Nah, jika kamu memilih Kabupaten Magelang sebagai destinasi wisata kamu dengan berbagai objek wisata yang ada di sana. Maka tidak ada salahnya jika kamu melengkapi wisata kamu dengan berkunjung ke Candi Mendut Magelang. Sayang, kan, jika hanya sekadar lewat saja? Di sini kamu bisa memperkaya wawasan kamu tentang sejarah tentunya.

candi Mendut magelang

©wisatawan.id/Litalia

Apalagi letak Candi Mendut yang tepat berada di pinggir jalan. Sangat memudahkan kamu untuk menjangkaunya. Setelah kamu ke candi Borobudur, kunjungilah Candi Mendut. Candi mendut sangat cocok untuk bersantai terutama di Sore Hari. Sangat tepat untuk mengistirahatkan otak dan tenaga kita agar kembali fresh setelah menjelajahi keindahan Kota Sejuta Bunga.

Candi Mendut? Apakah ada kaitannya dengan kisah Roro Mendut?

Bagi kamu yang baru tahu Candi Mendut Magelang mungkin akan bertanya-tanya, apakah Candi Mendut ini ada kaitannya dengan kisah Roro Mendut yang terkenal di bumi Jawa itu? Wajar memang, karena nama keduanya sama-sama menggunakan kata “mendut”. Tapi, meski sama-sama menggunakan kata “mendut”, Candi Mendut dan kisah Roro Mendut tidak ada kaitannya lho. Hanya kebetulan saja barangkali.

candi Mendut magelang

©wisatawan.id/Litalia

Candi Mendut merupakan salah satu candi yang berada di Magelang. Konon, candi ini didirikan oleh Raja Indra dari Dinasti Syailendra pada tahun 824 Masehi. Wah, usia candi yang cukup tua ya? Bahkan konon katanya, keberadaan Candi Mendut Magelang ini sudah ada lebih dulu dibandingkan candi Borobudur lho. Dan sepertinya kalau dilihat dari kondisi bangunan, di mana ada beberapa bangunan candi mendut yang sudah rusak. Sepertinya memang Candi mendut lebih dulu ketimbang Candi Borobudur.

Bentuk Candi Mendut Magelang

Bentuk Candi Mendut ini tentunya berbeda dengan Candi Borobudur yang terkenal itu. Jika kamu perhatikan, Candi Mendut ini bentuk dasarnya berupa persegi, sementara di atas candi kamu bisa melihat stupa-stupa kecil yang menghiasi candi tersebut.

Jika kamu juga memperhatikan ukurannya, ukuran Candi Mendut ini mungkin tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan Candi Borobudur. Tapi, tentu itu bukan alasan yang menjadi patokan patut tidaknya candi ini untuk kamu dikunjungi, karena di sini kamu tentu akan bisa mendapat wawasan yang lebih terkait sejarah. Apalagi mendatangi langsung ke lokasinya.

Dinding-dinding Candi Mendut ini dihiasi oleh relief yang berupa fabel alias cerita dengan tokoh berupa hewan, tentu ada makna mendalam yang terkandung di sana. Nah, di dalam candi tersebut ada tiga arca yang bisa kamu jumpai. Tiga arca tersebut meliputi arca Dhyani Buddha Wairocana, arca Awalokiteswara (Padmapani), dan arca Wajrapani.

Di mana sih, lokasi Candi Mendut?

Lokasi Candi Mendut ini berada di Magelang, tepatnya di Desa Mendut, Kecamatan Mungkid. Jarak Candi Mendut dengan Candi Borobudur tidak terlalu jauh lho, hanya sekitar 3 KM saja. So, jika Candi Borobudur termasuk salah satu destinasi wisata kamu di Magelang, mampir ke Candi Mendut ini tentu tidak ada salahnya, kan?

Kalau diurutkan secara letak, jika kamu dari Candi Borobudur, Kamu bisa berkunjung ke Candi pawon, lalu ke Candi Mendut. Letaknya sangat berdekatan. Sangat mengecewakan jika telah sampai ke sana tapi tidak seluruhnya kamu jelajahi. Selain itu, candi mendut juga dekat dengan beberapa Puthuk di magelang, Seperti Puthuk Setumbu, Puthuk Mongkrong dan lainnya.

Harga tiket dan fasilitas di Candi Mendut

Jika bicara tentang harga tiket masuk, tentu kamu tidak perlu khawatir, karena tiket memasuki Candi Mendut ini sangatlah terjangkau. Ya, kamu cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 3.000 saja. Harga yang murah memang, tapi tidak mustahil jika harga bisa berubah sewaktu-waktu ya. Bagaimana? Kamu berniat untuk berkunjung juga ke Candi Mendut ini? lalu untuk biaya parkir, cukup keluarkan uang Rp 2000 saja.

Tapi memang untuk fasilitas masih sangat terbatas. Bisa dibilang yang ada di dalam komplek Candi Mendut Magelang hanyalah Candi dan taman saja, hampir-hampir tidak ada fasilitas lain. Tapi di Luar kompleks jelas ada banyak fasilitas yang bisa kamu manfaatkan, seperti fasilitas umum, seperti tempat beribadah, tempat makan dan lainya.

Yang Bisa Kamu lakukan di Candi Mendut

taman wisata magelang candi mendut

©wisatawan.id/Litalia

Selain bersantai di Sore hari, pada malam hari juga hampir selalu di gelar acara di candi mendut. Semacam acara ritual, maklum candi ini dianggap candi paling tua. Jadi kalau kamu punya banyak waktu luang, ada baiknya menghabiskan waktu di candi mendut sampai malam hari.

Wisata lainnya: Bukit gunung tidar magelang, pakuning tanah jawa.

Tapi memang ya jangan bayangkan keramaian di Candi Mendut seperti Candi Borobudur. Candi Mendut lebih cocok bagi kamu yang ingin bersantai.  Menikmati alam dan menikmati budaya yang ada di sana. Nuansa mistis lebih terasa di Candi Mendut ketimbang di Candi Borobudur.

https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2017/04/Wisata-magelang-di-candi-Mendut-1.jpg?fit=800%2C568&ssl=1https://i0.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2017/04/Wisata-magelang-di-candi-Mendut-1.jpg?resize=150%2C150&ssl=1litaliaBerbudayaJatengCandi,Magelang,Wisata Sejarah
Nah, jika kamu memilih Kabupaten Magelang sebagai destinasi wisata kamu dengan berbagai objek wisata yang ada di sana. Maka tidak ada salahnya jika kamu melengkapi wisata kamu dengan berkunjung ke Candi Mendut Magelang. Sayang, kan, jika hanya sekadar lewat saja? Di sini kamu bisa memperkaya wawasan kamu tentang sejarah...
The following two tabs change content below.

litalia

Writer at Wisatawan.id
Sebagai anak jurusan pendidikan sejarah, tentu saya menyukai perjalanan. dalam setiap perjananan pula, akan saya abadikan dalam memori dan jepretan kamera.