Apa teman-teman tahu kota tertua di Indonesia? Ya, Palembang jawabannya. Kalau teman-teman dengar Kota Palembang, pasti terbayang-bayang Pempek dan Jembatan Ampera, Ampera adalah singkatan dari Amanat Penderitaan Rakyat. Jembatan Ampera Palembang itu merupakan jembatan kebanggaan masyarakat Palembang. Bisa juga disebut icon Kota Palembang.

Jembatan Ampera Palembang

Pesona Jembatan Ampera di Palembang, Sumatera Selatan | ©wisatawan.id/Cindy Larasati

Sebenarnya, selain disebut icon Kota Palembang, Jembatan Ampera juga dicap sebagai Batanghari Sembilan. Sembilan di sini maksudnya sembilan sungai, Sungai Musi beserta delapan sungai lainnya yang bermuara di Sungai Musi.

Sejarah Jembatan Ampera Palembang
Menurut sejarah, awalnya nama jembatan ini bukan Ampera. Dulunya, jembatan ini diberi nama Jembatan Bung Karno. Namun, setelah terjadi pergolakan politik, dikukuhkan bahwa nama jembatan ini adalah Ampera. Jembatan Ampera Palembang juga sempat menjadi jembatan terpanjang se-Asia Tenggara, lho. Namun saat ini, Jembatan Ampera hanya menjadi salah satu jembatan terpanjang di Indonesia,  Marvelous banget, kan. Panjangnya aja udah sampai ribuan meter, tepatnya 1.117 meter, teman-teman.

Sebelum  ada Jembatan Ampera, masyarakat Palembang mengalami kesulitan. Untuk pergi ke Ilir atau ke Ulu, mereka harus nyebrang Sungai Musi. Hadirnya Jembatan Ampera jadi terobosan besar dan solusi yang tepat untuk menuntaskan kesulitan  ini.

Lokasi Jembatan Ampera Palembang
Jembatan Ampera lokasinya di Jalan Lintas Timur Sumatera, Seberang Ulu I, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Letaknya nggak jauh dari Benteng Kuto Besak, Monpera, dan Masjid Agung. Dari Stasiun Kertapati, teman-teman bisa naik bus atau Trans Musi untuk sampai ke Jembatan Ampera.

Keindahan Jembatan Ampera

Jembatan Ampera Palembang yang Berubah Warna

Jembatan Ampera yang Berubah Warna | ©wisatawan.id/Cindy Larasati

Bangunan Jembatan Ampera sangat kokoh, warnanya merah, tampak elok dan menarik. Jembatan Ampera beralaskan Sungai Musi, sungai yang menghubungkan Seberang Ulu dan Seberang Ilir. Dengan adanya dua menara (tower) setinggi 6 meter dari permukaan air, Jembatan Ampera bagai mercusuar yang menjulang tinggi, ditopang pilar-pilar yang kokoh dan besar. Jembatan Ampera selalu ramai, apalagi pada malam hari. Banyak pengunjung yang ber-selfie di Jembatan Ampera yang luar biasa ini.

Pelangi terbiasa muncul setelah hujan di jembatan ini, gak hanya di siang hari sobat bisa menyaksikan pelangi, di malam hari pun sobat bisa lihat pelangi di Jembatan Ampera. Tapi, pelangi yang dimaksud bukan pelangi secara harfiah, yang terjadi karena pembiasan cahaya. Tapi, warna-warni bak pelangi itu muncul dari lampu-lampu yang dipasang di Jembatan Ampera.

Uniknya, lampu-lampu  itu bisa berubah warna dalam beberapa detik sekali. Jembatan Ampera yang semula berwarna merah, bisa berubah warna menjadi ungu atau biru. Jangan kaget karena pemandangannya di malam hari bakal indah banget. Sobat nggak akan bosan melihatnya.

Wisata Kuliner Di Sekitaran Jembatan Ampera
Selain bisa melihat pemandangan yang indah, gemerlap lampu malam hari, sobat juga bisa menjelajahi makanan khas Palembang yang ada di sekitar Sungai Musi. Di tepi sungai Musi kini sudah ada banyak restoran. Ada dua restoran besar, namanya River Side Restaurant dan Kampung Kapitan Restaurant.

