Dari Gardu Pandang Ketep Pass, Menikmati Dua Gunung Merapi dan Merbabu, Sindoro dan Sumbing, WISATAWAN.ID  Siapa saja yang gemar mendaki gunung pasti pernah menaklukan gunung merapi dan merbabu. Dua gunung ini memiliki ketinggian yang cukup menantang untuk di taklukan. Keindahan di atasnya juga luar biasa. Tetapi bagaimana jika anda tidak memiliki keinginan untuk mendaki untuk menikmati dua gunung tersebut?

Gardu Pandang Ketep Pass

©wisatawan.id/Litalia

Anda bisa berkunjung ke Gardu Pandang Ketep Pass di esa Sawangan, kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Ketep Pass ini merupakan Obyek Wisata alam yang dikembangkan dengan ciri khas wisata kegunungapian, khususnya Gunung Merapi dan merbabu. Dari sini anda bisa menikmati kedua gunung tersebut dalam keadaan seimbang. Semacam dua bukit kembar yang sejajar dengan tempat anda berdiri.

Secara demografis, Ketep Pass terletak di bukit Sawangan. Kata Sawangan berasal dari bahasa jawa yang berarti sawang/nyawang (melihat), kemungkinan karena dari bukit ketep pass ini tepat di pertengahan antara Gunung Merapi dan Merbabu.Pada pengunjung dapat melihat kedua gunung tersebut dalam satu pandangan yang mengagumkan. Seolah berada tepat sejajar dengan dua gunung tersebut.

Fasilitas Yang Tersedia

Harga tiket untuk masuk ke Ketep pass sangatlah terjangkau, hanya hanya Rp. 3.000,- per orang ditambah biaya parkir sebesar dua ribu rupiah untuk kendaraan roda dua. Disini anda dapat menikmati keindahan pohon hijau, bahkan sebelum anda sampai di ketep pass. Sepanjang jalan anda sudah disuguhi pemandangan alam yang tersusun dari pepohonan dan ketinggian.

Kalau anda beruntung, anda akan disuguhi pamandangan gagahnya dua gunung yang seolah kembar, gunung merapi dan gunung merbabu. Tetapi jika tidak, dua gunung itu akan ditutup oleh dinginya kabut, itupun masih merupakan pemandangan yang eksotis. Dari sini juga anda dapat menikmati dua gunung kembar yang lain, sindoro dan sumbing serta beberapa pegunungan yang lain berjajar indah.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati dengan leluasa di gardu pandang ketep pass yang berada di area teratas. Di gardu tersebut juga disediakan gazebo untuk bersantai dalam menikmati keindahan hamparan gunung.

Masih belum puas dengan eksotisme gunung-gunung yang berjajar di hadapan anda? silakan masuk ke Ketep valcano Theater untuk menikmati film tentang merapi. Dengan membayar lima ribu rupiah, anda akan disuguhi film yang bercerita tentang fenomena gunung merapi dengan durasi sekitar 30 menit saja.

Bila ingin melihat film tersebut, silakan membelinya dahulu di loket tiket yang berada di sebelah selatan Ketep Pass, sambil menunggu antrian Petualang bisa berjalan-jalan melihat pemandangan.

Bila anda masih belum lelah, anda bisa menikmati museum vulkanologi yang letaknya di bawah Gazebo Gardu Pandang Ketep Pass. Untuk memasuki Museum Vulkanologi Ketep Pass, Petualang diharuskan untuk membeli tiket tambahan sebesar Rp. 3.000,- per orang.

Untuk urusan kuliner, jangan berkecil hati di Ketep Pass banyak menyediakan kuliner khas Ketep yaitu jagung bakar yang lezat dan pedas. Disini juga tersedia fasilitas memadai, bahkan baik. Parkir luas dan layak dengan pengelolaan yang baik. Saranan ibadan juga disediakan di Ketep Pass yaitu mushola artistik lengkap dengan tempat wudhu yang layak.

Akses Ke lokasi Gardu Pandang Ketep Pass

Ketinggian ketep pass sekitar 1200 meter dpl, dengan koordinat 7°29’38.65” Lintang Selatan dan 110°22’55.52” Bujur Timur. Jarak dari kota kota Magelang Sekitar 30 km dan 35 km dari Kabupaten Boyolali serta 32 km dari Kota Salatiga. Anda dapat menjangkaunya dengan dengan berbagai macam alat transportasi seperti kendaraan roda 2, mobil pribadi hingga bus.

Pengunjung bisa ke Ketep Pass dari berbagai rute jalan yang bisa dilewati. Ada 3 rute yang bisa dipilih, yaitu:

  1. Jika Petualang melawati Jogjakarta bisa melewati dua rute, pertama menuju ke Muntilan, Magelang. Sampai Gulon silakan berbelok ke kanan menuju ke Ngadipuro –Senowo, masuk Sawangan dan menuju Ketep. Waktu yang anda butuhkan sekitar 1-2 jam dengan jarak tempuh lebih dari 40km. Kedua; dari Jogjakarta menuju Mungkid belok kanan ke Pagersari – Gondowangi – Ketep sekitar 50km ditempuh dalam waktu lebih dari 2 jam.
  2. Dari arah Surakarta (Solo) silakan untuk menuju Kabupaten Boyolali menuju Ketep Pass jaraknya sekitar 35km bisa ditempuh dalam waktu sekita 45 menit. Dengan rute yang dilewati adalah Boyolali – Cepogo – Selo – Musuk – Ketep Pass.
  3. Dari Semarang silakan menuju Kota Salatiga, dari Salatiga ke Ketep Pass bisa di tempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam dengan kecepatan normal berjarak sekitar 50 km melewati Getasan melewati obyek wisata Kopeng – Ngablak – Pakis – Ketep Pass.

Perbandingan Dengan Daerah Lain

Saya tidak akan memberikan perbandingan dengan yang lain, sebab jika coba saya bandingan dengan gardu pandang yang ada di Kopeng, Semarang jelas tidak sebanding dengan keindahan Gardu pandang ketep Pass

Nikmati juga: Kuliner di Kartika Sari Magelang.

Rekomendasi Buat?

Bagi anda penyuka wisata alam dan tidak ingin mendaki gunung, anda harus ke Ketep Pass. Sensasinya mirip saat anda mendaki gunung.

https://i1.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/04/P_20151003_143529_HDR.jpg?fit=1024%2C576&ssl=1https://i1.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/04/P_20151003_143529_HDR.jpg?resize=150%2C150&ssl=1Agung MujtabaJatengWisata AlamBukit,Magelang,Panorama Alam
Dari Gardu Pandang Ketep Pass, Menikmati Dua Gunung Merapi dan Merbabu, Sindoro dan Sumbing, WISATAWAN.ID - Siapa saja yang gemar mendaki gunung pasti pernah menaklukan gunung merapi dan merbabu. Dua gunung ini memiliki ketinggian yang cukup menantang untuk di taklukan. Keindahan di atasnya juga luar biasa. Tetapi bagaimana jika anda...
The following two tabs change content below.

Agung Mujtaba

Administrator at Wisatawan.id
Saya berpikir, sesuatu hal pantas dikatakan indah jika terlihat sama dengan fotonya.