Curug Grenjengan Kembar merupakan salah satu air terjun yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Magelang. Suara gemericik air dengan sedikit cipratan yang dikelilingi dengan tumbuhan hijau di tebing-tebing akan menyambut sobat saat menyambangi Curug Grenjengan Kembar Magelang ini. Sepanjang jalan, pagar dengan rumput dan lumut tertata rapi dengan warna hijau.

Pelangi di curug grenjengan kembar magelang

©wisatawan.id/Litalia

Yang menarik, mungkin adalah pertanyaan: pernahkah sobat membayangkan betapa indahnya sebuah pelangi di atas air? Lengkungan warna-warni di atas permukaan air yang bening dan hijaunya dedaunan juga pepohonan. Itulah pemandangan apik yang bisa sobat dapatkan di Curug Grenjengan Kembar. Meski dengan catatan jika beruntung, sebab pelangi selalu terbentuk oleh banyak faktor, terutama cuaca.

Kembar yang berarti rangkap, Curug Grenjengan Kembar Magelang ini memiliki dua air terjun yang saling berdekatan dengan tinggi yang pertama 12 meter dan yang kedua 18 meter. Ditambah dengan 2 meter menuju tingkat kedua. Jadi, seperti air terjun yang bertingkat yang seolah kembar. Meski demikian, air dengan kapasitas yang sedikit juga banyak mengalir di sampingnya. Tetapi semuanya seolah mirip.

Air yang mengaliri dua air terjun kembar ini berasal dari sungai Cebong dari lereng Gunung Merbabu. Tak heran karena air terjun ini termasuk Taman Nasional Gunung Merbabu yang berada di tengah kawasan hutan pinus.

Lokasi Curug Grenjengan Kembar Magelang

Curug Grenjengan Kembar terletak di dusun Citran, Desa Muneng Warangan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah . Tak sulit untuk ke sini. Sobat bisa mengambil arah Magelang hingga sampai di ibukota kecamatan Pakis setelah itu sobat bisa mengikuti petunjuk arah menuju Curug Grenjengan Kembar. Atau bisa juga menggunakan GPS dan bertanya pada penduduk sekitar.

Harga Tiket Dan Rute Perjalanan

Untuk menikmati panorama air terjun kembar ini sobat hanya perlu membayar tiket masuk Rp3.000,00 dan parkir Rp2.000,00. Sangat terjangkau bagi kaum dompet tipis. Setelah parkir sobat hanya perlu berjalan kaki sekitar 500 meter atau 10-15 menit dari tempat parkir untuk menuju Curug Grenjengan Kembar.

Berbeda dengan kebanyakan air terjun lain yang harus ditempuh dengan jalan kaki sekian menit dengan jalanan menanjak. Sobat hanya perlu menyusuri jalan setapak yang diapit oleh dua bukit lalu melewati jembatan yang terbuat dari bambu. Tidak melelahkan, bukan?

keindahan curug grenjengan kembar magelang

©wisatawan.id/Litalia

Keindahan Yang Menawan

Menariknya lagi sebelum mencapai Curug Grenjengan Kembar, sobat akan melewati pedesaan yang masih asri. Jauh dari hiruk pikuk keramaian kota. Lalu perkebunan hingga hutan pinus yang akan menyegarkan pikiran. Pelan-pelanlah saat melewati pemukiman penduduk karena sobat akan menemukan sebuah dinding yang ditumbuhi lumut. Cocok untuk dijadikan background foto sobat.

Gemericik air semakin terdengar bagai musik alam yang menenangkan jiwa, air yang bening, udara yang segar, bebatuan di tengah aliran yang ditumbuhi lumut-lumut yang unik, pohon pakis yang hijau bisa membuat pikiran kembali segar. Mengusir kepenatan atas belenggu rutinitas kehidupan. Apalagi ombak-ombak kecil di sekitar air terjun akan membuat sobat betah berlama-lama bermain di Curug Grenjengan Kembar Magelang ini. Namun, sobat harus tetap berhati-hati saat bermain air karena bebatuan yang ada di curug ini mayoritas ditumbuhi lumut yang terkadang licin.

Jika ingin berfoto siapkan pula pelindung kamera dari cipratan air, juga sebuah kain untuk mengelap lensa kamera. Meski pelangi tak selalu muncul di Grenjengan Kembar setidaknya banyak keindahan yang bisa sobat nikmati. Panorama alam dalam satu bingkai yang berupa air, batu, dan pohon.

Tak perlu khawatir tentang salat dan makan. Di samping parkir terdapat mushola untuk menunaikan ibadah salat. Ada pula warung-warung yang disediakan warga untuk mengisi perut kosong sobat.

Lokasi Wisata Terdekat

Sebenarnya Curug Grenjengan Kembar Magelang boleh di bilang sebagai salah satu paket wisata alam yang lengkap di Magelang. Di mana setelah dari sana, anda bisa menikmati pesona alam lain, seperti:

  1. Top Selfie Magelang. Lokasi ini menyajikan keindahan tempat wisata foto di hutan pinus. Mirip wisata hutan pinus imogiri di Yogjakarta. Bedanya, di sana sobat bisa berfoto di jalan yang sampingnya di kelilingi pohon pinus dan juga berfoto di atas ketinggian. Sobat juga bisa memanfaatkan ayunan yang telah di sedikan. Pokoknya sensasinya hampir sama dengan hutan pinus imogiri.
  2. Ketep pass. Yups, jika sobat tak punya kesempatan untuk naik gunung, tak ada salahnya berkunjung ke ketep pass. Dari sana, sobat bisa melihat deretan gunung berjajar apik dari ketinggian. Pokoknya tak kalah dengan naik gunung. Baca lebih lanjut wisata gardu pandang ketep pass.

Tertarik berkunjung ke Grenjengan Kembar? Untuk menikmati air terjun yang deras dan air yang melimpah jangan datang saat musim kemarau. Bisa saja sungainya malah kering kerontang. Pun, saat kemarau pelangi akan sulit untuk menemui sobat di Curug Grenjengan Kembar ini, datanglah saat musim penghujan.

https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/10/2Grenjengan-Kembar-Magelang.jpg?fit=1024%2C599&ssl=1https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/10/2Grenjengan-Kembar-Magelang.jpg?resize=150%2C150&ssl=1litaliaJatengWisata AlamAir Terjun,Curug,Magelang,Panorama Alam
Curug Grenjengan Kembar merupakan salah satu air terjun yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Magelang. Suara gemericik air dengan sedikit cipratan yang dikelilingi dengan tumbuhan hijau di tebing-tebing akan menyambut sobat saat menyambangi Curug Grenjengan Kembar Magelang ini. Sepanjang jalan, pagar dengan rumput dan lumut tertata rapi dengan...
The following two tabs change content below.

litalia

Writer at Wisatawan.id
Sebagai anak jurusan pendidikan sejarah, tentu saya menyukai perjalanan. dalam setiap perjananan pula, akan saya abadikan dalam memori dan jepretan kamera.