Selain restoran, di tepi Sungai Musi, biasanya ada yang jual makanan khas Palembang di atas perahu, seperti pempek, tekwan, pindang ikan, model, dan lain-lain. Nikmati sensasinya makan di atas perahu yang bergoyang, rasakan goncangan-goncangan dari aliran Sungai Musi, Mantap kalee kawan.

Selain wisata kuliner, di sekitar Sungai Musi, biasanya ada jasa angkutan perahu yang disebut ketek. Sobat bisa sewa perahu bermesin ini untuk mengelilingi Sungai Musi, ongkosnya tergantung kesepakatan. Konon, perahu itu namanya ketek karena setiap kali berjalan mengeluarkan suara “tek-tek-tek-tek”. Lucu, ya?

Di dekat Jembatan Ampera, nantinya sobat juga bisa berbelanja di Pasar 16 Ilir. Pasar 16 Ilir punya julukan Tanah Abang, pasar ini pasar yang paling ramai dan besar di Palembang. Bermacam-macam barang ada di sini, mulai dari baju, sepatu, makanan sampai cinderamata. Pokoknya, lengkap banget deh.

Biaya Atau Harga Tiket
Untuk berkunjung ke sini teman-teman nggak dipungut biaya karena jembatan ini termasuk fasilitas umum, bukan fasilitas komersil. Apalagi jembatan ini dipakai masyarakat setempat untuk media penyeberangan.

Tips-Tips Berkunjung ke Jembatan Ampera Palembang

  1. Kalau teman-teman bawa kendaraan, parkirlah kendaraan sobat di tempat yang sepatutnya.
  2. Pilih waktu yang tepat untuk mengunjungi Jembatan Ampera. Sobat bisa datang dari pagi sampai jam sembilan malam.
  3. Kalau mau dapat suasana yang romantis, panorama Jembatan Ampera di malam hari bisa jadi pilihan tepat. teman-teman bisa melihat pemandangan yang nggak menjenuhkan.
  4. Kalau mau lihat kehidupan masyarakat di sekitar Jembatan Ampera, seperti hilir mudik perahu, teman-teman bisa datang pada pagi hari.
  5. Plaza Benteng Kuto Besak jadi spot terbaik untuk melihat Jembatan Ampera. Dijamin, sobat akan menjadi saksi mata keindahannya, semua pengunjung pasti akan terpana dengan gemerlap cahayanya, cocok untuk diabadikan dalam foto.

Wisata menarik lainnya: Menelusuri kisah cinta tragis di Pulau Kemaro Palembang.

Tunggu apa lagi sobat, luangkanlah waktumu untuk mengunjungi wisata keren yang satu ini. Bisa lihat pemandangan super keren Jembatan Ampera Palembang, makan di pinggir Sungai Musi, keliling Sungai Musi pakai ketek, bisa belanja juga di Pasar 16 Ilir. Pokoknya, kalau kalian dateng ke Palembang, jembatan ini wajib kamu coba!

https://i2.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/09/IMG_1782.jpg?fit=640%2C427&ssl=1https://i2.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/09/IMG_1782.jpg?resize=150%2C150&ssl=1cindylarasatiBerbudayaSumselPalembang,Sumsel
Apa teman-teman tahu kota tertua di Indonesia? Ya, Palembang jawabannya. Kalau teman-teman dengar Kota Palembang, pasti terbayang-bayang Pempek dan Jembatan Ampera, Ampera adalah singkatan dari Amanat Penderitaan Rakyat. Jembatan Ampera Palembang itu merupakan jembatan kebanggaan masyarakat Palembang. Bisa juga disebut icon Kota Palembang. Pesona Jembatan Ampera di Palembang, Sumatera Selatan | ©wisatawan.id/Cindy...
The following two tabs change content below.

cindylarasati

Mahasiswa jurusan Akuntansi di Politeknik Negeri Sriwijaya yang senang menulis.