Demi melengkapi perjalanan selama di Ambarawa, saya coba berikan daftar tempat wisata di Ambarawa yang patut anda kunjungi. Hal ini tak lain karena sekalipun secara administratif, Ambarawa hanyalah sebuah Kecamatan di Kabupaten Semarang. Ambarawa memiliki banyak destinasi menarik. Wisata religi, wisata sejarah, wisata alam dan wisata bahari serta wisata buatan, semuanya ada di sana.

daftar tempat wisata di ambarawa yang paling mempesona

©wisatawan.id/Litalia

Sebagai kecamatan yang pernah menjadi ibu Kota Kabupaten Semarang sebelum dialihkan ke Ungaran, ambarawa memang terlihat lebih maju sebagai sebuah kota, dibanding wilayah lainya. Apalagi jika kita mengingat sejarah, Amabarawa beberapa kali menjadi wilayah pertempuran sejak masa penjajahan.

Daftar Tempat Wisata di Ambarawa
Selain markas besar TNI dan makan para pahlawan, ambarawa menyimpan sejuta pesona. Pasarnya yang selalu membuat macet jalan umum sepanjang hari, udara sejuknya, akan selalu jadi ciri khas ambarawa. Kita ulas dari yang paling dekat dengan ungaran kemudian masuk ke kota ambarawa.

  1. Eling bening

Tempat wisata di ambarawa dengan lokasi yang paling dekat Ungaran adalah Eling bening. Bahkan tepat berada di perbatasan Ungaran-Ambarawa. Menariknya, eling bening adalah sebuah resort mewah yang diproyeksikan sebagai tempat liburan. Berada di atas perbukitan, dari eling bening kita dapat melihat luasnya rawa pening, hijaunya persawahan dan birunya gunung dan langit.

Dibuka beberapa bulan silam, eling bening menawarkan tempat berfoto dengan sudut yang menarik di Ambarawa. Tempat makan dengan beragam menu, tempat menginap lengkap dengan kolam renang. Kolam renanglah yang menjadi icon eling bening yang seakan berenang di atas gunung. Tertarik? Silakan baca lebih lanjut di wisata eling bening. Oh ya tiket masuknya Rp. 15000.

  1. Rawa Pening

daftar tempat wisata di ambarawa yang paling mempesona

©wisatawan.id/Litalia

Walau berdasarkan penelitian, rawa pening ada karena pergeseran gunung telomoyo, tetapi masyarakat lebih mengenal rawa pening sebagai tempat yang penuh legenda. Di kisahkan sebagai seorang perempuan hamil yang dilarang memangku pisau, tetapi lupa. Hingga akhirnya lahir ular besar yang menjadi rawa pening. Di luar kisah tersebut, rawa pening adalah sebuah rawa besar yang meliputi ambarawa dan salatiga. Banyak di manfaatkan masyarakan sebagai sumber mata air pertanian dan nelayan rawa.

Di sana, kita dapat menyewa perahu nelayan untuk mengitari rawa pening, mancing di sana juga bisa. Kalau anda tertarik, datanglah di pagi hari, gunung-gunung di sekitarnya terlihat jelas tanpa kabut, rawanya juga masih jernih dengan panorama sunrise yang mempesona.

  1. Kampoeng Rawa

daftar tempat wisata di ambarawa yang paling mempesona

©wisatawan.id/Litalia

Sebuah wisata buatan dipadukan dengan keadaan alam dan mata pencaharian masyarakat setempat maka terciptalah kampoeng rawa. Di kampoeng rawa, anda dapat menikmati keindahan rawa pening dan persawahan. Apalagi di dalamnya juga terdapat rumah makan apung yang menjadi iconya. Banyak permainan anak dan tempat liburan keluarga yang bisa anda coba.

Di sini sangat cocok pula untuk pertemuan, dimana di dalamnya terdapt ruang pertemuan berupa gazebo-gazebo. Untuk memastikan keperluan bisnis anda terjamin. Baca selanjutnya di wisata kampoeng rawa.

Lokasinya ada di jalan semarang-magelang, tanpa masuk kota ambarawa. Biaya tiket masuk Rp 2000 per motor, sementara untuk mobil Rp 5000. Biaya masuk perorangnya gratis.

  1. Banteng willem I

Berada di seberang jalan di depan kampoeng rawa. Benteng willem atau yang dikenal pula oleh masyarakat dengan nama benteng pendem merupakan salah satu destinasi sejarah yang tak terawat. Sampai sekarang benteng apik dan ikonik ini hanyalah sebuah penjara. Padahal sangat potensial di kelola sebagai tempat wisata sejarah. Banyak film yang telah menggunakan benteng ini sebagai lokasi shooting. Tak ketinggalan pula reality show yang berbau mistik melakukan kunjungan ke sana.

Tidak ada biaya masuk untuk menikmati keindahan benteng willem I ini, yang anda perlukan hanyalah ijin dari penjaga TNI di sana.

  1. Museum Kereta Api

daftar tempat wisata di ambarawa yang paling mempesona

©wisatawan.id/Litalia

Setelah tak lagi dioprasikan sebagai transportasi darat yang menghubungkan ambarawa dengan daerah di jawa tengah lainya, kereta api bertenaga uap ini disulap menjadi museum. Anda dapat melihat keindahan kereta masa lalu sekaligus berkeliling ambarawa menggunakan kereta ini. Ya, kereta ini hanya dioperasikan untuk para wisatawan. Sayangnya, untuk menaikinya biayanya cukup mahal.

Lokasi museum kereta ini ada di tengah kota, dekat dengan alun-alun ambarawa. Jika tertarik, silakan bacalebih lanjut di wisata kereta Api ambarawa.

  1. Gua Maria Kerep

Ini gua maria pertama yang ada di Indonesia, sebelum daerah lain membuatnya. Tempat wisata di ambarawa yang terakhir di kenal sebagai tempat peribadatan umat kristiani, tidak ada biaya masuk untuk ke gua maria kerep. Yang perlu anda lakukan hanyalah anda harus sopan ketika berkunjung. Dan usahakan jika berkunjung sebagai wisatawan bukan di hari minggu. Karena hari itu umat kristiani sedang beribadah.


Well, itulah perjalanan saya mengitari Ambarawa. Kota yang sarat dengan pertempuran di masa lalu ini ternyata memiliki sejuta keindahan. Ada beragam destinasi yang menjadi segala kebutuhan wisata anda terpenuhi.

https://i2.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/09/Wisata-di-Ambarawa.jpg?fit=836%2C756&ssl=1https://i2.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/09/Wisata-di-Ambarawa.jpg?resize=150%2C150&ssl=1litaliaIntermezzoAmbarawa,Semarang
Demi melengkapi perjalanan selama di Ambarawa, saya coba berikan daftar tempat wisata di Ambarawa yang patut anda kunjungi. Hal ini tak lain karena sekalipun secara administratif, Ambarawa hanyalah sebuah Kecamatan di Kabupaten Semarang. Ambarawa memiliki banyak destinasi menarik. Wisata religi, wisata sejarah, wisata alam dan wisata bahari serta wisata...
The following two tabs change content below.

litalia

Writer at Wisatawan.id
Sebagai anak jurusan pendidikan sejarah, tentu saya menyukai perjalanan. dalam setiap perjananan pula, akan saya abadikan dalam memori dan jepretan kamera.