Candi Gedong Songo yang berada di lereng Gunung Ungaran, tepatnya di kompleks Candi Gedong songo, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, jumlahnya memang tak utuh sembilan, sebagai mana sebutanya “Gedong” yang berarti rumah atau bangunan, dan “Songo” berarti sembilan. Secara harfiah berarti sembilan (kelompok) bangunan. Namun hanya ada 5 komplek candi.

Candi Gedong Songo

©wisatawan.id/Litalia

Di sekitar lokasi candi terdapat hutan pinus yang tertata rapi serta mata air yang mengandung belerang. Terkadang Kabut tipis turun dari atas gunung menutup Candi Gedong songo dari kejauhan. Jika coba diamati dari bentuk candi ini, anda mungkin akan teringat dengan kompleks Candi Dieng di Wonosobo. Tapi di sini bedanya tak sedingin candi di dieng meski ketinggiannya sekitar 1.200 m di atas permukaan laut.

Kompleks bangunan candi ini di buat berderet dari  bawah ke atas perbukitan mengitari kawah sumber air panas. Sama seperti candi di Dieng, banyak kawah air panas yang berada tak jauh dari pusat candi. Pembuatan candi yang simetris di atas bukit seolah menunjukan perpaduan dua kepercayaan nenek moyang (hindu-budha), dimana candi sebagai tempat tinggal para dewa.

Dilihat dari bentuk candi, anda akan melihat bagian atasnya mirip punden berundak-undak. Dimana pada prinsipnya, semakin ke puncak, maka roh nenek moyang semakin dekat dengan manusia. Arca-Arca yang ada di dekat Candi tidak lagi lengkap, hanya beberapa yang tersisa.

Akses Menuju Lokasi

Lokasi Candi Gedong Songo sangat mudah di jangkau dari berbagai kota. Terletak di deretan jalur alternatif  Ungaran-Temanggung. Dari Kota Semarang cukup ke selatan menuju Kota Ungaran lalu Bandungan dan menuju ke Gedong Songo, kira-kira butuh waktu 1 jam perjalanan. Apabila dari Yogyakarta bisa melalui Kota Ambarawa (Tugu Palagan Ambarawa) menuju Bandungan ke Gedong Songo, kira-kira sekitar 2 jam perjalanan.

Candi Gedong Songo terletak di lereng Gunung Ungaran, koordinat 110°20’27” BT dan 07°14’3” LS di desa Darum, Kelurahan Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Jika anda sudah memasuki desa darum menuju ke candi, anda akan melewati jalan dengan kemiringan tajam. Pastikan kendaraan anda dalam keadaan prima, sebab banyak kendaraan bermotor yang berhenti di tengah jalan karena tidak mampu naik.

Keindahan Candi Gedong Songo

Candi gedung songo ditemukan oleh Loten 1740. Tahun 1804, Raffles mencatat nama Gedong Pitoe karena hanya ditemukan tujuh kelompok bangunan. Namun, sejarah mencatat, bahwa candi tersebut ada 9 walau kini yang bisa dinikmati hanya ada 5.

Candi Gedong Songo

©wisatawan.id/Litalia

Untuk menuju candi I, dari tempat parkir, anda harus berjalan  sejauh 200 meter melalui jalan setapak yang naik. Kebanyakan pengunjung berfoto di komplek candi I. Di kompleks candi I sering digunakan sebagai tempat pentas atau kegiatan. Disini paling ramai dibanding dengan candi-candi yang lain karena lokasinya memang yang paling dekat dan mudah dijangkau.

Dari sini, anda bisa melanjutkan ke Candi II. Untuk menuju komplek candi II, pengunjung harus menyediakan tenaga ekstra. Letaknya sekitar 500 meter lebih dari komplek candi I. Sepanjang perjalanan anda akan disuguhi oleh keindahan alam, bunga-bunga yang terawat. Beberapa Gazebo di siapkan untuk tempat istirahat bagi yang lelah naik ke perbukitan.

Dari sini anda bisa melanjutkan ke candi III dan IV. Meski lokasi candi III dan IV berdekatan, ada sumber air panas dengan kandungan belerang cukup tinggi diantara Candi Gedong III dengan Gedong IV. Para wisatawan dapat mandi dan menghangatkan tubuh di pemandian dekat kepunden tersebut. Bau belerangnya cukup kuat disertai kepulan asap yang lumayan tebal ketika mendekati sumber air panas tersebut.

Jika anda malas untuk jalan kaki, anda dapat memanfaatkan jasa transportasi kuda untuk berwisata mengelilingi obyek wisata Candi Gedong songo. Tetapi jalur yang digunakan berbeda dengan jalur pejalan kaki.

Biaya lengkap berwisata di candi gedong songo

Tiket Masuk: Rp 5.000/orang dan Rp 25.000 untuk Wisatawan Asing. Sementara untuk Tarif Jasa Naik Kuda Candi Gedong Songo, Wisata Desa Rp 25.000 (Wisman Rp 35.000), Ke Air Panas Rp 40.000 (Wisman Rp 60.000), Ke Candi II Rp 30.000 (Wisman Rp 40.000) dan Paket candi Songo Rp 50.000 (Wisman Rp 70.000).

Artikel menarik lainnya: Wisata Perbukitan Goa Rong Semarang.

Rekomendasi Buat?

Jika anda ingin mengenal sejarah sekaligus berwisata religi ditempat yang memiliki eksotisme luar biasa, anda bisa mengunjungi kompleks candi gedong songo. Anda bisa kesana dengan orang terdekat, sahabat atau melakukan kegiatan bersama teman-teman komunitas anda.

https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/04/candi-gedong-songo-2.jpg?fit=1024%2C648&ssl=1https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/04/candi-gedong-songo-2.jpg?resize=150%2C150&ssl=1litaliaBerbudayaJatengCagar Budaya,Candi,Semarang,Wisata Bangunan Tua,Wisata Sejarah
Candi Gedong Songo yang berada di lereng Gunung Ungaran, tepatnya di kompleks Candi Gedong songo, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, jumlahnya memang tak utuh sembilan, sebagai mana sebutanya “Gedong” yang berarti rumah atau bangunan, dan “Songo” berarti sembilan. Secara harfiah berarti sembilan (kelompok) bangunan. Namun hanya ada 5...
The following two tabs change content below.

litalia

Writer at Wisatawan.id
Sebagai anak jurusan pendidikan sejarah, tentu saya menyukai perjalanan. dalam setiap perjananan pula, akan saya abadikan dalam memori dan jepretan kamera.