah tiang masjid dihiasi dengan motif batik dari Jawa seperti tumpal, kawung, untu walang, dan parang-parangan. Untuk mempercantik bangunan, hiasan yang dipakai di sepanjang bangunan masjid menggunakan seni kaligrafi dari Arab. Selain itu, masjid ini memiliki enam payung hidrolik yang mengadopsi desain dari Masjid Nabawi di Kota Madinah. Sedangkan arsitektur Roma kental terlihat dari desain interior dan lapisan warna yang digunakan di setiap pojok bangunan masjid.
[image-caption-hover id=”27″] Bagian atap Masjid Agung Jawa Tengah berbentuk limas dan dilengkapi dengan kubah besar berdiameter 20 meter. Di sekeliling masjid juga berdiri 4 menara yang masing-masing setinggi 62 meter. Jika anda jeli, di pintu gerbang Masjid Agung Jawa Tengah anda akan menjumpai tulisan kalimat syahadat dan kalimat berbunyi ‘Sucining Guno Gapuraning Gusti’. Untuk pilar masjid yang jumlahnya mencapai 25 buah ini melambangkan filosofi jumlah 25 Rosul dan Nabi yang wajib diketahui oleh umat Islam.

Selain arsitekturnya, kemegahan Masjid Agung Jawa Tengah lainnya adalah menara Al-Husna yang berada terpisah dari masjid. Menara ini memiliki tinggi 99 dan dibagi menjadi 19 lantai. Di lantai dasar digunakan sebagai Ruang Radio Dakwah Islam, sedangkan lantai dua digunakan sebagai Museum kebudayaan Islam. Hal yang unik dan menarik justru ada di lantai 18. di lantai ini, terdapat Kafe Muslim yang bisa berputar 360 derajat sehingga anda bisa duduk-duduk santai sambil menikmati pemandangan kota Semarang dari ketinggian. Sedangkan lantai 19 digunakan sebagai menara pandang yang dilengkapi dengan 5 teropong yang bisa anda gunakan.

Fasilitas

Selain untuk tempat ibadah, Masjid Agung Jawa Tengah juga dilengkapi dengan ruang kantor, perpustakaan, ruang kursus dan pelatihan, auditorium, ruang akad nikah, hotel, toko cinderamata, replika bedhug raksasa, Al-Quran raksasa, museum, cafe, dan taman bermain beserta kereta kelinci. Bahkan, pihak manajemen masjid juga menyediakan jasa pemandu wisata.

Untuk harga tiket jika anda hanya ingin sekadar mampir menunaikan ibadah sholat, maka anda tidak dikenakan biaya apapun kecuali biaya parkir. Anda baru akan dikenakan harga tiket masuk jika ingin masuk dan naik ke menara Al-Husna. Tiket masuknya sekitar Rp 3.000,- untuk pukul 08.00-17.30 WIB, serta Rp 4.000,- untuk pukul 17.30-21.00 WIB. Sedangkan untuk harga pemakaian teropong sebesar Rp 500,- per menit.

Akses

Masjid Agung Jawa Tengah berada di jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah. Letaknya tidak jauh dari pusat kota Semarang.

Lokasi Wisata Terdekat

  1. Lawang Sewu

Bangunan Lawang Sewu terletak di kawasan Tugu Muda Semarang, meski letaknya sedikit jauh dari Masjid Agung Jawa Tengah, kawasan ini merupakan wisata paling dekat mengingat tidak banyak obyek wisata yang bisa ditemui di kawasan Semarang Timur. Lawang sewu terkenal dengan arsitekturnya yang kental dengan budaya belanda, serta kisah mistisnya yang melekat dengan sejarah bangunan ini hingga sekarang. Dulunya bangunan ini merupakan kantor perusahaan kereta api belanda, kemudian dijadikan sebagai penjara bawah tanah oleh tentara jepang. Lawang Sewu terkenal karena memiliki banyak pintu dan jendela, sehingga dinamakan Lawang Sewu yang artinya seribu pintu.

  1. Tugu Muda

Tugu muda adalah monumen yang dibangun untuk memperingati peristiwa pertempuran lima hari di Semarang. Di sekeliling Tugu ini ada taman cantik yang dibangun untuk menjadikan Kawasan Tugu Muda sebagai taman kota. Dipercantik dengan air mancur dan lampu berwarna-warni, taman ini cocok dijadikan tempat bersantai sambil memandang keindahan Tugu muda dan Lawang Sewu yang berada tepat di depan anda.

Wisata menarik lainnya: Klenteng Sam Poo Kong.

Lokasi Wisata yang Sejenis

Lokasi wisata yang mirip dengan Masjid Agung Jawa Tengah salah satunya adalah Masjid Agung Demak. Seperti MAJT, Masjid Agung Demak juga merupakan obyek wisata religi dengan arsitektur yang unik dan sarat dengan pengetahuan tentang sejarah Islam, khususnya di wilayah Jawa Tengah. Masjid Agung Demak merupakan masjid tertua di Indonesia, dan dipercayai sebagai tempat berkumpulnya sembilan wali yang menyebarkan agama Islam atau yang sering disebut dengan Walisongo. Masjid ini terletak di Desa Kauman, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.  Di dalam komplek masjid juga terdapat beberapa makam raja kesultanan Demak dan para abdinya.

Rekomendasi

Masjid Agung Jawa Tengah cocok untuk dikunjungi oleh anda yang ingin melakukan wisata rohani bersama-sama dengan keluarga anda. Atau, jika anda adalah orang yang termasuk aktif dalam kegiatan keagamaan Islam bersama dengan teman-teman anda, Masjid ini juga tidak oleh dilewatkan begitu saja. Tentunya dengan berkunjung ke sini anda akan mendapatkan banyak pengetahuan tentang agama Islam yang bisa menambah sisi ketaqwaan anda. Masjid Agung Jawa Tengah juga merupakan tempat yang cocok untuk mengajarkan dan mengenalkan budaya Islam kepada siswa-siswa sekolah atau anak-anak anda, sebab di sini terdapat museum dan pusat dakwah Islam.

https://i2.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/05/masjid-agung-jatbeg.jpg?fit=768%2C459&ssl=1https://i2.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/05/masjid-agung-jatbeg.jpg?resize=150%2C150&ssl=1litaliaBerbudayaJatengMasjid,Semarang,Wisata Religi,Wisata Rohani,Wisata Sejarah
Kemegahan Masjid Agung Jawa Tengah, WISATAWAN.ID - Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) adalah masjid yang masyur tidak hanya di  luar daerah, bahkan hingga luar negeri. Masjid Agung Jawa Tengah merupakan masjid termegah di Indonesia dengan arsitektur yang sekilas mirip dengan Masjid Nabawi, Madinah. Tidak jarang wisatawan yang datang sering...
The following two tabs change content below.

litalia

Writer at Wisatawan.id
Sebagai anak jurusan pendidikan sejarah, tentu saya menyukai perjalanan. dalam setiap perjananan pula, akan saya abadikan dalam memori dan jepretan kamera.