Panorama Kebun Teh Alahan Panjang Solok – Sumatera Barat merupakan daerah yang kaya akan budaya dan alamnya. Jika agan sista tidak percaya, silahkan membuktikannya sendiri dengan berwisata kesini tentunya. Daerah indah ini memiliki puncak gunung yang tinggi dengan pemandangan tiada duanya, pantai dan pulau terbaik, danau lembah terluas, serta adat istiadat yang patut dibanggakan.

Panorama Kebun Teh Alahan Panjang Solok

©wisatawan.id/Nisa UK

Jika agan sista sudah gerah dan bosan dengan wahana dan wisata ciptaan manusia, sarat akan polusi dan keramaian, maka wisata yang akan kita bicarakan kali ini merupakan wisata yang cocok untuk agan dan sista.

Wisata indah tersebut adalah kebun teh Alahan Panjang Solok. Jika kita pergi ke puncak Bogor, kebun teh adalah salah satu pemandangan yang dapat kita nikmati sepanjang perjalanan. Di Sumatera Barat juga terdapat kebun teh yang tak kalah indahnya, kebun teh ini terletak di Nagari Batang Barus. Hamaparan teh yang sangat hijau dan pemandangan yang indah serta udara yang sejuk membuat masyarakat yang melalukan perjalan jauh kerap berhenti untuk dapat menikmati sebentar pemandangan indah ini.

Perjalanan Menuju Kebun Teh Alahan Panjang Solok

Mari kita berangkat dari Padang, karena Padang merupakan kota yang dikenal oleh kebanyakan agan sista yang berasal luar Sumatera Barat dan jika memasuki Profinsi ini baik melalui udara atau laut, akan berlabuh di Kota Padang. Jadi ini patokan yang paling gampang untuk agan sista yang berada diluar Sumatera Barat. Dari kota ini, kita bisa mencapai kebun teh Alahan Panjang dengan waktu tempuh 1 hingga 1,5 jam perjalanan. Kita juga akan melewati sitinjau lauik, jalan yang sangat terkenal bagi pengendara dengan pemandangan yang indah.

Memasuki kota Solok kita akan disambut dengan ayam jago yang disebut dengan “ayam kukuak balenggek” merupakan maskot dari Kota Solok. Berhentilah sejenak untuk agan sista yang ingin ke kebun teh sembari mengambil beberapa foto dari maskot ini.

Panorama Kebun Teh Alahan Panjang Solok

©wisatawan.id/Nisa UK

Sebagai informasi untuk agan dan sista, ayam kukuak balenggek ini memiliki nilai jual yang tinggi dari Rp. 500.000 hingga Rp.1.500.00 perekornya. Ini merupakan ayam endemic yang hanya hidup di Kabupaten Solok saja, sedangkan arti dari namanya merupakan gambaran ciri khas ayam ini. Ayam kukuak balenggek diartikan ayam yang memiliki suara kokoknya yang bertingkat (balenggek). Pada suatu kesempatan pemerintah juga sering mengadakan lomba kokok ayam ini. Agan sista belum bisa dikatakan singgah ke kota Solok, jika belum berfoto ditugu ini.

Dingin dan Sejuknya Udara Kota Solok

Layaknya daerah diketinggian, Kabupaten Solok memiliki udara yang relatif dingin. Memasuki kawasan Solok ini, jika agan sista terbiasa hidup dikota dengan udara yang lebih panas akan merasakan kedinginan. Agan sista jangan lupa membawa jaket jika menggunakan kendaraan roda dua ya, itu adalah hal yang wajib dibawa agan sista. Selain udara yang dingin, udara disini masih sangat segar lo, karena memang jika diperhatikan tingkat volume kendaraan yang melintas disini masih sedikit dan banyaknya tumbuhan hijau disepanjang jalan.

Menikmati udara dipagi hari dengan secangkir kopi adalah surga yang dapat agan sista temui disini. Disepanjang perjalanan akan banyak warung-warung kopi yang dapat disinggahi untuk menikmati minuman hitam ini. Harga untuk minuman hangat ini juga sangat bersahabat, Rp 3.000 pergelasnya ditemani dengan sepotong roti atau gorengan akan terasa nikmat. Sebelum melanjutkan perjalanan, hangatkan badan dulu ya agan sista, agar tetap segar dan sehat selama kita melakukan kunjungan wisata.

Hijaunya Pemandangan Kebun Teh Solok

Setelah beberapa jam perjalanan, agan sista akan mulai melihat hijaunya pemandangan kebun teh yang ada disolok ini. Luas kebun teh yang berhektar-hektar bisa menjadi spot agan sista berhenti sejenak untuk menikmati pemandangan dan mengambil beberap foto. Menikmati pemandangan ini agan sista tidak akan membayar tiket maupun biaya parkir. Karena berada persis ditepi jalan raya, agan sista bisa berhenti dimana spot yang paling bagus dan nyaman menurut agan sista.

Selain mengambil beberapa foto, agan sista bisa menggelar tikar dan piknik disekitar kebun ini. Udara yang sejuk dan pemandangan yang sangat hijau akan menemani kebersamaan agan sista bersama keluarga. Disepanjang kebun teh ini akan jarang sekali terlihat rumah warga dan warung, jadi usahakan agan sista membawa bekal sendiri ya. Tapi jika tidak membawa bekal tidak masalah. Agan sista tinggal melanjutkan perjalanan sedikit saja menuju arah danau ateh danau bawah (Danau Atas Danau Bawah) agan sista akan menemukan rumah makan Minang yang terkenal enaknya.

Wisata lainnya: Museum Tuanku Imam Bonjol.

Wisata Dekat Kebun Teh Alahan Panjang Solok

Ngomong-ngomong masalah danau ateh danau bawah ya agan sista, ini merupakan tempat wisata yang tidak jauh dari kebun teh. Masih satu daerah dan pada jalur perjalanan yang sama jika pergi dari Padang. Seperti namanya, danau ini ada dua, yaitu danau diatas (Ateh) dan danau bawah yang bisa kita lihat dari ketinggian kebun teh ataupun pergi mendekati danau tersebut.

Danau ini sangat indah dan bersih, penasaran tidak agan sista dengan danau kembar ini? banyak cerita dan mitos juga yang berkembang di danau ini, kita harus membicarakknya secara detail di lain waktu ya…

https://i2.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2017/09/kebun-teh-2.jpg?fit=1024%2C682&ssl=1https://i2.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2017/09/kebun-teh-2.jpg?resize=150%2C150&ssl=1Nisa UkSumbarWisata AlamKebun Teh,Panorama Alam,Solok
Panorama Kebun Teh Alahan Panjang Solok - Sumatera Barat merupakan daerah yang kaya akan budaya dan alamnya. Jika agan sista tidak percaya, silahkan membuktikannya sendiri dengan berwisata kesini tentunya. Daerah indah ini memiliki puncak gunung yang tinggi dengan pemandangan tiada duanya, pantai dan pulau terbaik, danau lembah terluas, serta...
The following two tabs change content below.

Nisa Uk

Seorang perempuan yang terlahir di daerah ujung Sumatera Barat, dengan tiga adik dan dua kakak. Sekarang berada di negeri perantauan untuk mencari kehidupan yang lebih baik. Masih sangat mengharapkan bisa kembali ke Sumbar ketika sudah tua nanti. Sangat suka pantai dan air dan belum pernah nanjak ke pegunungan. Menyukai wisata alam dibandingkan wisata dengan wahana buatan manusia.