Kamu tentu sudah familiar dengan tempat satu ini. yup, Lembang Bandung. Tempat yang menawarkan banyak sekali destinasi wisata yang siap memanjakan liburan kamu. Tapi mungkin tempat yang akan saya ulas berikut ini masih belum banyak dikenal masyarakat luas karena keberadaannya di kota Lembang yang masih baru. Tempat wisata tersebut adalah floating market Lembang Bandung.

Floating Market Lembang Bandung

Floating Market Lembang Bandung | Raranasir
©wisatawan.id

Jika kamu pernah mendengar ada pasar terapung di Thailand atau di Kalimantan, maka jangan salah karena pasar apung bisa juga kamu jumpai di Lembang Bandung. Penasaran tempatnya seperti apa? Simak ulasan saya kali ini.

Siapa yang menyangsikan keindahan panorama alam Lembang. Bentangan pegunungan cantiknya yang berpadu dengan eksotisme alam yang tiada duanya. Salah satu destinasi yang terkenal adalah Tangkuban Perahu, perkebunan teh, dan beberapa tempat yang sedang nge-hits seperti taman bunga Begonia, dusun bambu, rumah hobbit, dan tidak ketinggalan Floating Market.

Floating Market yang dalam bahasa Indonesia berarti pasar terapung adalah areal wisata alam dimana kamu bisa mencicipi berbagai panganan khas Sunda dan makanan lainnya dengan membelinya langsung dari penjual yang berada di atas perahu apung. Konsepnya mirip dengan beberapa destinasi wisata yang ditawarkan di Thailand. Jadi kamu tidak perlu jauh-jauh liburan ke Thailand untuk menikmati sensasi berbelanja di pasar terapung.

Namun, tidak seperti pasar pada umumnya dimana kamu bisa menemukan semua kebutuhan sehari-hari, pasar apung ini hanya menjual makanan dan minuman yang siap saji untuk memanjakan lidah kamu sambil menikmati kesejukan danau Situ Umar yang tenang.

Floating Market Lembang Bandung

Situ Umar Floating Market | Raranasir
©wisatawan.id

Tempat Ini Patut Kamu Coba!
Areal seluas kurang lebih 2 hektar ini merupakan kawasan wisata terpadu yang terdiri dari hamparan danau berwarna hijau berlatar belakang pemandangan gunung. Berbagai macam wahana permainan ditawarkan sehingga tempat ini sangat cocok untuk liburan keluarga. Kamu juga bisa memberi makan ikan-ikan yang jumlahnya ribuan.

Jangan khawatir dengan fasilitas umum yang disediakan, karena tempat ini sudah dilengkapi dengan tempat ibadah (musholla), toilet, tempat makan, dan tempat parkir.

Satu hal lagi yang sangat memanjakan wisatawan adalah tata letak tempat-tempatnya yang diatur sedemikian rupa. Pohon-pohon indah berjejer rapi, bunga-bunga eksotis, dan rumput-rumput yang sengaja ditanam memberikan kesan alami dari tempat ini. Kamu juga bisa menjumpai rumah tradisional Sunda dan berbagai outlet yang menjual souvenir khas Bandung.

Uniknya lagi, di beberapa tempat, kita bisa menjumpai angsa-angsa yang diberkeliaran di sisi kolam. Namun jangan khawatir karena keberadaan mereka tidak akan mengganggu kamu kok. Karena ada pagar penghalang agar mereka tidak mengganggu pengunjung.

Jika ingin menikmati suasana di floating market Lembang Bandung ini, kamu tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam loh. Kamu hanya perlu membayar Rp 15.000/orang. Namun untuk mencoba wahana yang disediakan, kamu perlu membeli tiket sesuai dengan wahananya. Di sini, ada dua wahana yang disediakan, yaitu wahana permainan air dan wahana permainan yang berada di areal darat.

Floating Market Lembang Bandung

Perahu Pedagang Floating Market | Raranasir
©wisatawan.id

Floating Market Lembang Bandung Enggak Hanya Pasar
Untuk wahana permainan air, kamu bisa mencoba train Water yang harga tiketnya Rp 20.000. Train water adalah permainan kereta air khas floating market Lembang dengan kegiatan mengelilingi danau dengan kereta air (durasi waktu 20 Menit).

Ada juga Kano yang bisa disewa Rp 50.000/30 menit dan paddle boat Rp 30.000/30 menit. Selain itu, ada juga Water Cycle dimana kamu bisa mengelilingi danau dengan sepeda air. Harga tiketnya adalah Rp 50.000/30 menit. Adapula Dinghy (sampan) untuk mendayung di areal danau. Harga tiketnya Rp 70.000/30 menit.

Untuk wahana permainan yang disediakan di darat, ada banyak pilihan nih buat kamu. Ada taman miniatur KA, taman kelinci, becak/mobil mini, mincing magnet, dan kampung kandang yang masing-masing harga tiketnya Rp 20.000/orang. Selain itu, adapula lokomotif mini dan outbond anak yang harga tiketnya masing-masing Rp 25.000/orang.

Sudah kebayang kan serunya liburan bareng keluarga besar di tempat ini. Setelah asik mencoba wahana permainan, saatnya berburu kuliner dan jajanan khas di Floating Market Lembang Bandung. Harga makanannya bervariasi. Kamu bisa menikmati makan siangmu di bangku-bangku kayu yang berjejer di sepanjang pasar.

Wisata lainnya: Pantai Santolo dan Pantai Sayang Heulang.

Akses Ke Lokasi Wisata
Untuk menuju ke floating market, kamu tidak akan kesulitan karena akses jalan yang cukup bagus. Jika kamu dari arah kota Bandung, kamu bisa melewati jalan Setia Budi-Ledeng menuju Lembang. Dari sana kamu harus melewati pasar Lembang dan berputar mengikuti jalan yang mengarah ke Bandung lagi. Setelah itu kamu akan bertemu dengan Jalan Grand Hotel Lembang. Nah, lokasi Floating Market ini berada tepat di sebelah kiri jalan. Alamat lengkapnya adalah Jl. Grand Hotel No. 33 E Lembang.

https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/07/RIMG1880_1_2_1.jpg?fit=578%2C480&ssl=1https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/07/RIMG1880_1_2_1.jpg?resize=150%2C150&ssl=1RaranasirBerbudayaJabarBandung,Floating Market,Taman Hiburan,Wisata Unik
Kamu tentu sudah familiar dengan tempat satu ini. yup, Lembang Bandung. Tempat yang menawarkan banyak sekali destinasi wisata yang siap memanjakan liburan kamu. Tapi mungkin tempat yang akan saya ulas berikut ini masih belum banyak dikenal masyarakat luas karena keberadaannya di kota Lembang yang masih baru. Tempat wisata tersebut...
The following two tabs change content below.

Raranasir

Explorer
Lulusan Hubungan Internasional yang senang berpetualang, membaca karya sastra, dan menulis. Silahkan berkunjung ke blog pribadi hijrahnasir.wordpress.com dan cerita perjalanan litondreams.blogspot.com