Wedang Uwuh adalah minuman tradisional khas dari Yogyakarta. Wedang Uwuh berasal dari Bahasa Jawa. Wedang berarti minuman dan uwuh berarti sampah. Mungkin karena bahan-bahan dedaunan yang digunakan banyak dan dicampur jadi satu sehingga mirip sampah dedaunan. Wedang uwuh lebih nikmat jika diminum selagi hangat. Ditambah rasa hangat dari jahe sangat cocok diminum saat hujan. Serta wedang uwuh ini terkenal berwarna merah. Warna merah ini dihasilkan dari kayu secang (Sejenis rempah-rempah). Cara membuat wedang uwuh khas jogja inipun sangat mudah.

Foto: Putri Budi @Koleksi WISATAWAN.ID
Cara Membuat Wedang Uwuh Khas Jogja
Wedang uwuh ini dapat kalian temui di sekitaran angkringan Jogja atau di menu restaurant yang menyajikan menu minuman tradisional ini. Harga minuman ini sekitar Rp 5.000 – Rp 25.000 tergantung di mana kalian mendapatkannya. Seperti yang saya temui wedang uwuh ini malah di salah satu cafe di Kota Bandung.

Minuman wedang uwuh ini merupakan ramuan tradisional yang terbuat dari 100% rempah-rempah alami yang sudah turun-temurun sejak jaman Kerajaan Mataram. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat minuman ini juga mudah didapat dan harganya sangat murah sekitar Rp 2000 – Rp 7000 saja. Bahan yang digunakan untuk membuat minuman ini diantaranya adalah: jahe, kayu secang, daun cengkeh, batang cengkeh, daun kayu manis, daun pala, akar sereh, daun sereh, kapulaga, dan gula batu.

Selain di angkringan dan beberapa restaurant, wedang uwuh ini sangat mudah jika kalian ingin buat sendiri. Tentunya akan lebih sehat jika dibuat sendiri di rumah. Cara membuat wedang uwuh ini sangat mudah. Berikut beberapa cara untuk membuat wedang uwuh sendiri di rumah.

Resep Membuat Wedang Uwuh:

Bahan:

  1. 700 ml air
  2. 40 gr kayu secang kecing dan diserut
  3. 50 gr gula batu
  4. 6 cm jahe yang telah dimemarkan
  5. 2 lembar daun kayu manis yang sudah kering
  6. 3 lembar daun cengkeh kering yang sudah kering
  7. 3 lembar daun pala yang sudah dikeringkan
  8. 10 butir cengkeh atau batang cengkeh yang sudah dikeringkan

Cara membuat wedang uwuh khas jogja:

  1. Bakar jahe secukupnya lalu memarkan hingga keluar air jahe
  2. Tuang air ke dalam panci. Lalu masukan bahan-bahan seperti jahe, cengkeh atau batang cengkeh, daun cengkeh, daun kayu manis, daun pala, serutan kayu secang, jahe, dan gula batu
  3. Setelah itu dipanaskan dengan api sedang hingga mendidih
  4. Lalu rebus selama kurang lebih 15 menit
  5. Lalu angkat dan saring
  6. Terakhir tuangkan ke dalam teko dan hidangkan dengan gelas selagi hangat

Wangi khas aroma kayu manis akan tercium setelah minuman ini matang. Serta warna air akan berubah menjadi merah khas wedang uwuh. Minuman sehat ini dapat kalian sajikan sebagai minuman saat kumpul keluarga terutama akan sangat cocok sekali jika disajikan pada saat musim dingin. Minuman ini dapat ditemani dengan makanan ringan sebagai pelengkap.

Jika kalian tidak ingin repot, saat ini wedang uwuh tersedia dalam bentuk kemasan. Tinggal kalian seduh dengan air panas, minuman wedang uwuh ini langsung siap untuk kalian minum. Wedang uwuh seduh ini sudah banyak kalian temui di beberapa toko oleh-oleh di Yogyakarta atau di berbagai online store. Kalian dapat memesan pada online store tersebut dan memilih jenis paket minuman wedang uwuh seperti apa yang ingin kalian coba. Karena wedang uwuh ini sudah tersedia dalam beberapa merk yang telah dipasarkan secara online.

Wedang Uwuh buatan sendiri | Foto: Putri Budi @Koleksi WISATAWAN.ID
Cara Membuat Wedang Uwuh Khas Jogja
Dilihat dari bahan-bahanya yang menggunakan rempah-rempah alai dan memang sudah tidak asing lagi dapat menyembuhkan berbagai penyakit, wedang uwuh ini memiliki berbagai macam khasiat diantaranya untuk menyembuhkan batuk, mengilangkan rasa capek, menghilangkan masuk angin, menghilangkan pegal-pegal, anti oksidan, anti kanker, melegakan tenggorokan, memperlancar peredaran darah, menurunkan tekanan darah tinggi, batuk darah, kolesterol, menghangatkan badan, menjaga kebugaran serta vitalitas, dan perut kembung.

Begitulah cara membuat wedang uwuh khas jogja, jadi bagaimana? Apa kalian sudah siap untuk mencoba minuman satu ini? Kalau kalian sedang berada di Kota Yogyakarta, jangan lupa mampir angkringan dan mencoba minuman yang satu ini. Namun jika kalian tidak berada di kota pelajar ini, tidak usah khawatir. Kalian bisa bereksperimen dengan mencoba menu membuat wedang uwuh sendiri seperti yang sudah saya siapkan di atas untuk resepnya di rumah kalian atau kalian bisa memesan wedang uwuh ini dalam bentuk seduh yang telah tersedia di berbagai online shop dan akan langsung sampai di rumah kalian dan kalian bisa langsung seduh sendiri di rumah sehingga tidak perlu repot-repot untuk menyiapkan bahan dan memasak wedang uwuh sendiri.

https://i1.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/05/DSC00438-2.jpg?fit=673%2C388&ssl=1https://i1.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/05/DSC00438-2.jpg?resize=150%2C150&ssl=1Putri BudiJogjaKulinerBantul,Minuman Tradisional
Wedang Uwuh adalah minuman tradisional khas dari Yogyakarta. Wedang Uwuh berasal dari Bahasa Jawa. Wedang berarti minuman dan uwuh berarti sampah. Mungkin karena bahan-bahan dedaunan yang digunakan banyak dan dicampur jadi satu sehingga mirip sampah dedaunan. Wedang uwuh lebih nikmat jika diminum selagi hangat. Ditambah rasa hangat dari jahe...
The following two tabs change content below.

Putri Budi

Explorer
A master student of tourism who likes to travel alot