Dalam perjuangannya mengusir penjajah, Indonesia memiliki banyak tempat-tempat peninggalan sejarah yang kemudian dijadikan sebagai cagar budaya, salah satunya adalah Benteng Portugis yang ada di Jepara ini. Benteng ini merupakan benteng pertahanan pada masa perebutan kemerdekaan. Maka tak mengherankan jika benteng ini kental dengan karakternya yang kuat lengkap dengan tempat menaruh senjata.
[image-caption-hover id=”55″] Sore itu, saya dan teman saya berkesempatan mengunjungi benteng tersebut. Menurut sejarah, Sultan Agung yang merupakan seorang raja di Mataram sudah gerah meihat tingkah polah belanda yang telah menjajah Indonesia. Untuk itu, beliau mencanangkan penyerangan untuk mengusir para penjajah Belanda.

Usaha pengusiran penjajah ini dilaksanakan dua kali, salah satunya adalah usaha pengusiran Belanda melalui angkatan laut yang telah gagal. Sehingga untuk kali keduanya Sultan Agung berusaha untuk mengusir Belanda.

Dalam usaha yang kedua kali ini, Sultan Agung mendapat bantuan oleh Bangsa Portugis. Karena itulah benteng ini kemudian dinamakan dengan Benteng Portugis sebagai tanda bahwa kesuksesan dan kemenangan Sultan Agung dalam mengusir penjajah belanda tidak lepas dari bantuan bangsa Portugis. Itulah mengapa nama benteng ini, benteng portugis.

Benteng Portugis di Jepara

Benteng Portugis di Jepara | Foto: Litalia
@Koleksi WISATAWAN.ID

Sejak dahulu Benteng Portugis, benteng yang terletak di Desa Banyumanis, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah, Benteng Portugis hanya berjarak sekitar 60 km atau sekitar satu jam perjalanan dari pusat kota Jepara, merupakan salah satu jalur pelayaran dari Jepara (atau bagian utara Indonesia yang lain) menuju ke wilayah-wilayah yang berada di bagian timur negara Indonesia. Selain itu, benteng ini juga digunakan sebagai tempat untuk segala kepentingan militer. Alasannya adalah karena letak Benteng yang sangat strategis (berada di atas bukit dan dekat dengan laut) sehingga tembakan meriam lebih mudah mengenai sasaran, juga lebih mudah dalam mengangkut senjata melalui angkatan laut.

Sebagai cagar budaya yang dilindungi oleh pemerintah, Benteng Portugis di Jepara ini termasuk tempat bersejarah yang dijadikan sebagai tempat wisata yang bisa diakses oleh siapa saja. Benteng Portugis sedikit berbeda dari kebanyakan benteng pertahanan yang dimiliki oleh Indonesia.

Benteng Portugis memiliki dinding dengan ketebalan sekitar 2-3 meter, dan terdapat meriam yang menghadap ke laut. Karena letak geografisnya yang berada di atas bukit, benteng portugis menyuguhkan pemandangan hamparan pasir putih dan lautan yang membentang sangat indah. Panorama alam tersebut ternyata mampu menarik banyak pengunjung karena selain indah, kawasan Benteng Potugis di Jepara ini memiliki banyak peninggalan bangsa Portugis yang memiliki nilai sejarah. Di sekitar benteng juga terdapat tembok-tembok pengintai peninggalan Jepang, dan di sebelah utara benteng terdapat pulau Mandalika.

Fasilitas Benteng Portugis Di Jepara

Dari segi fasilitas, Benteng Portugis juga didukung dengan sarana dan prasarana untuk memenuhi kebutuhan para pengunjung seperti: musholla, tempat bilas bagi yang setelah mandi di pantai, tempat karaoke, tempat bersantai, tempat untuk berkumpul keluarga, dan juga terdapat berbagai jenis permainan anak-anak, serta masih banyak lagi.

Benteng Portugis dibuka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WIB. Jadi, anda masih bisa mengunjungi Benteng Portugis ini sepulang bekerja atau pada hari libur sekedar untuk menghilangkan penat maupun berekreasi dengan keluarga Anda. Panorama yang disajikan oleh Benteng Portugis dijamin mampu menghapus rasa bosan dan lelah yang Anda rasakan. Untuk tiket masuk yang harus dibayarkan pun bisa dibilang sangat murah, sebab harga tiket hanya Rp 3.500,- per orang pada hari Senin sampai Sabtu, dan menjadi Rp 5.000,- pada hari Minggu. Sedangkan pada hari libur nasional seperti hari raya dan libur tertentu harga tiket naik Rp. 8.000,- perorang.

Biaya tiket masuk sudah termasuk biaya parkir. Jika anda membawa kendaraan pribadi, Anda diperbolehkan untuk membawa kendaraan anda masuk dan mengelilingi tempat wisata hingga naik ke atas bukit. Sehingga Anda tidak perlu merasa capek berjalan kaki.

Untuk para pengunjung yang memiliki ketertarikan di bidang seni foto baik profesional maupun sebagai koleksi pribadi, tidak perlu khawatir sebab Benteng Portugis di Jepara ini mempunyai banyak spot menarik yang bisa di jadikan sebagai tempat berfoto.

Spot-spot tersebut adalah Pemandangan yang elok dan luar biasa di sekitar benteng, gunung-gunung indah, hamparan luas pantai yang menyejukkan hati, tampilan pulau Mandalika di seberang benteng, berbagai lempengan batu dan paras putih, pohon-pohon besar yang rindang, berbagai tangga yang dikelilingi tumbuhan, berbagai peninggalan Jepang, dan tempat-tempat serta sudut indah lainnya.

Wisata menarik lainnya: Benteng Willem I Ambarawa.

Jadi, pengunjung tak perlu khawatir dan kecewa dengan keindahan benteng portugis di jepara ini. Pengunjung dapat duduk menikmati udara dan mentari sore di benteng portugis sambil bercengrama dengan orang-orang terdekat.

https://i1.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/05/benteng-portugis-1.jpg?fit=1024%2C576&ssl=1https://i1.wp.com/www.wisatawan.id/wp-content/uploads/2016/05/benteng-portugis-1.jpg?resize=150%2C150&ssl=1litaliaBerbudayaJatengBenteng,Cagar Budaya,Jepara,Wisata Bangunan Tua,Wisata Sejarah
Dalam perjuangannya mengusir penjajah, Indonesia memiliki banyak tempat-tempat peninggalan sejarah yang kemudian dijadikan sebagai cagar budaya, salah satunya adalah Benteng Portugis yang ada di Jepara ini. Benteng ini merupakan benteng pertahanan pada masa perebutan kemerdekaan. Maka tak mengherankan jika benteng ini kental dengan karakternya yang kuat lengkap dengan tempat...
The following two tabs change content below.

litalia

Writer at Wisatawan.id
Sebagai anak jurusan pendidikan sejarah, tentu saya menyukai perjalanan. dalam setiap perjananan pula, akan saya abadikan dalam memori dan jepretan kamera.