Kawasan wisata kota lama Semarang menjadi bukti betapa pentingnya jawa tengah semasa pemerintahan belanda di tanah air. Kantor pemerintahan, pusat perekonomian, kantor pngadilan, semuanya ada di kawasan kota lama. Bahkan bukti-buktinya masih tertata apik hingga sekarang, menjadi bukti hidup kejayaan belanda semasa itu.

Kawasan wisata kota lama Semarang

©wisatawan.id/Litalia

Dengan arsitektur khas eropa, kawasan wisata kota lama selalu menyajikan kenangan tempo dulu, imej bangunan eropa yang terkenal kokoh dan kuat terlihat jelas. Yang mengagumkan, meski jarang mendapat perhatian dari pemerintah, kawasan wisata kota lama Semarang ini tetap terlihat apik, apalagi jika digunakan sebagai objek foto.

Perpaduan beberapa gedung yang masih tampak sangat kokoh dengan beberapa gedung yang membutuhkan pemugaran akan menghasilkan perpaduan menarik bagi lensa kamera, bahkan tak sedikit penggemar foto yang datang ke sana.

Puncaknya ketika beberapa kali film nasional sempat menjadikan kawasan wisata kota lama menjadi obyek lokasi shooting, seperti pada film Soe Hok Gie – anda pasti akan tahu dimana lokasinya di ambil bila anda pernah ke kota lama; film Soekarno; Sang kiai; dan yang paling fenomenal adalah Ayat-ayat cinta, hingga yang terbaru HOS Tjokroaminoto. Akibatnya banyak yang merasa penasaran dengan kawasan wisata kota lama.

Wisatawan datang dengan berbagai tujuan, sekadar menghasilkan jepretan foto yang memperlihatkan dirinya ada di kawasan kota lama. Ada juga yang belajar fotografi dengan objek bangunan bersejarah, atau yang sekadar mengenal kejayaan masa lampau pemerintahan belanda di jawa tengah lewat bangunan kota lama Semarang ini.

Pemandangan semacam itu akan anda jumpai setiap hari jika berkunjung ke kawasan kota lama. Apalagi di kawasan ini juga masih sering di adakan beberapa pameran, mulai dari pameran musik, foto dan barang-barang antik.

Apa yang bisa anda lakukan di kawasan wisata kota lama?

Kawasan wisata kota lama Semarang

©wisatawan.id/Litalia

Tidak ada biaya masuk untuk anda memasuki kawasan wisata kota lama. Jika anda hanya sekadar berfoto di kawasan kota lama tanpa masuk objek wisata tertentu, anda tak akan di kenai biaya apalagi tiket masuk. Sebab kawasan kota lama tak lain adalah kawasan yang kini menjadi beberapa tempat tinggal beberapa warna, kegiatan bisnis dan lain sebagainya. Meski demikian, ada beberapa hal menarik yang bisa anda lakukan jika anda berkunjung ke kawasan wisata kota lama:

  1. Berfoto. Ya, kota lama adalah iconya semarang, jadi bagi anda yang ingin menunjukkan bahwa anda pernah ke semarang, anda wajib ke kota lama. Lagipula kota lama juga sangat apik jika di gunakan sebagai backgroud foto. Bagunan khas eropa benar-benar akan menunjukkan bahwa anda seolah berada di luar negeri, belanda.
  2. Mengunjungi museum 3D dan museum seni (Museum 3D and Art Museum). Terletak di tengah-tengah kawasan kota lama Semarang. Anda dapat menikmati segudang kenangan masa lampau di jawa tengah khususnya kota lama dengan memasuki museum 3D. Semuanya tersedia dalam bentuk 3 dimensi. Di dalamnya, anda dapat pula melakukan foto-foto sebagai doc pribadi, tak ada yang melarang. Hanya saja, jaga kebersihan dan ketertiban.
  3. Menikmati pertunjukkan. Meski beberapa lokasi kawasan kota lama tak lain adalah jalan raya untuk menuju berbagai lokasi di jawa tengah, kemegahan dan daya tarik kota lama tak bisa hilang. Beberapa lokasi tetap tersedia untuk melakukan seni pertunjukkan. Beberapa kali pertunjukan di lakukan di kawasan kota lama. Ada pertunjukkan musik yang kerap dilaksanakan dekat dengan pasar klitikan – pasar barang antik – semarang. Ada pertunjukkan seni lukis yang sering kali melombakan seni melukis dengan melukis langsung kawasan kota lama yang bisa anda saksikan prosesnya. Juga terkadang beberapa pameran hasil jepretan fotografi.
  4. Berkunjung ke pasar klitikan semarang. Pasar yang menyajikan segudang barang antik dapat anda temukan di sini. Ada beragam koin masa lampau, mobil-mobil keluarah jaman dulu. Dan yang sedang naik daun, pespa produksi lama juga terpajang apik di sepanjang jalan bersama dengan mobil antik, juga dilengkapi dengan bermacam onderdilnya. Selain itu, anda juga dapat menemukan buku-buku dan majalah edisi lama yang pastinya sudah tak beredar di pasaran, termasuk kepingan CD untuk mengenang tempo dulu. Sayangnya, pasar ini hanya bisa anda nikmati di malam hari. Baca selanjutnya di pasar Klitikan semarang.

Akses lokasi, harga tiket dan fasilitas lainya
Tidak ada biaya tiket untuk memasuki kawasan kota lama. Untuk masuk pasar klitikan juga tak ada tiket masuk, yang ada hanya bila anda berkunjung ke museum 3D dan seni, atau kalau anda menikmati beragan kuliner yang tersedia di sana. Lokasinya wisata kota lama, jelas ada di kawasan kota lama. Semantara untuk fasilitas, ada beragam fasilitas lengkap dapat anda temui seperti masjid, gereja dan lain sebagainya ada. Jadi, masihkah kita menunda untuk berkunjung dan berfoto di sana?

https://i2.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/09/Salah-satu-gedung-di-kawasan-wisata-kota-lama.jpg?fit=1024%2C760&ssl=1https://i2.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/09/Salah-satu-gedung-di-kawasan-wisata-kota-lama.jpg?resize=150%2C150&ssl=1litaliaBerbudayaJatengSelfie,Semarang,Wisata Bangunan Tua,Wisata Sejarah
Kawasan wisata kota lama Semarang menjadi bukti betapa pentingnya jawa tengah semasa pemerintahan belanda di tanah air. Kantor pemerintahan, pusat perekonomian, kantor pngadilan, semuanya ada di kawasan kota lama. Bahkan bukti-buktinya masih tertata apik hingga sekarang, menjadi bukti hidup kejayaan belanda semasa itu. ©wisatawan.id/Litalia Dengan arsitektur khas eropa, kawasan wisata kota lama...
The following two tabs change content below.

litalia

Writer at Wisatawan.id
Sebagai anak jurusan pendidikan sejarah, tentu saya menyukai perjalanan. dalam setiap perjananan pula, akan saya abadikan dalam memori dan jepretan kamera.