Pantai selatan memang selalu menawarkan keindahan yang tidak ada duanya. Terdorong dengan pengalaman menikmati pantai selatan dari kawasan Gunung Kidul Jogja, saya semakin tertarik untuk menjelajahi daerah-daerah yang mendapat julukan “serpihan” keindahan pantai selatan. Salah satunya adalah pantai Menganti Kebumen, Jawa Tengah.

Pantai Menganti Kebumen

Panorama kombinasi pasir putih, alam dan bebatuan pantai menganti | Litalia
©wisatawan.id

Konon katanya Pantai Menganti di Kebumen ini merupakan salah satu pantai terindah di Jawa Tengah yang dapat memuaskan hati para pecinta pantai dan fotografi. Pantai ini menawarkan keindahan pasir putih dengan kombinasi karang dan alam sekitar.

Pantai Menganti merupakan pantai berpasir putih dengan panorama perbukitan dan tebing karst yang sangat indah. Meskipun akses menuju ke pantai ini sedikit sulit karena dibentengi dengan perbukitan, namun pemandangannya tetap sangat menakjubkan. Di kanan kiri terlihat tebing pengunungan karst yang berbentuk kerucut, sambil sesekali terlihat pemandangan lautan yang muncul saat kita menapaki jalan menaiki bukit.

Seperti pantai pada umumnya, Pantai Menganti juga memiliki jajaran pohon kelapa di pesisirnya. Namun satu hal yang unik dari Pantai Menganti kebumen adalah adanya tebing pantai raksasa yang tinggi di bagian barat pantai, yang dikenal dengan nama tebing Bidadari.

Pantai Menganti Kebumen

Karang-karang pantai menganti yang indah | Litalia
©wisatawan.id

Pantai Menganti sering juga disebut dengan New Zealand-nya Kebumen, dikarenakan pemandangannya yang indah. Bisa dibilang bahwa pantai Menganti ini merupakan aset berharga yang dimiliki warga kebumen, sebab masih banyak sudut yang bisa di explore di pantai ini yang menawarkan pesona penuh kejutan.

Suasana pantai yang menampilkan jajaran kapal nelayan, pasir putih, nyiur kelapa dan batu karang besar adalah sebuah pengalaman yang belum tentu dapat didapatkan di tempat lain. Suasana khas seperti ini sangat cocok dinikmati dengan duduk di pinggiran pantai sambil memandang samudera yang luas.

Menurut penduduk sekitar, pada musim penghujan tebing-tebing di sebelah barat pantai Menganti dihiasi dengan empat air terjun yang mengucur dari ketinggian sekitar 30 meter. Bahkan ombak di pantai Menganti ini juga bisa digunakan untuk olahraga surfing, lho. Menarik bukan?

Akses Menuju Pantai Menganti Kebumen
Pantai Menganti dapat dijangkau dari kota Gombong maupun dari kota Kebumen. Jaraknya hanya 35 km dari kota Gombong dan 42 km dari kota Kebumen. Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya bahwa lokasi pantai Menganti ini dibentengi oleh perbukitan karst dan hutan wilayah Kedu, maka belum ada transportasi umum yang bisa digunakan untuk menuju ke sana.

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi jika ingin mengunjungi pantai Menganti. Namun, Anda harus benar-benar mempersiapkan kendaraan pribadi Anda, ya. Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima, sebab jalanan yang ditempuh cukup curam dan berkelok.

Legenda Pantai Menganti
Pertama kali mendengar nama pantai Menganti, saya berpikir bahwa ada yang unik di balik nama pantai ini. Setelah berburu informasi ke beberapa penduduk sekitar, ternyata nama pantai Menganti didapat dari sebuah legenda lama. Konon katanya, ada seorang panglima perang Majapahit yang melarikan diri ke pantai selatan karena hubungannya dengan sang kekasih tidak mendapat restu dari orang tuanya.

Keduanya kemudian berjanji untuk bertemu di tepi pantai yang berpasir putih. Namun sayang, sang kekasih tidak jua datang walaupun sang panglima telah seharian menunggu di atas bukit kapur. Sebab cerita inilah, pantai ini kemudian dinamakan pantai Menganti, yang berarti menanti.

Fasilitas Pantai Menganti Kebumen
Nah, jika Anda ingin datang berkunjung ke pantai Menganti dan membuktikan sendiri keindahannya, pantai Menganti juga telah didukung dengan fasilitas yang cukup untuk membuat liburan Anda menjadi lebih nyaman. Setidaknya, di sekitar pantai Menganti telah tersedia homestay dan Villa, fasilitas mushola, dan warung makan.

Pantai Menganti Kebumen

Duduk di batuan karang pantai menganti | Litalia
©wisatawan.id

Obyek Wisata Terdekat
Selain menikmati pantai Menganti, Kita juga bisa mengunjungi menara mercusuar dan Tanjung Karangbata yang terletak di sebelah Timur dan Tenggara pantai Menganti. Di Tanjung Karangbata, kita dapat menyaksikan langsung luasnya samudera Hindia dengan sebuah pulau karang. Di sini disediakan gubug-gubug untuk berteduh dari sinar matahari. Dari Tanjung Karangbata kita juga bisa melihat Pantai Karangbata dan Pantai Peacron di sebelah Timur Tanjung.

Wisata lainnya: Rafting di Ranto Canyon.

Soal pantai, Kebumen tak jauh beda dengan Pantai di Gunung Kidul. Pasirnya putih dengan kombinasi alam. Maka tak heran semenjak di ketahui oleh wisatawan, pantai-pantai di Kebumen mulai rame. Agar anda tak ketinggalan menikmati pantai yang masih alami, segeralah kesana.

https://i2.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/07/Panorama-kombinasi-pasir-putih-alam-dan-bebatuan-pantai-menganti.jpg?fit=1024%2C683&ssl=1https://i2.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/07/Panorama-kombinasi-pasir-putih-alam-dan-bebatuan-pantai-menganti.jpg?resize=150%2C150&ssl=1litaliaJatengPantaiKebumen,Pantai Selatan,wisata air
Pantai selatan memang selalu menawarkan keindahan yang tidak ada duanya. Terdorong dengan pengalaman menikmati pantai selatan dari kawasan Gunung Kidul Jogja, saya semakin tertarik untuk menjelajahi daerah-daerah yang mendapat julukan 'serpihan' keindahan pantai selatan. Salah satunya adalah pantai Menganti Kebumen, Jawa Tengah. Panorama kombinasi pasir putih, alam dan bebatuan pantai...
The following two tabs change content below.

litalia

Writer at Wisatawan.id
Sebagai anak jurusan pendidikan sejarah, tentu saya menyukai perjalanan. dalam setiap perjananan pula, akan saya abadikan dalam memori dan jepretan kamera.